Apa dampak dua tahun Perang Ukraina terhadap hubungan China dan Rusia?

Kamis ini (16/05) Presiden Rusia, Vladimir Putin, memulai kunjungan kenegaraan selama dua hari ke Beijing untuk bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping.

Ini merupakan kunjungan kedua Putin ke Tiongkok dalam tujuh bulan sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari 2022 dan merupakan pertemuan keempat Putin-Xi.

Saat ini, Beijing telah menjadi mitra penting bagi Moskow.

Tiongkok menolak mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan terus melakukan perdagangan dengan Rusia di bawah sanksi berat dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Namun, tampaknya Putin menginginkan lebih. Namun apakah Tiongkok siap menanggung konsekuensinya? Hubungan diperkuat

Mungkin tidak mengherankan jika Putin memilih Tiongkok sebagai tujuan kunjungan luar negeri pertamanya setelah dilantik untuk masa jabatan kelima sebagai presiden pekan lalu.

Putin mengatakan kepada media pemerintah Tiongkok bahwa kunjungan kenegaraan dua hari itu terjadi ketika hubungan kedua negara mencapai “titik tertinggi sepanjang masa”.

Putin mengatakan dia tertarik pada seni bela diri dan filsafat Tiongkok, dan beberapa anggota keluarganya belajar bahasa Mandarin.

“Dalam kondisi internasional yang sulit, hubungan kita masih kuat,” ujarnya.

Meski Putin bercerita tentang persahabatan kedua negara, Xi punya alasan untuk khawatir.

Amerika Serikat baru saja mengumumkan serangkaian sanksi baru terhadap sejumlah bank dan perusahaan di Beijing dan Hong Kong yang bekerja sama dengan Moskow, yang diduga membantu menghindari sanksi terkait rangkaian sanksi tersebut.

Sebab, meski Tiongkok tidak menjual senjata ke Rusia, Washington dan Brussels yakin Tiongkok mengekspor teknologi dan komponen penting untuk perang.

Dalam kunjungannya baru-baru ini ke Beijing, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mengatakan kepada BBC bahwa Tiongkok menjadi “ancaman keamanan terbesar” bagi Uni Eropa sejak Perang Dingin.

Bagi mereka, hal ini sudah melampaui batas. Namun Tiongkok tegas dalam pendiriannya bahwa ekspornya, yang memiliki kegunaan teknologi di luar perang, tidak melanggar aturan.

Kelompok yang skeptis terhadap Tiongkok juga menjadi lebih vokal ketika Uni Eropa sendiri mempertimbangkan tarif, sehingga mendorong Xi untuk memberikan tekanan lebih besar pada Rusia.

Faktanya, lesunya perekonomian Tiongkok tidak mampu menahan tekanan terhadap mitra dagangnya, Rusia. Permintaan dalam negeri yang lemah berarti mereka membutuhkan pasar di luar negeri.

Semua ini menempatkan Xi pada posisi yang canggung. Menemukan batasan

Beberapa hari sebelum Rusia menyerang Ukraina, kedua pemimpin mengumumkan kemitraan “tanpa batas” untuk meningkatkan kerja sama. Hal ini masuk akal bagi kedua negara yang sama-sama memiliki ideologi anti-Barat.

Beijing masih memandang Moskow sebagai kunci untuk mengubah tatanan dunia yang dipimpin AS. Perdagangan kedua negara berkembang pesat.

Energi murah dari Rusia, termasuk pasokan gas yang berkelanjutan melalui pipa Siberia, telah menjadi keuntungan bagi Tiongkok.

Namun, ketika perang terus berlanjut, hubungan-hubungan ini tampaknya tidak “terkekang”. Analisis BBC menemukan bahwa istilah tersebut hampir menghilang dari media pemerintah.

“Meskipun Tiongkok mendukung tujuan untuk melemahkan pengaruh Barat, Tiongkok tidak setuju dengan beberapa taktik Rusia, termasuk ancaman untuk menggunakan senjata nuklir,” kata Zhao Tong, peneliti senior di Carnegie Endowment.

“Tiongkok sangat menyadari dampak reputasi dari pemberian dukungan tanpa syarat kepada Rusia dan akan terus meningkatkan upayanya untuk meningkatkan legitimasinya di panggung dunia.”

Dalam kunjungannya baru-baru ini ke Eropa, Xi mengatakan bahwa negaranya “bukanlah pencipta, pihak atau partisipan dalam krisis ini”.

Tiongkok pun tak henti-hentinya menyampaikan hal ini kepada warganya. ‘Rakyat Ukraina masih mengalami pendarahan’

Meski Tiongkok mengaku netral dalam perang antara Rusia dan Ukraina, bukan berarti simpati terhadap Ukraina mudah terlihat di media Tiongkok yang sangat disensor.

Media pemerintah Tiongkok masih membenarkan invasi Rusia, menyebutnya sebagai respons cepat Moskow terhadap ekspansi NATO yang didukung AS.

Ketika seniman Tiongkok Xu Weixin melihat ledakan dahsyat pertama di ibu kota Ukraina, Kiev, di televisi pada tahun 2022, dia merasa harus mendokumentasikannya.

“Saya tidak punya senjata, tapi saya punya pena,” katanya kepada BBC dari studionya di AS.

Foto pertamanya, foto Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, menjadi viral di media sosial.

“Saya telah melukis setiap hari sejak awal perang. Saya tidak berhenti satu hari pun. Bahkan ketika saya terkena Covid, ketika saya pergi ke luar negeri, saya melukis setiap hari.”

Meskipun karya seninya tidak disensor di Tiongkok, reaksinya mengejutkannya.

“Ini sangat berbeda dengan pengalaman saya sebelumnya,” ujarnya.

“Saat saya melukis tentang penambang batu bara, semua komentar yang saya dapat positif. Lukisan Revolusi Kebudayaan saya juga mendapat pujian. Saya hampir tidak mendapat kritik apa pun.”

Namun kali ini, kata dia, mendapat jawaban negatif. “Tidak apa-apa, saya blokir saja,” ujarnya.

“Beberapa teman saya tidak lagi berteman dengan saya karena mereka berbeda pandangan. Tapi apa yang bisa saya lakukan? Saya yakin saya melakukan hal yang benar. Saya ingin menjadi teladan bagi putri saya.”

Ini adalah tanda harapan bagi warga Ukraina seperti Vita Golod, yang ingin mempengaruhi opini Tiongkok. Dia berada di Kiev ketika perang pecah dan memutuskan untuk menggunakan kefasihan berbahasa Mandarinnya untuk menerjemahkan berita Ukraina ke dalam bahasa Mandarin sehingga dia dapat membagikannya di media sosial.

“Kami ingin orang-orang mengetahui kebenaran tentang perang ini karena kami tahu bahwa tidak ada media atau outlet media Ukraina di Tiongkok,” katanya kepada BBC saat berkunjung ke Beijing.

Dia saat ini menjabat sebagai presiden Asosiasi Sinolog Ukraina.

“Sejujurnya ini sulit secara emosional, dan membutuhkan banyak waktu,” katanya.

Sebuah tim yang terdiri dari sekitar 100 orang menerjemahkan berita resmi, pidato Presiden Zelensky, dan cerita tentang warga Ukraina biasa yang terjebak di zona perang, tambahnya.

Dia mengatakan dia berharap dapat mengatur kunjungan para sarjana Tiongkok ke Ukraina sehingga mereka dapat melihat kehancuran di Ukraina dan pada akhirnya membantu memberikan tekanan pada Rusia.

Dia menyadari ini adalah tujuan yang ambisius, namun ingin mencobanya. Kakak laki-lakinya berada di garis depan dan orang tuanya masih tinggal di kampung halaman dekat Bucha.

“Warga di Ukraina masih menderita, mereka masih bersembunyi di tempat penampungan, mereka masih tinggal di parit. Ukraina membutuhkan sanksi terhadap Rusia, bukan kata-kata manis.

Sejauh ini, karyanya belum disensor, yang menunjukkan toleransi pemerintah Tiongkok. Xi, penjaga perdamaian

Suara-suara lain yang keluar dari Beijing menunjukkan bahwa keretakan mungkin muncul sehubungan dengan sejauh mana beberapa segmen masyarakat Tiongkok, setidaknya, bersedia mendukung hubungan tanpa batas ini.

Feng Yujun, direktur Pusat Studi Rusia dan Asia Tengah di Universitas Fudan, baru-baru ini menulis di The Economist bahwa Rusia akan kalah di Ukraina.

Ini adalah pendapat yang berani di Tiongkok.

Namun kemudian Xi menyarankan agar ia bisa menjadi orang yang cinta damai.

Maret lalu, beberapa hari setelah kunjungan kenegaraannya ke Moskow, ia menelepon Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan menekankan bahwa Tiongkok “selalu mendukung perdamaian”.

Tiongkok juga menerbitkan rencana perdamaian 12 poin yang menentang penggunaan senjata nuklir.

Namun ketika Putin dan Xi bertemu minggu ini, kecil kemungkinan keduanya akan memberikan sinyal perubahan kebijakan yang signifikan.

Ketika negara-negara Barat semakin waspada terhadap aliansi mereka dan harapan Xi untuk berperan sebagai pembawa perdamaian sejauh ini telah gagal, ia akan memperhitungkan bahayanya jika berdiri bahu-membahu dengan negara-negara yang dulu ia sekutu dan sebut sebagai “karyawan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *