Kepala Staf Pertahanan Britania Raya Disambut Upacara Jajar Kehormatan saat Temui Prabowo

Laporan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di Kantor Kementerian Pertahanan Jakarta (Kemhan) pada Kamis (30/5/), dimulailah upacara antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Staf Pertahanan Inggris, Laksamana Sir Tony . Radakin. 2024).

Sir Tony Radakin tiba di Kementerian Pertahanan RI dan diterima Wakil Menteri Pertahanan M Herindra pada pukul 14.20 WIB.

Tony dan Herindra naik ke podium untuk mengikuti upacara penghargaan.

Di podium, Herindra berdiri satu langkah di belakang Tony Radikin.

Kedua pria tersebut memberi hormat kepada dua bendera negara yang dikibarkan oleh tentara, beserta lagu kedua negara yang dimainkan oleh tentara atas nama mereka.

Herindra kemudian bergabung dengan Tony dalam kunjungan militer.

Usai meninjau para prajurit, Herindra dan Tony memberi hormat di depan patung Soekarno di atas kuda di depan Kementerian Pertahanan.

Setelah itu, Herindra mengajak Tony ke kantor Kementerian Pertahanan untuk bertemu dengan Prabowo.

Di dalam, Prabowo menyambut Tony.

Usai berbincang singkat, Prabowo mengajak Tony ke sebuah ruangan 

Pertemuan antara Prabowo Subianto dan Tony Radakin terjadi di Kantor Kementerian Pertahanan RI usai menutup pintu bagi pekerja media.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apa yang dibicarakan keduanya. Hubungan Indonesia dan Inggris mengenai Keamanan

Dirangkum dari laman Kementerian Pertahanan, usai Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN ke-17 ADMM di Jakarta Convention Center, Kamis (16/11/2023), Prabowo menyebut Inggris sebagai salah satu negara yang menyatakan keinginannya untuk berpartisipasi. Mitra Dialog ASEAN (ADMM -Plus).

Diketahui, platform ADMM-Plus saat ini fokus pada tujuh bidang kerja sama praktis, yaitu Keamanan Maritim, Penanggulangan Terorisme, Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana, Operasi Penjaga Perdamaian, Kedokteran Militer, Aksi Kemanusiaan, dan Keamanan Siber.

Prabowo juga tercatat menghadiri wisuda mahasiswa Indonesia pertama lulusan Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris, salah satu akademi militer tertua dan tercanggih di dunia.

Dua di antaranya berasal dari Sekolah Militer Magelang (Akmil), yakni Letkol Infantri Rafi Pratama Insan dan Infanteri Muhammad Fadlan Mairubi.

Dalam laman Instagramnya, Prabowo pernah menggambarkan Royal Military Academy Sandhurst (RMAS) di Inggris sebagai salah satu sekolah militer tertua dan terbesar di dunia.

Wakil Menteri Pertahanan RI M Herindra pada Kamis (3/7/2024) menjamu Duta Besar Inggris, Dominic Jermey CVO OBE, bersama delegasi Inggris di Kementerian Pertahanan di Jakarta.

Herindra menjelaskan dalam pertemuan tersebut, Inggris merupakan sekutu strategis yang sangat penting bagi Indonesia sejak tahun 1960-an, khususnya di bidang keamanan.

Herindra memahami kerja sama keamanan kedua negara mencakup banyak bidang dan membuka peluang kerja sama. Wakil Menteri Pertahanan RI, M Herindra, pada Kamis (7/3) menyambut Duta Besar Inggris, Dominic Jermey CVO OBE, bersama delegasi Inggris di kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jakarta . . /2024). (kemhan.go.id)

Sebelumnya pada Jumat (3/11/2023), Herindra juga bertemu dengan Dominic di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. 

Dominic didampingi Menteri Pertahanan Inggris Kolonel Paul Reynolds, Direktur Pembangunan Ekonomi Inggris Richard Michael, Menteri Pertahanan dan Keamanan Inggris Tim Maile. 

Herindra dan Dominic antara lain membahas penguatan kerja sama industri pertahanan Indonesia dan Inggris. 

Sebelumnya, kedua negara menandatangani beberapa perjanjian mengenai beberapa produk industri pertahanan.

Selain itu, Dominic juga menyampaikan harapannya untuk terus memperluas kerja sama dengan Kementerian Pertahanan, dan dapat meningkatkan metode kerja sama baru.

Beberapa produk pertahanan baru yang disediakan Inggris antara lain Pesawat Angkut Berat C130J dan Airbus A400M, Satelit Pertahanan, Artileri Pertahanan Udara, dan Fasilitas Militer Angkatan Udara Inggris. 

Dominic juga memaparkan perkembangan program perawatan pesawat Hawk 100/200 dan kesepakatan proyek bersama produksi Skuadron Arrowhead 140 untuk pembuatan 2 kapal pesanan Kementerian Pertahanan RI.

Terkait kerja sama alutsista, tercatat pada 1 September 2023, Kementerian Pertahanan RI dan PT BTI Indo Tekno menandatangani perjanjian pembelian Submarine Rescue System (SRVS).

SVRS merupakan sistem angkatan laut yang berfungsi untuk mengevakuasi pelaut. 

Kontrak tersebut mencakup penyediaan pesawat penyelamat SRV-F Mk.3 dan pesawat khusus (Uwa) yang dirancang untuk mendukung operasi penyelamatan darurat angkatan laut.

Kemudian pada tanggal 16 September 2021, PT PAL Indonesia (Persero) menandatangani perjanjian lisensi dengan Rosyth Royal Dockyard Ltd (Babcock) sebagai pemasok model Arrowhead 140 untuk pembelian 2 buah Fregat untuk Kementerian Pertahanan Indonesia. 

Penandatanganan dilakukan oleh CEO PT PAL Indonesia (Persero) Kaharuddin Djenod dan CEO Rosyth Royal Dockyard Ltd David Lockwood.

Prabowo Subianto menyaksikan langsung penandatanganan tersebut di London, Inggris.

Kementerian Pertahanan RI disebut telah sepakat memilih Babcock sebagai pemasok.

Perjanjian penjualan kapal tersebut tertuang dalam surat: TRAK/54/PLN/2020/AL antara Kementerian Pertahanan RI dan PT PAL Indonesia (Persero) pada tanggal 30 April 2020. 

Dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa tanggal efektif kontrak adalah 24 Mei 2021 dan pembangunan kapal direncanakan selama 69 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *