Dikawal Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Bersaing dengan 6 Negara Berebut Sejarah ke Piala Dunia 2026

TRIBUNNEWS.COM – Faktanya, ada tujuh tim nasional yang berpeluang mengukir sejarah dengan lolos ke Piala Dunia 2026.

Piala Dunia FIFA 2026 kawasan Asia telah berakhir pada babak 2. Sebanyak 18 tim akan lolos ke babak ketiga.

Mereka adalah Uni Emirat Arab, Australia, Qatar, Jepang, Korea Selatan, Oman, Iran, Irak, dan Yordania yang menjadi juara grup di babak kedua.

Kemudian para pelari antara lain Kuwait, Korea Utara, China, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Timnas Indonesia, Arab Saudi, Bahrain, dan Palestina juga lolos. Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Filipina pada laga Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 kawasan Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Seniyan, Jakarta Pusat, Selasa (11 ) ) /6/2024). Tribunnews / Jeprima (Tribunnews / JEPRIMA)

Di antara negara-negara tersebut, 11 di antaranya berpartisipasi di Piala Dunia.  Artinya, ada 7 negara yang berpeluang mencetak sejarah sendiri untuk pertama kalinya di ajang terpopuler ini.

Ketujuh negara tersebut adalah Oman, Yordania, Bahrain, Uzbekistan, Palestina, Kyrgyzstan dan satu negara, Indonesia.

Mereka belum pernah tampil di ajang internasional papan atas sepanjang sejarah mereka.

Oman belum pernah mencapai Piala Dunia, dengan rekor terbaiknya mencapai putaran ketiga.

Sedangkan Jordan nyaris lolos ke Piala Dunia 2014, karena lolos babak kelima. 

Namun Jordan berhasil mengalahkan Uruguay sekaligus memperebutkan satu tiket tersisa melawan tim CONMEBOL, Uruguay, di babak play-off.

Bahrain nyaris lolos ke Piala Dunia 2010, sempat mengalahkan Arab Saudi di babak kelima, namun kalah di play-off melawan negara Oceania, Selandia Baru.

Kemudian, Uzbekistan hampir lolos pada 2014, namun mereka kalah dari Yordania di babak kelima kualifikasi kawasan Asia.  Sementara Kyrgyzstan, Palestina, dan Indonesia untuk pertama kalinya memasuki babak ketiga kualifikasi Piala Dunia Asia.

Timnas Indonesia. Memasuki babak ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 regional Asia setelah finis sebagai runner-up Grup F.

Tim Garuda meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang dari enam pertandingan yang mereka jalani, serta menjadi runner up di belakang Irak.

Ketujuh negara tersebut masih memiliki perjalanan panjang dan berat untuk lolos ke babak 3 Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026

Tanggal pertandingan 1 – 5 September 2024

Pertandingan Hari 2 – 10 September 2024

Pertandingan Hari 3 – 10 Oktober 2024

4-15 Desember 2024

Pertandingan Hari 5 – 14 November 2024

6-19 November 2024

Tanggal kompetisi 7-20 Maret 2025

Tanggal Pertandingan 8-25 Maret 2025

Pertandingan tanggal 5-9 Juni 2025

Tanggal pertandingan 10-10 Juni 2025

Proses kualifikasi babak ketiga kembali dibagi menjadi tiga grup berbeda, artinya setiap grup berisi enam tim.

Dua tim teratas dari masing-masing grup (enam tim) selanjutnya akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026.

Kemudian peringkat 3 dan 4 masing-masing akan melanjutkan perjuangannya untuk lolos ke babak 4. Sedangkan 2 tim terbawah di babak 3 akan langsung tersingkir.

Persaingan Putaran 4 Piala Dunia 2026 regional Asia akan diikuti 6 tim yang akan dibagi menjadi dua grup (masing-masing berisi tiga tim). Hanya juara grup (dua tim) babak keempat yang berhak lolos ke Piala Dunia 2026.

Runner-up (dua tim) babak keempat masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026.

Musim liga diisi oleh 6 tim dari badan perwakilan lain selain UEFA (Eropa).

Sistem yang digunakan adalah 2 dari 6 tim akan memiliki unggulan berdasarkan peringkat dunia. Sedangkan 4 tim lainnya bermain dengan format yang sama.

Dua tim pemenang akan bertemu tim teratas. Pada rangkaian pertandingan kali ini akan ada dua tim yang akan mendapatkan 2 tiket terakhir Piala Dunia 2026.

Turnamen tersebut kabarnya akan digelar di negara tuan rumah Piala Dunia 2026, dan menjadi ujian kesiapan tuan rumah jelang Piala Dunia 2026.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *