Jawaban, Apa yang Berbeda Antara Kegiatan Mengajar Anda dan Pembelajaran Projek Profil? Soal PMM

TRIBUNNEWS.COM – Menurut Anda, bagaimana perbedaan kegiatan belajar mengajar yang Anda lakukan selama ini dengan desain alur pembelajaran proyek profil Anda? Berikut contoh jawaban atas pertanyaan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Guru akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika mereka menyelesaikan cerita reflektif dari Modul 2 Merancang Proyek Penguatan Profil Pancasila Siswa di PMM.

Pada pertanyaan ini guru diminta menuliskan jawabannya sesuai dengan status guru selama mengajar.

Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat menyelesaikan PMM.

Dengan PMM, guru dapat menerima bimbingan pembelajaran, mencocokkan pembelajaran dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru. Narasi Reflektif Menurut Anda, bagaimana perbedaan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan selama ini dengan desain alur pembelajaran proyek profil?

Menjawab:

1. Tujuan pembelajaran yang berbeda-beda

Dalam kegiatan belajar mengajar tradisional, tujuan pembelajaran biasanya terfokus pada pemahaman konsep dan peningkatan pengetahuan siswa.

Dalam desain alur pembelajaran proyek profil yang sama, tujuan pembelajaran lebih berorientasi pada pengembangan keterampilan, sikap dan nilai tertentu, seperti kreativitas, keterampilan berpikir kritis, kerja sama tim atau kepemimpinan.

2. Metode pengajaran yang berbeda

Dalam cara belajar mengajar tradisional, metode pengajaran yang umumnya digunakan adalah ceramah, diskusi kelas, dan latihan individu.

Pada saat yang sama, dalam desain alur pembelajaran proyek profil, metode pembelajaran lebih bervariasi dan sering kali mencakup proyek yang mendorong siswa untuk berkolaborasi, menciptakan sesuatu, atau menyelesaikan tugas-tugas praktis yang penting untuk mengembangkan profil yang diinginkan.

3. Peran guru yang berbeda-beda

Dalam kegiatan belajar mengajar tradisional, peran guru sebagai instruktur yang menyampaikan pengetahuan kepada siswa cenderung mendominasi.

Pada saat yang sama, peran guru dalam merancang alur pembelajaran proyek profil seringkali lebih merupakan asisten atau pembimbing yang membimbing siswa dalam proses pembelajaran, memberikan umpan balik dan mendukung mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran.

4. Evaluasi pembelajaran yang dibedakan

Dalam pendekatan tradisional dalam belajar mengajar, penilaian pembelajaran sering kali lebih berfokus pada penilaian pengetahuan siswa, misalnya melalui ujian atau tes tertulis.

Dalam desain alur pembelajaran proyek profil yang sama, penilaian pembelajaran lebih berorientasi pada evaluasi keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang telah dikembangkan siswa selama proses pembelajaran, misalnya melalui tugas proyek, presentasi atau portofolio.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh jika guru menghadapi pertanyaan serupa di platform Merdeka Mengajar. Guru dapat menjawab pertanyaan serupa dengan jawaban sesuai ketentuan mereka sendiri.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *