Layanan Mafindo, Chatbot WhatsApp ‘Kalimasada’ Bantu Warga Cek Hoaks

TRIBUNNEWS.COM – Organisasi anti pencemaran nama baik (Mafindo) memiliki layanan yang memudahkan warga mengetahui kebenaran suatu berita.

Diketahui, Mafindo merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya berita palsu (fake) dan menciptakan kekebalan terhadap penipuan di masyarakat Indonesia.

Mabundo menawarkan layanan yang disebut Kalimasada.

Layanan berupa chatbot di aplikasi WhatsApp ini juga menjadi cara Mafundo dalam memberikan budaya digital tentang kebohongan.

Apalagi di tengah maraknya misinformasi atau berita palsu.

Menurut anggota senior Mafindo Soloraya Niken Satyawati, layanan Kalimasada juga membantu masyarakat mengetahui kebenaran informasi yang diterimanya.

“Kami punya Kaliamasada, WA talk yang terhubung ke database Mafindo, nomor mesin. Jadi siapa pun bisa mengakses nomor ini (Kalimasada)..”

Saat menjadi narasumber Uji Pengetahuan Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Tunggal (PWI) Surakarta, Jumat (24/5/2025) ia mengatakan: “Dengan menggunakan kata kunci, Anda dapat dengan cepat mencari informasi secara mandiri.”

Niken mengatakan, selama ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan layanan Chatbot Kalimasada, terutama kalangan lanjut usia.

Karena dengan menggunakan Chatbot Kalimasada juga memudahkan orang dewasa dalam mencari informasi palsu.

“Para ibu-ibu lansia sangat senang saat menerima Kalimasada karena sering kali mencoba dengan kata-kata penting,” ujarnya.

Guru Besar Universitas Muhammadiyah Karanganyar, di Hotel Alila, Solo menjelaskan: “Cara ini (menampilkan chatbot) akan lebih mudah dan bagus untuk orang dewasa, karena mungkin terkadang mereka belum mengenal Google, tapi jika menggunakan WA”. .

Jadi, bagi para lansia jangan khawatir, layanan ini mudah diakses. Warga cukup menggunakan aplikasi WhatsApp dan mengirimkan pesan ke nomor layanan Kalimasada.

Adapun informasi nomor Kalimasada adalah 085921600500.

Mabundo juga akan memberikan respon cepat kepada pengguna Chatbot Kalimasada.

Niken menuturkan, pihaknya bekerja sama dengan relawan di Indonesia.

Kami yakin melalui Kalimasada masyarakat dapat mengetahui kebenaran informasi yang diterimanya.

Tribunnews.com melakukan obrolan WhatsApp Kalimasada pada Jumat (24/4/2024) pukul 15.23.

Usai mengirimkan pesan ke nomor WA Kalimasada, Mafindo langsung membalasnya.

Chatbot menyediakan verifikasi informasi terkini dan saran anti-pemalsuan.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *