Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Warga Labuan Lakukan Aksi Bersih Pantai

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Warga Desa Teluk, Kabupaten Pandeglang, Banten, turut meramaikan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 melalui Aksi Bersih-Bersih Pantai.

Aksi ini merupakan rangkaian perayaan HLH yang dimulai pada tanggal 5 Mei 2024 hingga 5 Juli 2024 bekerja sama dengan sektor yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dunia Usaha, Pemprov Banten, Pemkab Pandeglang, TNI, Masyarakat dan generasi muda.

Aksi Bersih Pantai merupakan program edukasi dan kampanye pelestarian pantai bagi masyarakat.

Aksi ini melibatkan 576 peserta dan juga dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Banten dan Bupati Pandeglang.

Kehadiran mereka bertujuan untuk mengajak masyarakat setempat menjaga kebersihan pantai dan konsisten menangani sampah.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan permasalahan utama timbulan sampah di Pantai Labuan berasal dari darat dan laut.

Sumber tanah muncul karena kurangnya pengetahuan dan tidak adanya partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah. Sedangkan sumber lautan berasal dari gelombang pasang dan tsunami tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, menurut Bupati Irna Narulita, tidak tinggal diam dan mengambil tindakan korektif dengan menerapkan tindak pidana ringan (Tipiring) dengan meminta retribusi kepada masyarakat yang masih tidak peduli membuang sampah sembarangan.

“Selain itu, Pemkab Pandeglang mempunyai program Selasa Bersih yang melibatkan masyarakat dalam pengabdian masyarakat untuk membersihkan lingkungan serta program pengelolaan sampah plastik hingga limbah bahan bakar yang menghasilkan 5 – 6 ton limbah briket per bulan dengan pendapatan. sebesar 6 miliar dijual PT PLN Banten Labuan sebagai alternatif batu bara,” kata Irna Narulita, Sabtu (6/8/2024). Interaksi dan Pendidikan

Para pimpinan unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam interaksinya dengan peserta dalam menyampaikan bahwa tindakan membersihkan pantai sesuai dengan slogan HLH 2024 , yaitu Tanah Kita, Masa Depan Kita atau Tanah Kita, Masa Depan Kita.

Slogan ini mengajak kita semua termasuk warga pesisir Pantai Labuan untuk menjaga pantai dari sampah guna menciptakan manfaat ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat nelayan karena kawasan Pantai Labuan akan dijadikan sebagai pusatnya. untuk pengolahan ikan dan wisata kuliner bahari.

Selain melaksanakan aksi bersih-bersih pantai, dilakukan pula penanaman simbolis 30 pohon Pinus Laut dan Ketapang untuk menjaga keteduhan dan kenyamanan Pantai Labuan.

Kampanye bersih-bersih Pantai Labuan mendapat dukungan dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang berkomitmen memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk mengelola pantai, khususnya di Pantai Labuan yang dekat dengan tempat operasinya.

Acara bersih-bersih pantai hari ini berhasil mengumpulkan 3.577 kg. Selain hari ini, pembersihan pantai juga dilakukan dengan alat berat pada Rabu dan Kamis (5 – 6 Juni 2024) yang berhasil membersihkan 102 ton sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *