Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 150 151 152 153 Subtema 3 Pembelajaran 2 Buku Tematik

BERITA TRIBUN.

Terdapat 3 subtopik kelas 6 SD pada buku topik topik 9.

Topik Buku Topik 1 Topik Kelas 9 6 Sekolah Dasar Tata letak yang menakjubkan.

Untuk topik 2, benda-benda kosmik dan misterinya.

Terakhir, subjudul ke-3 adalah ikon Space Explorer.

Membaca 2 halaman 150 151 152 153 154 155 156 157 158 pada topik 3. Pertanyaan: Mari kita membaca

Menemukan teleskop pertama

Awalnya Frederick William Herschel, ilmuwan ini adalah seorang astronom Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 1738. Karena ketertarikannya yang besar terhadap benda-benda langit, ia membangun teleskop. Dia mengalami beberapa kegagalan dalam membangun teleskop. Namun, meski kegigihannya, teleskop yang diinginkannya akhirnya berhasil dibangun.

Herschel menemukan planet Uranus pada tahun 1782 dengan teleskopnya. Pertama, Matahari menamai planet ke-7 Seorgia Sidustan. Nama itu diberikan untuk menghormati Raja George III dari Inggris. Kemudian astronom Jerman Anna Bode mengusulkan nama “Uranus” untuk menghormati dewa Yunani kuno. William Herschel mengungkapkan kepada kita bahwa ada banyak misteri di alam semesta yang bisa terus dieksplorasi. mari kita berdiskusi

Setelah membaca artikel di atas, diskusikan dengan teman sekelasmu mengenai implikasi dari penemuan Herschel di atas. Menjawab:

Efek dari penemuan Herschel adalah kita dapat mencari dan melacak benda/benda langit di luar angkasa dengan lebih tepat. Ayo lakukan

William Hreschel menjelajahi luar angkasa dengan teleskop sebelum menemukan planet Uranus. Tahukah Anda bahwa para astronom membagi planet menjadi dua kelompok berdasarkan orbit asteroidnya? Kumpulan asteroid yang menyusun sabuk asteroid terletak di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini mengorbit Matahari.

Berdasarkan orbit asteroid tersebut, para astronom membagi planet tata surya menjadi dua kelompok: planet dalam dan luar. Planet dalam adalah planet di tata surya yang mengorbit pada asteroid. Planet dalam adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars. Selain itu, planet luar termasuk Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Tahukah kamu perbedaan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk asteroid, Anda bisa membedakannya dengan membaca dan mengisi informasi pada tabel di bawah ini. Menjawab:

1. Faktor skala

2. Faktor struktural

3. Faktor perantara

4. Baca faktor waktu

Tempat tanpa bayangan

Sayang Ina,

Hai Ina, apa kabarmu? Saya harap Anda menikmatinya sama seperti saya! Saya ingin menceritakan sebuah kisah yang menarik. Semoga kita bisa bertemu lagi lain kali, oke?

Saya baru saja pergi ke Pontianak. Ayahku membawaku ke tempat yang teduh! Nama yang lucu, ya! Anda pasti penasaran! Hal yang sama, aku penasaran. Sejak saya pergi, saya mencoba membayangkan seperti apa tempat itu nantinya.

Saya berkendara 30 menit untuk sampai ke suatu tempat. Aku bingung dan bertanya pada ayahku kenapa tempat ini seperti ini, aku bahkan tidak bisa membayangkannya. Tempat ini disebut Tugu Khatulistiwa. Ayahnya mengatakan, karena tugu ini terletak tepat di garis lintang 0°, maka tidak ada bayangan sama sekali.

Awalnya saya mengira tidak semua benda mempunyai bayangan permanen. Saya salah! Ini hanya terjadi dua kali dalam setahun. Yakni setiap tanggal 21 hingga 23 Maret dan 21 hingga 23 September. Posisi matahari berada di atas garis khatulistiwa pada hari itu. Saya teringat sebuah buku astronomi yang pernah kami baca bersama. Kota Pontianak merupakan salah satu kota yang melintasi garis khatulistiwa di Indonesia.

Di dalam, tahukah Anda siapa yang menemukan titik 0 ini? Konon posisi luar angkasa ini ditemukan pada tanggal 31 Maret 1928 oleh seorang ahli geologi Belanda dalam ekspedisi internasional. Pada mulanya, mereka merayakannya hanya dengan merayakan tanggal penting saja. Namun pada tahun 1938, tangga ini dibangun oleh arsitek kenamaan Indonesia Mr. F Silaban yang merancang dan membangun Masjid Istiklal dan Monumen Nasional (Monas).

Tapi jangan tertipu kalau ke sini, In. Seperti saya, menurut saya kekurangan terbesarnya adalah adegan aslinya yang dibuat oleh Pak F Silaban. Ternyata, monumen tersebut berukuran lima kali lebih besar dari aslinya, menandakan bahwa monumen sebenarnya ada di sana. Monumen besar tersebut merupakan bagian dari kubah pelindung monumen asli yang dibangun pemerintah pada tahun 1990.

Ya. Monumen ini terletak di Jalan Hatulistiva, Kecamatan Siantar, sekitar tiga kilometer dari Pontianak. Jadi aku peringatkan, kalau ke Pontianak jangan lupa ke sini ya. Sangat menyenangkan menghabiskan hari tanpa naungan!

Oke, aku akan mengakhiri ceritaku sekarang, ya? Sampai jumpa lagi!

Halo sayangku

Ayo pergi ke Arica

Pernahkah Anda menulis surat kepada teman atau saudara? , Atau menceritakan pengalaman Anda saat mengunjungi tempat-tempat menarik? Anekdot di atas akan membantu Anda mengingat kejadian serupa. Selesaikan tugas di bawah ini untuk memberi tahu kami tentang pengalaman Anda yang serupa dengan insiden pemblokiran di atas.

A. Dengan menggunakan diagram di bawah ini, uraikan dan jelaskan peristiwa-peristiwa dalam cerita di atas.

Perihal: Surat Arica kepada Ina tentang pengalamannya di Pontianak.

Karakter: Arika dan Ina

Lokasi: Pontianak

Alur maju

Perspektif: Orang pertama

Amanat : Berbagi pengalaman mengunjungi kota Pontianak yang menakjubkan dan indah

Gaya bahasa: makna literal

*) Tanggung jawab:

Artikel ini hanya dimaksudkan untuk membimbing orang tua dalam pendidikan anaknya.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sebagian besar merupakan pertanyaan terbuka.

Artinya masih ada beberapa alternatif jawaban lain yang tidak tetap seperti gambar di atas.

(Tribunnews.com, Andari Vulan Nugrahani)

Berita lain terkait buku tematik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *