5 Contoh Teks Khutbah Idul Adha 2024, Singkat dan Menyentuh Hati

TRIBUNNEWS.COM – Hari Raya Idul Adha 1445 H jatuh pada Senin 17 Juni 2024.

Bagi yang mempunyai pekerjaan berdakwah, contoh khutbah Idul Adha 2024 di bawah ini bisa menjadi inspirasi.

Diketahui ada beberapa acara di hari raya Idul Adha, salah satunya adalah salat Idul Adha.

Sehabis salat Idul Adha biasanya khatib menyampaikan khutbah Idul Adha.

Tribunnews.com merangkum 5 khotbah singkat dan efektif untuk Idul Adha 2024.

Pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024, Anda bisa membaca Khutbah Idul Adha 2024 berikut ini setelah Sholat Idul Adha: 1. Teks Khutbah Idul Adha 2024 Generasi Kurban: Bertekad untuk berkurban.

Tuhan itu maha besar, Tuhan itu maha besar, Tuhan itu maha besar, dan Tuhan itu maha besar. Salam sejahtera baginya. Allah berfirman, orang-orang yang bertakwa kepada Allah akan menjadikan dirinya memiliki harta dan rezeki.

Muslim dan wanita muslim bahagia

Secara khusus, apa yang kita lakukan bersama hari ini adalah menghidupkan kembali semangat rela berkorban ayah Ibrahim, putranya Ismail, dan ibunya Hagar.

Abraham, yang diperintahkan untuk membunuh anak satu-satunya selama pernikahannya dengan Hagar, memulai mimpi nabi dan bertanya kepada Ismail: “Anakku, bagaimana menurutmu?”

102.

Pertanyaan Nabi Ibrahim tidak menanyakan pendapat Ismail, karena mimpi tersebut merupakan wahyu. Sementara itu, jika Ibrahim dianggap menanyakan pendapat Nabi Ismail, maka hal itu menunjukkan bahwa ia meragukan wahyu tersebut. Sungguh, mustahil bagi Nabi untuk meragukan wahyu tersebut!

Padahal, Nabi Ibrahim ingin memastikan putranya mempunyai pola pikir dan tekad untuk menunaikan perintah Allah. Lalu muncullah jawaban Ismail. dia berkata

Qal ya abti affal ma tummer stjdny an saʾ alh mn alsabryn

“Ayah, lakukanlah apa yang diperintahkan kepadamu, dan insya Allah, ayah akan mendapati aku termasuk orang-orang yang tabah.” (Surah Saffat, ayat 102).

Tampaknya kecintaan anak terhadap Tuhan melebihi kecintaannya terhadap kehidupan dan masa depannya.

Lalu Nabi Ibrahim jatuh cinta pada Ismail tanpa sepengetahuan ibunya dan membawanya dekat ke Mina. Sesampainya di tempat tujuan, Ibrahim meletakkan pipi Nabi Ismail di atas lututnya.

Kemudian Ismail berkata: “Ayah!

Setelah mendengar perkataan Ismail, Nabi Ibrahim memeluk anaknya erat-erat sambil berkata: “Wahai anakku!

Saat itulah Nabi Ibrahim mengeluarkan pisau dan menusuk leher Ismail. Tapi apa yang terjadi? Pisau tajam sebenarnya tidak berbahaya. Allah SWT lah yang mampu mencelakakan suatu kehidupan, memotongnya dan menghilangkan asal-usulnya. Kebenaran yang sebenarnya!

Semakin kuat tenaga Ibrahim dalam menghunus pisaunya, maka semakin kuat juga kulit Ismail. Hingga malaikat Jibril datang dan meletakkan seekor domba untuk disembelih sebagai gantinya.

{wfdynah bhbhḥ ʿzym} (QS Safaat ayat 107).

Kemuliaan bagi Tuhan! Allahu Akbar!

Berbahagialah umat Islam,

Ada hikmah yang dapat kita petik dari kisah pendidikan ini bagi kita, anak-anak manusia yang dilahirkan oleh orang tua kita. Bantulah orang tua kita mendekatkan diri pada Tuhan.

Kita tidak perlu menjadi orang yang sangat istimewa seperti anak laki-laki bernama Ismael. Cukuplah kita menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Sebab kesetiaan kita pada kedua orang tua adalah kunci membahagiakan mereka. Namun di sisi lain, ketidaktaatan kita kepada orang tua adalah pisau yang menyayat hati seluruh orang tua kita.

Jadi, mari kita semua pastikan kita menjadi anak-anak yang baik di Idul Adha ini. Tunjukkan bahwa kita adalah generasi yang bermoral. Perkuat silaturahmi dengan saudara dan sahabat orang tua yang kita hormati. Semoga nenek moyang kita, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal, berbahagia dan bangga memiliki keturunan yang taat dan bertaqwa.

Saya katakan ini adalah kata-kata saya, semoga Tuhan mengampuni saya dan mengasihani Anda

ل Ro هادای ی ay ay ay Akhikriⁿ lṣayḥḥḥ Tāmu, Ahāki Tālay bitākha ʥlay, bitākri wālay bitāki wālay, dari الĀصАا المصيي عاللهوا الیMNA JAMSMNIA Bāymni A Jāymni Yā lymnii Yamlymni, Hybubaḿ Sāliḥ A Al-Ampī .

Allah SWT bersabda : “Semoga Allah dan para pengikutnya mendoakan Nabi kita, kamu yang beriman, semoga Allah memberikan shalawat dan salam kepada beliau علي محمد والحمد llh rb العلامين 2. Ayat khutbah Idul Adha 2024 mengukur tingkat perbudakan.

Penulis: Ustadz Muhammad Hidayatullah, Pelatih Kajian Tafsir Al-Qur’an, Yayasan Ma’had Islami (Yamais), Masjid Al-Huda Berbek, Waru, Sidoarjo.

Alḥmdu llhi alDī tfĶal fy hdIīh alāami alʿash̊ri ʿalā kli ʿabdu shkurc ydu al fy dhīh ʿāla niʿamu atamaāhā , waʿafīau ās̊bagāmāmās̊bagāmāhāmāhām alāmanā mina alā Ḋ̊kami Ah sial.

واثشْهادو عنا محمدوا علايو عليه والاما عبْداهو واثشْهادو الاعاعالاب ين الازْri, waafُْعalu man ̊ ṣalāy zākay waẵama watamara dan setelah itu:

Tuhan Maha Besar, Tuhan Maha Besar, tidak ada yang benar-benar disembah selain Tuhan, Tuhan Maha Besar, Tuhan Maha Besar, Maha Suci Tuhan.

Ma’asyiral Muslimin Rahima Kumullah

Hari ini kita berada di Yaumun Nahr, hari ini sangat mulia dan dihormati oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, setelah hari ini tibalah hari Tasiriq, hari-hari ini kita dilarang berpuasa.

Hal ini menunjukkan bahwa hari ini adalah hari yang spesial bagi setiap pekerja, karena hari ini juga merupakan hari yang boleh kita rayakan. Padahal dalam memilikinya kita tidak boleh tadzir atau boros, mubazir atau berlebihan.

قدليكا ساںاراها لاكومْ litaúbiـruwaـ ALLãảa علی ما hādīٰkumam̗ wabaḥamīmậmāmī7

“…Beginilah Allah mengalahkannya (Tuhan) agar kamu mengagungkan Allah yang telah memberi petunjuk kepadamu. Dan sampaikan kabar baik kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Haji: 37).

Ayat di atas mengajarkan kita untuk menghormati Tuhan karena petunjuk yang Tuhan berikan kepada kita. Tanpa bimbingannya, orang tidak dapat mengetahui kebenaran dengan jelas.

Biarlah manusia hidup sesuai dengan perasaannya yang sebenarnya, maka yang terjadi adalah keinginan manusia yang memegang peranan utama, keinginan tersebut akan saling bertentangan, dan kita sendiri yang akan melihat hasilnya.

Perbudakan ini milik Tuhan

Wamā ẖalqtu aljĬnã wamīẖĥinsa آلāا liaʿۡbudūn

“Aku menciptakan setan dan manusia untuk menyembah Aku.” (Zoriyat : 56).

Pada ayat di atas, tidak hanya manusia saja, setan juga diciptakan untuk beribadah kepada Allah saja. Oleh karena itu, manusia dicegah untuk merasa bangga, bangga, dihormati, dan lebih unggul dari orang lain. Karena sejatinya perbudakan berarti segala sesuatu yang ada di sekitarmu bertindak sebagai hamba Allah Subhanahu wa Taala.

Bagaimana seorang pekerja dapat lulus ujian, terutama berupa keunggulan dalam keterampilan, keberhasilan dalam bidang ekonomi, keberhasilan dalam bidang akademik, keberhasilan dalam penampilan fisik, dan lain sebagainya.

Jika ia memandang semua itu sebagai kehebatannya dan tidak menyadari bahwa semua itu adalah anugerah dan amanah Allah, maka ia akan mengembangkan sifat sombong, keras kepala, dan sifat-sifat buruk lainnya. Oleh karena itu ia gagal dalam tes ini.

Dengan berbagai ujian tersebut, khususnya pada zaman Nahr dan Tashrik, kita berusaha melihat siapa yang benar-benar jujur ​​dalam kebenaran iman dan siapa yang berdusta atas nama iman.

Tes ini mengkaji perbudakan seorang hamba, apakah ia mengabdi kepada Allah dengan penuh pengabdian atau apakah ia adalah hamba selain Allah, yaitu hamba kepribadiannya.

ااعاينتا mani ٱtaặkāẖa ائيلهاۥ waḶalãhu allãhu ʿalīٰ ʿilۡmu ʿaḻamåamā iᥦ wajaʿala ʿalḥ̄şirṭ showera faman yahḻamåamā iᥦ wajaʿala ʿalḥ̄şirṭ showera faman yahīkaadihi

“Pernahkah kamu melihat manusia yang menjadikan dirinya Tuhan (Tuhan) dan Tuhan meninggalkannya karena ilmunya, lalu Tuhan menutup telinga, hatinya, dan menutup matanya?” Anda Tersesat, Mengapa Anda Tidak Belajar? (Al-Atiya : 23)

Orang yang terbelenggu hawa nafsu tidak bisa memihak, sehingga tidak bisa melihat kebenaran, telinga dan hatinya tertutup, matanya tertutup, lalu menjadi tuli, bisu, dan buta. Mereka akan seperti itu sampai hari terakhir.

Tidak ada pilihan lain selain اي̇ن̊ ṣanka() dan

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari peringatan-Ku, sesungguhnya rezeki mereka sempit, dan Kami akan mengumpulkan dia dalam keadaan buta pada hari akhir.” (Sekarang: 124)

Dengarkan Tuhan

Allahu Akbar! 3x Valillahilahamad

Betapa dahsyatnya ketakutan orang-orang yang berpura-pura menjadi Tuhannya. Dia tidak seharusnya bahagia di dunia ini, nasibnya di Hari Akhir sudah pasti. Maka pilihan kita adalah menaati Allah dan Rasul-Nya, maka kebahagiaan akan didapat.

Bagi yang mampu berkurban saat ini maupun yang tidak mampu berkurban hendaknya segera berkurban, karena masih ada tiga hari ke depan yang disebut hari tasirik. Insya Allah, pahala yang besar akan diperoleh dari Allah Subhanahu wa Taala . Halo, bukankah semua rezeki kita berasal dari Allah, untuk apa kita mengumpulkan apa yang telah Allah berikan kepada kita?

Pengorbanan dalam takut akan Tuhan adalah fondasinya. Oleh karena itu, yang kita korbankan terutama adalah pengendalian hawa nafsu, yang tidak bisa mengendalikan hidup kita secara berlebihan, namun hawa nafsu tersebut harus diikuti dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Saat itulah perbudakan ini menjadi lengkap hanya kepada Allah, sebagaimana dijelaskan dalam surat Zariat ayat 56.

Tuhan bahkan tidak akan mengambil darahnya, tapi Tuhan akan mengambilnya darimu.

“Daging dan darah unta tidak akan mendapat keridhaan Allah. Ketakutanmu dapat diatasi. Maka Allah mengalahkanmu sehingga kamu memuji Allah karena telah membimbingmu. Manusia adalah orang-orang yang berbuat baik.”

Hewan kurban dapat dinikmati sedikit-sedikit oleh si kurban dan dibagikan kepada orang lain. Kalau untuk orang miskin maka itu anugerah, dan bagi yang berkuasa itu anugerah.

Hari itu adalah hari bahagia, jadi tidak boleh ada keserakahan di dalamnya. Jangan sampai kita termasuk orang yang tidak bisa bahagia karena orang lain serakah dan tidak mendapat bagian.

Marilah kita semua memiliki hamba-hamba yang teguh menjaga keimanan kita, sekaligus mendengarkan Dia dan Rasul-Nya serta meneguhkan keimanan kita. Amin

 m dan dan m a tahun

Lilhum wax waly li b khkh ās b bhd b kh l b ā a slā m mah ā l āl ā lah ā lah ā alay y dw ay a lyn n ṣṣṣṣ l ṣ l ṣ l l l ʿ al ʿ m al ʿl am al ʿl m ba bbark rabī alʿazahi ´āma yasifūna, Salam sejahtera bagi para Nabi dan waạlḥammad Allahi rabī al’alāmīna.

Sb̊ḥāna rabīka rabđ alʿzāṈi ʿamaa yaṣifūna, wasalāmuu ʿalā alḥur̊salđa. 3. Teks Idul Adha 2024 untuk membangun negara yang maju

Penulis : Abdul Khalid Achmad Dosen, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Semoga Tuhan senang dengan Anda, Tuhan senang dengan Anda.

Wạlmd llh alwḥyd al-qhar, al-aziz al-ghfar, mkw allyl ʿly nakhr, tjrah llqlwb w aaalwḥan abr.

Aku bersaksi bahwa tidak ada yang benar-benar disembah selain Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Jadilah saksi bahwa Muhammad adalah hambanya dan hambanya, kekasihnya, dan sahabatnya, pemberi petunjuk ke jalan yang benar.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada para Nabi dan orang-orang shaleh.

قال الله تعا̱ : انااۤ عاِٷاينوكا الْكائر : faali lirabika ا n̊rāka: الْا بْرو

Allahu Akbar, Allahu Akbar

Saudaraku, marilah kita memuji Allah, selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita pada budaya hari yang penuh berkah ini. Dengan beriman dan bertakwa kepada Allah maka kita akan berbahagia sepanjang masa di dunia dan akhirat.

Kita bersyukur kepada Tuhan atas nikmat yang telah memberikan kita kesempatan untuk memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik dalam agama Islam saat ini. Sementara sebagian saudara kita sedang berada di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Kami berdoa agar para haji yang mendapat panggilan Allah, memenuhi syarat-syarat haji dan menerima upah sesuai janji Allah.

Kita semua tahu bahwa ada dua hari raya dalam Islam yang dijelaskan oleh wahyu Al-Qur’an.

Pertama, Idul Fitri dirayakan pada bulan Ramadhan dengan turunnya Al-Qur’an dan proklamasi Islam kepada seluruh umat manusia di dunia.

Kedua, pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah, saat diturunkannya Al-Qur’an, Nabi kita S.A.W. Sedangkan di Padang Srafah, Idul azha dirayakan dengan diresmikannya Moida.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 l ylt l ka n n n n ʿ a ạ nf ạ l ạnấf s s ạn Ẹấf l l

“Hari ini aku telah memenuhi agamamu untukmu, dan aku telah memenuhi kedamaianku untukmu, dan aku telah menjadikan Islam sebagai agamamu.”

Ayat di atas berisi hikmah yang dapat kita petik sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW.

Pertama, Islam adalah agama surgawi yang menggenapi agama-agama sebelumnya yang diturunkan Allah SWT dengan segala kesempurnaannya. Ini adalah kebenaran yang tidak dapat disangkal oleh siapa pun selama berabad-abad, hingga akhir zaman.

Pemahaman mencakup konsekuensi logis dari tanggung jawab umat Islam: Umat Islam harus mempunyai kemampuan memahami Islam secara utuh (kaffa), bukan sebagian (partial).

Kedua, Islam merupakan awal dari segala nikmat Allah Subhanahu wa Taala kepada umat manusia, dan harus dilestarikan hingga akhir hayat.

Bahkan dalam firman Allah disebutkan bahwa keberkahan yang hakiki adalah ketika seseorang meninggal dunia dalam agama Islam. Allah Subhanahu wa Taala berfirman dalam Imran 102:

Yٰۤاايوها الايْنا اامونوْ اتقا اللہّ حaqa tukkatā ̊mā ̊mṯana Muslimuna

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mati padahal kamu hanya seorang muslim.”

Ketiga, nikmat Allah hanya ada di dalam Islam, maka barangsiapa yang ingin memperoleh nikmat-Nya hendaknya masuk Islam, beriman kepada keesaan Allah dan tidak ada sekutu baginya. Itu sebabnya kita sering dianjurkan untuk berdoa:

RaḶī̊tu biạllhi rabīā wabil̊ạislami ī̊nqu wabimuḥamadi sala̱ allhu ʿalāmaulauai wa al̊krāni ḥukůmi waạmami

“Aku ridho dengan Tuhanku Allah, agamaku Islam, Nabiku Rasulku Muhammad, hukumku Imam dan Al-Qur’an.”

Allahu Akbar, Allahu Akbar

Pada bulan Dzulhijjah terdapat firman Al-Qur’an sebagai landasan kaidah agama yang digambarkan dalam kisah Nabi Ibrahim, yaitu haji adalah kurban.

Kisah ini sebagaimana tertulis dalam surat Nahl ayat 123, perintah Allah kepada Ibrahim. Allah Subhanahu Wataala berfirman:

تحما اؘحايناۤ یلیک انی ATAبیِ milaha ib̊brīma HANī̊fa ۗ waim̊maamā امنā kam

“Kemudian Kami turunkan (kepada Muhammad {SAW}): “Ikutilah agama Ibrahim yang benar, dia bukanlah termasuk orang-orang musyrik.”

Nabi Ibrahim dibimbing Allah tidak hanya untuk beribadah kepada Mahda, namun juga untuk membangun dunia sebagaimana para pembangun Makkah ul-Mukarama. Subhanahu wa ta’ala berkata:

 Saya akan makan, saya izinkan haha ​​haha

Dan (ingatlah) Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku! (Allah) berfirman: “Dan Aku akan membahagiakan orang kafir untuk sementara waktu, kemudian Aku akan memasukkan dia ke siksa Neraka, dan itu adalah tempat tinggal yang paling buruk.”

Allahu Akbar, Allahu Akbar

Dari penggalan di atas, ada tiga hal pokok dalam kehidupan manusia dan dunia.

Pertama, adanya keimanan yang kuat di kalangan masyarakat akan menciptakan kehidupan yang tenteram dan tenteram. Namun ketika manusia kurang keimanan maka hilanglah kedamaian dan ketenangan yang ditandai dengan munculnya banyak keburukan, kesalahan dan kemaksiatan.

Kedua, kecukupan keuangan masyarakat mempengaruhi kualitas hidup bangsa secara keseluruhan. Namun sebaliknya, jika tidak ada keimanan dalam masyarakat, korupsi, kemalasan dalam bekerja berujung pada pencurian, dan keserakahan mengumpulkan kekayaan tanpa rasa kasihan terhadap sesama.

Allahu Akbar, Allahu Akbar

Perdamaian, keamanan dan keamanan ekonomi sangat penting bagi masyarakat maju dan harus diperjuangkan. Dengan mengetahui ketiganya maka ilmu yang dilandasi keimanan dan ketuhanan dapat tercapai. Seseorang lahir dari hati orang yang cerdas, pekerja keras, dan pandai berbicara. Oleh karena itu Nabi kita bersabda:

“Saya lebih memilih orang beriman yang kuat daripada orang beriman yang lemah.” (HR Muslim)

Kecerdasan, kerja keras dan ketrampilan yang dilandasi keimanan akan mengantarkan pada kelompok yang senantiasa dicintai Allah subhanahu wataala. Sebab mereka memperbanyak waktunya di bumi, namun tidak lupa beribadah kepada Allah.

Allah SWT berfirman dalam surat Insira ayat 7-8: “Maka (bila kamu menyelesaikan suatu tugas) kerjakanlah (tugas) yang lain dengan penuh kesadaran dan berharap hanya kepada Tuhanmu”.

Keyakinan yang melandasi bangsa ini memberikan keberkahan Tuhan berupa pembangunan, kemakmuran, keadilan, kedamaian dan ketentraman.

Firman Allah adalah A’araf 96

Walå اناو اهلا الْقلوٟ̱ ٰmanůa wa taůa lafatah̊nā ʿalāhi marāṣi اْلا عیْلاعی ٰ̊ kadhabûa fakhadhnum ̊ bimā ka nūa yakåsibūna

“Seandainya penduduk dunia beriman dan bertakwa kepada Allah, niscaya Kami akan melimpahi mereka dengan nikmat dari langit dan bumi, namun nyatanya mereka berdusta (dengan wahyu kami), maka mereka sendiri yang mendapatkannya. .” sesuai dengan apa yang terjadi. selesai.”

Landasan keimanan yang tertulis dalam Al-Qur’an dipahami secara jelas guna mencapai kesejahteraan umat dalam sistem dunia dan dunia. Kebersamaan dalam pelaksanaannya penting sebagai bagian dari ukhuwa Islam dan basari ukhuwa.

Allahu Akbar, Allahu Akbar

Ekspresi iman dan kesalehan Abraham. Hal ini juga terlihat ketika ia melahirkan Ismael yang taat kepada Tuhan seperti ayahnya.

Apakah Nabi Ibrahim mengetahui perintah untuk membunuh anak tunggalnya (Ismail), keduanya melakukannya dengan sadar dan sabar. Firman Allah dalam surat Shafaat ayat 102 menjelaskan bahwa:

Falama balagha maʿahu alsaʿya kala ybunaa īnīḥ ir̊ ilmanāi ادْبوكان ائْبوكان ا ْْrā ala yaٰۤbati عْfalْ matu A

“Ketika anak itu mencapai usia (usia) dia setuju untuk bekerja bersamanya (Ibrahim): “Hai, anakku! Memang benar, aku bermimpi membunuhmu. Jadi mari kita berpikir, apa yang akan Anda pikirkan?’ (Ismail): “Wahai ayah! Lakukanlah apa yang (Tuhan) perintahkan kepadamu. Insya Allah Anda akan menemukan saya termasuk orang-orang yang sabar.

Apa yang terjadi pada ayat tersebut dapat dijadikan pelajaran bahwa ajaran Islam mengajarkan manusia untuk mengorbankan harta bendanya, bahkan orang yang dicintainya. Sebagai sebuah masyarakat, pengorbanan diri dalam arti luas adalah kesediaan untuk mengorbankan waktu dan harta benda demi kebaikan orang lain.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Lan̊ tanā lūa al̒bira Ḥatő̱y tun̊fū̊a mimau tuḍibuŊna ۗ wama î̊tạmā ī̊ạmā ānāf ّ alslā bihٖ ʿali̊muo

“Kamu tidak bisa berbuat baik sampai kamu memberikan sebagian dari apa yang kamu cintai. Dan apapun yang kamu berikan, Allah Maha Mengetahui.” (Oli Imran, 92)

Ketika para muhajirin datang ke Madinah, mereka adalah Ansari, mereka adalah Nabi Muhammad SAW. Ketika mereka berimigrasi bersama mereka, mereka memberikan sebagian dari kebutuhan dan kekayaannya untuk membantu para migran. Bahkan Ansari diketahui kondisinya sangat memprihatinkan. Penjelasan kisah tersebut diabadikan dalam ayat 9 Hasir Tuhan:

Wālād; 

“Dan orang-orang (Ansar) yang menaklukkan kota Madinah dan orang-orang yang beriman sebelum mereka (Muhajirina) menyukai orang-orang yang hijrah ke tempat mereka. ;

Dedikasi Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Ansari hendaknya menjadi bagian yang tidak boleh dipisahkan dari kita umat Islam. Hidup tanpa pengorbanan demi kebaikan dan kesejahteraan manusia ibarat hidup kering tanpa manfaat apa pun, ibarat tanaman yang tidak berbuah.

Kita semua mengatakan bahwa orang yang paling baik membantu orang lain seperti Nabi Muhammad SAW adalah uswatun hasana.

خير الناس انفعهم لناس

Akhir kata, mari kita tingkatkan semangat keimanan dan ibadah serta ketaqwaan untuk meraih masa depan Islam yang lebih baik di bawah naungan Allah SWT. Amin. Dan doakan khotbah ini kepada Tuhan:

Tuhan memberkati

Tuhan memberkati

Tuhan memberkati.

Rabānā hab̊ lanā min̊ az̊wājinā waḥurgyyasātīna qurāsaḥ aḍ̊mā ʿā̊mā qāla māmuqā

Allah Maha Tinggi

Wajmaa’ kalimaah al-musliminah عالى الحقي ya rabã al-‘alamina

Tuhan memberkati

Tuhan memberkati…

Watub̊ ʿalayaa ạ̇nãka ان̊ta altãwaaạbu alraating

Rabānā ạatinā fīy aldőnya Ḥasanaẹ zãẩi ʿamaa yaṣifūn waạlãạlāmůmåạlāmu ̊du ilhi rabī al̊ʿalami̊na

Subhana Rabīka Rabī Al-Aizahi ʿAmāa Yaşifauna Wasalāmuu ʿalaʿ Al-Mumāal-Mahament

واعلسلاعamu العليكمْ warah̗maḥu allhi wabarakame

Penulis: Prof. Dr. Dadang KAHMADA Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Ả̹ i n llh n n n n n n n n n nnst ʿ w alh h lagi drawh w є w ا lnã ا ل ا ل ا ح ح ل حد ا س ش ry kah d ان ا md ع abdhh wortwlhi.

فقل له توكاهيه حقك λوكاهيه ولا λ oranوإنا اا الناظسو اب ا ا ا ا orang ا orang ا اك اق اق اق ا ا ا bers A. ا راباكوم لاديْ كالقومْ ميسامة اثم وقوم را در λ وكاب Tuhan dewa İı… rakî̊bqa. ya اذائيوها الذهينا اامنوا ATAوقوا اللها waqŊlůا قْلاف سادْدوا. yush̊liḥ̊ lakum̊ aaʿmaaum̊ waag̊far̊ lakum̊ důbakum̊ waman̊ yuṭiʿi ا alhu. اع بعدو: فاحين اثداقا الْديثي كيλ emare اللها, وخارا الْها yang صح wasa arangulu muḥ̊dataḥu tidsāḥu wakulau bidʿāḥuu elluuu elluuu elluu elluuu elluU

Tuhan memberkatimu, Tuhan memberkatimu

Tuhan memberkatimu, Tuhan memberkatimu, Tuhan memberkatimu

Allahu Akbaru, Allahu Akbaru, Walilahi Alhamdu

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, marilah kita semua mengucap syukur dan puji syukur karena atas karunia dan rahmat Allah SWT kita bisa berkumpul bersama menikmati mentari dan udara pagi di pagi yang indah ini. Adakanlah shalat dua rakaat kata kata rabbi ilahi dan ahli Adakh, doa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang melimpahkan segala nikmat dan karunia-Nya.

Kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah meningkatkan hidup sehat untuk memulihkan Idul Fitri tahun ini. Kali ini, waktu bekerja, tahun, minggu demi minggu tak terasa sendiri.

Oleh karena itu, ketika kita merasa diri kita sendiri, simbol kehidupan kita, hidup sendirian di dunia dan membenci hari ini, maka kita terputus dari Allahu Akbar. Akhir-akhir ini Allah mengingatkan kita pada surat al-Ashr ayat 1-3.

Waٱlۡʿaṣۡri ại̹nã ٱlۡại̹nsāna lafī khusۡⁿ ای̹l۔ ٱlۡين ʾāmanūå waʿamilūå ٱlṣãٰliḥḥĩawāwāwl watawla uwu biٱlۡri  

“Bagi banyak orang yang tersesat dalam kesulitan, kecuali orang-orang yang beriman dan mendapat petunjuk kebenaran serta tekun.

Oleh karena itu, marilah kita semua meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah dengan segenap hati. Dalam hati, ibadah pagi ini adalah langkah awal kita, dan kita akan memulai perjalanan hidup dan ketabahan seperti para nabi dan wali.

Tuhan memberkatimu, Tuhan memberkatimu 

Berbahagialah para peziarah yang tinggal di rumah

Hayid Adha, kita punya contoh, ketika kita teringat pada Nabi Navahli. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan Tuhan, Sang Pencipta dan seluruh alam semesta. Dia adalah Abraham.

Dengan adanya bagian sulit dari Abraham, Abraham melihat adanya ciptaan yang sangat indah dan teratur tanpa adanya Pencipta. Maka, setelah mengalihkan pikirannya kepada Allah, ia menemukan jawabannya sebagaimana firman Al-Qur’an:

Falmā rarka  sss بغ ا . لل  

“Dan ketika dia melihat matahari terbit, dia berkata: “Inilah Tuhanku! Sejujurnya, saya hanya mengikuti apa yang harus Anda lakukan. 79).

Penonton yang bahagia, 

Keyakinan Ibrahim terhadap tauhid adalah tauhid yang diikuti dengan amal Shaleh dan Amar Makuf Nahi Munkar. Dia memanjatkan doa dan persembahan dan berbuat baik kepada orang-orang. Meskipun ia tetap menjunjung tinggi agamanya kepada Tuhan, kepada ayahnya.

Menurut cerita Mashuri, Abraham mudah memberi makan orang lain. Semua orang ingin makan, meski selalu menemukan orang lain yang ingin makan bersama mereka.

Dengan membaca Amar Makuf Nahi Munkar, beliau menunjukkan penguasa pada masanya bahkan berdakwah kepada rakyatnya dan rakyatnya. Dia menyebut penyembahan berhala dan penyembahan syahwat serta penyembahan kepada Allah Subhanahuvatika saja.

Ketika Abraham dijatuhi hukuman dibebaskan dari dakwah, ia berada dalam kesulitan. Berdoalah kepada Tuhan dengan iman dan keyakinan yang kuat.

Ql n ا y arra kwny b r d a wslmā ʿ alay y̱ ̶b yym  

Kami berkata: “Kedamaian itu dingin, dan itu baik bagi Ibrahim.”

Tuhan memberkatimu, Tuhan memberkatimu

Hikmah dari kisah Ibrahim ini adalah agar kita bisa membawa Uswah Setia kepada-Nya, sehingga keimanan bisa hidup dan aktif. Iman tidaklah statis. Iman yang teguh adalah keimanan yang didasari oleh bacaan Ammar Makuf Nahi Munkar, bacaan Amar Makuf Nahi Munkar, dan perilaku yang baik terhadap manusia.

Banyak ayat dalam Al-Qur’an dan Hadits yang menunjukkan bahwa amal shaleh dan akhlak yang baik merupakan tanda-tanda keimanan. Diantara hadits yang dibacakan:

ع ان اا ا ح ز اال lk m ا lək m ال l lləhi al lə ln hānhh – ال l lləhi al na al z kāl

Nabi SAW bersabda: “Tidak beriman salah seorang di antara kamu sampai dia mencintai saudara Nabi (SAW)” dia mencintai dirinya sendiri. (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang-orang beriman hendaknya melakukan kerja nyata, dalam hal ini, melindungi dunia dari kehancuran. Bagi orang beriman, ketika mereka merusak lingkungan, maka mereka giat memperbaikinya. Oleh karena itu, Bumi terbebas dari kesibukan dan kelalaian. Saat ini, di Bumi, para sarjana dapat mendengar dan merasakan pikiran mereka, dan mereka 8 bersama orang Mesir sampai mereka tereduksi. 

Bumi datar, panas, panas, panas dan merusak lingkungan sehingga menyebabkan perubahan iklim. Berbagai bencana telah terjadi: banjir, tanah longsor dan tanah longsor menyebabkan banyak orang kehilangan nyawa.

Peningkatan suhu global pada tahun 2050 Indonesia akan dipengaruhi oleh suhu udara. Di sini, sebagian besar tanaman pertanian dunia dipanen dan gagal hingga terjadi cuaca buruk. Akan ada pemandangan indah lanskap yang tumbuh dengan baik dari kabut kering. Menurut perkiraan para anggota, sekitar 200 juta akan terjadi pada tahun 2050.

Mempertimbangkan hal-hal yang disebutkan dan diprediksi di atas, kita perlu menjaga umat Islam dan mengurangi kacamata serta mengontrol tempat. Menjaga Bumi adalah perintah Tuhan untuk selalu berbuat baik. 

Ạ̹ i l ẹ ilay y̱.t ẖ m ạ̉, ạ ̱ ạạ̉ạ̉ạ̉ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạ́ạạ Kartu Kredit  

Artinya : Dialah saudaranya Tsulud (kita) Shaleh. Saleh : “Wahai umatku, sembahlah Allah. Tidak ada orang lain untukmu. Hukuman (Yang Mulia) telah diberikan.  (QS HUH 61)

Sebaliknya, karena Allah berfirman, umat Islam tidak boleh menambah kerusakan yang terjadi di sini, karena Allah berfirman: 

Wal ạ Tscer ạ F ‘Z ṣ ṣ A ṣ A ṣ A ṣ A ṣ ạ ṭ a ỷ ā ṭsna ạ ا م ن عق اس ا ن اشن Na  

Artinya: “Janganlah kamu merusak bumi, maka kerjakanlah shalatnya dengan rasa takut dan harap.” (Al-Isomaf 56).

Iman yang berkelanjutan adalah iman yang mempunyai amal atau amal yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, tetangga dan masyarakat, serta keberlangsungan dunia. Azha Azha secara aktif percaya pada perayaan tahun delapan puluhan untuk mempromosikan manifestasi manifestasi, dan untuk mematikan doa.

Iman aktif seseorang bukanlah satu-satunya frustrasi yang menyebabkan penderitaan. Pengorbanan adalah salah satu penderitaan manusia yang mendefinisikan kemuliaan kita. Mereka yang tidak berkorban tidak akan mendekati tempat kita (Rasulullah). 

Dan لاحبي اكوبار الله اكاب 

Peserta yang bahagia

Diakhir khutbah ini, hidbi ingin selalu memberikan kita kesempatan untuk berbuat baik. Mundung memungkinkan Anda untuk hidup di dalam Tuhan sekarang.

Selebihnya Tuhan dan Kasih Tuhan, jika kita memanfaatkan hal-hal yang bermanfaat untuk memiliki kasih Tuhan, itu akan sangat bagus.

Harta yang ada pada diri kita, biarlah untuk kebaikan, kita pergunakan untuk digunakan di hari-hari akhir akhirat. Jangan khawatir kita berada di dunia yang kekal. 

Milikilah iman yang teguh, untuk menguatkan iman kita, marilah kita berdoa kepada Allah. Dan kami percaya bahwa doa ini harus dikabulkan. 

للنهي ạảkr, Llahi ạảkr, Wallhah

ال̊ MD lilh rab̊̊̊̊̊̊̊da naⁿa na.  ی دا ا ا ا فاكا اسا اقا معزايس

Yaā r babÃ̊ạ Lak̊ ạ ̊ الام̊̊ ḥ̊̊mĩã̊̊ ūūẖ ẖīẖ ا ẖ و ال luky m’ãī ãī ãī lakh lakh lakh

. Semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian. Wbāri ‘alay y m ū ạ مود ا م ا ار ār yd yd

ال لهما م ẖ ی الssynlm ạ t ạ ا لا ̊ ا t اف اف ی asiv asiv ی ā ̣ ی ā می م ك ك ك

ل لاهی ا n ns̊̊̊̊ ̊ạ̉ ه ”اساس ‘اس’ ‘اسال لها ا ت تا الف الف ḥī̊ ḥī̊ ḥī̊̊̊ ḥ̊̊ ̊ ̊ ⁿ ḥī̊̊̊ ḥī̊̊̊ ḥī̊̊̊ mī̊miⁿ.

ⁿⁿⁿ ạ ̉ ạạạ ạảkạạb.

R Bannā yuã̉̉̊ā yū̉̊ā̊ ūā wal yu 10 wal y ạ̉ qa w ạả ب ا وا ا . 

اللل للهم̊̊̊̊̊ ạ̉ a ‘z. الا اد ي امو واي اما اما الاموسلم ن ‘Alai N’ End

لللل hum̊

ل لهماكا با با انا انا منا بيلا الا …

Rabnā Talishb Ay mnā ạ ạ ينا ṣ ا ان ن ‘l Я

Wapulu wa sydā t ạl ạl ẗl ạl ạl ạl ẗl ả ̊̊kẖi ẗẗ ẗ ẗ ẗ ẗ r r

Suna ān Kaba №l l ạ ل اا

Dialah : Deri Adis

Ạl lı ḥ md lilh ạl l dẖdẖ Āla ṭṭ ṭ LO ạ̹ ḥ l ảảả

Faqāl L لا ال ال ال ال آنا آna qaqa la mm qaqa la.

Tsegula l i bod bak wā naāma r.

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Syukur kepada Allah yang telah memberi kita kebahagiaan. Banyak risiko yang bermanfaat.

Inilah nikmat terbaik yang Tuhan berikan. Semoga saya percaya, dan tanpa kedua nikmat tersebut, kita tidak bisa mengangkat tangan untuk beribadah kepada Tuhan.

Oleh karena itu, jika Allah telah memberikan kita dua nikmat tersebut, maka Dia tidak akan memanggil kita untuk beribadah kepada Allah.

Mandi dan Salam, Tunjukkan utusan Tuhan.

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Tuhan takut dengan apa yang diperintahkan Tuhan kepada Tuhan, untuk menekankan Tuhan, dan akan diselamatkan dari segala batasan.

Kemudian mereka akan melakukan segala sesuatu yang diperintahkan, dan tidak ada satah yang berhak berdoa, serta perasaan beriman.

Mereka kembali ke pokok bahasan Tuhan, dan merasa malu ketika mereka menolak melakukan segala sesuatu yang diperintahkan-Nya.

Lalu rasa takut, karena dibalik perintah tersebut, kita perlu ada sesuatu yang menolak dilakukan sistem.

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Jika hal ini sudah tercatat dan mereka terlihat sangat, maka Allah yakin jika mereka terdorong untuk mengganti makanannya, begitu juga dalam segala hal.

Juga, cara atau peluang hidup mempertanyakan tempat kita tinggal.

Tuhan ada dalam perangkat pelatihan:

Angin Yatiq ạillÃhu ‘Ala Kẖ Shav m.

Siapa pun yang menginginkan Tuhan mengungkapkan kepadanya.

Allah Subhanah taalah berfirman:

Yaj.

 Apa ytwakal l ‘Alai y lllh fhū

Dan memberikan caranya yang tidak terduga. Dan orang yang beriman kepada Tuhan, Tuhan akan memuaskan kebutuhannya.

(Qs..tahun lalu : 2-3)

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Allah Almhumnums tidak mencari kebangsaan atau harta benda, tanggung jawab, tarif, kedudukan, dan barang. Jadi, dari bentuk dan bentuknya. Allah SWT akan menikmati kesetiaan kita.

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Sayangnya, Dewa dan Aasts Hwan Adha dibunuh pada festival Adha.

Pengorbanan Hadba yang kita hisap Tuhan, banyak diberkati pada kedua Rediah.

Tuhan berkata:

Buka li bod Bak Wā Naāma r.

Maka berhati-hatilah. (Menang – kutikry: 2).

Selain ayat, kurban akan terlihat pada haji 36

Allah Subhanah taalah berfirman:

; وا الام الا القا موا الام موا الام الا القا موا uran موارlane كذلك سرنها لكم مم هشككرن.

Dan apa yang kami lakukan dengan Tuhan, dan memakan sebagian darimu.

(Qs. Al-Hajj : 36)

Selain ayat-ayat di atas, selain Al-Qurzah, karya-karya nabi juga didasarkan pada seorang nabi. Salah satu tempat penyimpanan Hathes memberikan peringatan kepada mereka yang menolak pengorbanan.

Hasuma Raspolelth S.a.v. , “Setiap orang yang tidak mau membunuh kurban.” (Xr. Ahmad, Batasan Ibnu dan Hakim)

الل ال ال ال ال ال ال ال

Muslim akan memberkati Tuhan

Pada hari-hari di puncak Hat Irith, perlu untuk menikmati pengorbanan.

Oleh karena itu, jika kami tidak menyerah, kami akan mulai memperluas hasil tahunan kami di tahun mendatang. Kita perlu mengatur dan memaksa tahun depan.

Jika kita tidak dapat menghasilkan uang, maka kita dapat melakukannya dengan membayarnya. Karena Dia yang mencintai Tuhan. Pada hari kebangkitan, Tuhan akan memanggil mereka yang kembali.

Hamba Allah SWT bersabda: Berkembang biak di suatu titik sebelum mendengar turun. “(Xr. 1493 dengan Ibnu Narhah 316).

Selain itu, kurban merupakan salah satu doa kita. Dalam ayat-ayat ke-2 dari al-Kautin, kami bersaing dengan dua aturan, berdoa dengan satu kali.

Sheik Sheikh Ibn Taymiyyahyahyah untuk bagian ini untuk mengambil dua doa ini, berdoa, berdoa kepada Murammad.

Dan Tavb, Thuck, saya percaya pada janji, pemerintahan, dan hal -hal terpenting, memahami nilai Tuhan.

Karena itu, dalam surat lain, dewa dari mereka berdua meningkat dalam kata -kata mereka:

Allah Subhanah dari Taalah mengatakan:

Ambo ال ال

“Kamu berkata,” Sungguh, doa dan kematianku adalah Tuhan Tuhan.

Akibatnya, doa dan dedikasi adalah doa penting yang datang untuk datang kepada Tuhan.

Belni Gamba Genengban: “Ibadah Alla Wang

Wahaii oran-orang ndi posachedwa ku yang kita ya tinka yang ya tina yang karena alla wan menican ballizan, kebaankan, kerita quikani mukulu mukala mukalan mukalan mukalu mukalU mukalU mukalu mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Makaris Makolu Makaru Mak lainnya Mak lainnya Mak lainnya Mak lainnya Mak lainnya Makalis Makalis Makalis Makalis Mukalis Mukalis Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukolu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Mukalu Akukukukukukukukukukukukuku Auol Alavelsuzi Munjanahna.

 Nṣ̊ara mw āl̊lh wsv̊ḥb, haughter المونسونoot secara

Khakh Ipilan

Q uran الل الل لل مل لله لهره لهههalia

Dan علااSe tidak lagi untuk ولل saat ini hai dan الا عبحلا عبحلاده واداهم ويعى إه الا عبللى عolak, عبللى عalur Ạ llhhhh ṣ̊ ̊da īadãnā ماتدا bersenda

أما بعدقس اللهواهوا siangkrip اللهول اللهlan ; وقاه وقاه وقاه وقutu وقاه وقاه وقاه وقاه tangk Ạ clliÃhhm ̊̊ad ̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊ ⁿ ⁿ ⁿ ⁿ ⁿ ⁿ ̊̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊ ̊̊̊̊̊̊̊ ا ا ارا ⁿ ا ا ارا ارا ارا ا ا ا ارا ارا ارا ا

الام النا النا النالاااا sendiri اااااااا sendiri ااااااااا sendiri ااااااا Aق ا ا ا ا آ ا آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ آ. The Capulus Imimnā ạinksafar ln ạ ạ ạ ạạạạ ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū ū u I I I I I I I I I I I I I I Pind kis Ps pad ‘Ibāllh! ا ạạ الحا االحاواواواkrip sendirian

(Aspunnes.com/sii juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *