Atmosfer Keseruan Penutupan NUDC 2024, UT Terima Penghargaan dari BPTI

TRIBUNNEWS.COM – Turnamen Debat Perguruan Tinggi Nasional telah berakhir setelah berlangsung selama seminggu. Pasalnya Universitas Terbuka (UT) bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyelenggarakan Kompetisi Debat Universitas Nasional (NUDC) pada Konferensi Universitas Terbuka. (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangsel. 

NUDC akan dilaksanakan mulai Senin 27 Mei 2024 hingga 1 Juni 2024. NUDC tahun ini beranggotakan mahasiswa UT sebagai Organizing Committee (OC), Liaison Officer (LO) dan President, selain dosen dan staf akademik. Unit kerja yang berbeda-beda di lingkungan UT Pusat.

NUDC 2024 diikuti oleh 112 tim terbaik dari seluruh universitas se-Indonesia, melewati berbagai babak mulai dari pra final hingga final, dan NUDC 2024 resmi ditutup pada malam tanggal 1 Juni 2024. Diselenggarakan di Open University Conference Center (UTCC), UT Pusat, Tangsel. 

Acara penutupan NUDC yang digelar dengan acara penyerahan penghargaan kepada para pemenang NUDC 2024 ini berlangsung dengan sangat antusias. Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D., staf ahli bidang manajemen talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menghadiri acara penutupan dan pemberian penghargaan; Kepala Pusat Kinerja Nasional (PUSPRESNAS) Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si.; Pimpinan dan jajaran Pusat Pengembangan Bakat Indonesia (BPTI), pimpinan Universitas Terbuka, Ketua Dewan Akademik UT, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UT serta pimpinan perguruan tinggi dan perwakilan lembaga, wasit dan mitra NUDC 2024. 

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Bijaksabara Hikmawan, S.IP. dan Ayubi Cakradiwati, S.Hum., M.Ed. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Raya Indonesia Hymne UT, dilanjutkan dengan pemutaran video Rekap NUDC 2024.

Rektor UT yang diwakili oleh Wakil Rektor UT 3 Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan menyampaikan pidato perpisahan. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si.

Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Indonesia Talent Development Center, National Performance Center yang telah memberikan kepercayaan kepada UT sebagai tuan rumah NUDC 2024. Beliau juga menegaskan komitmen UT untuk mendukung dan melaksanakan kegiatan nyata PTN-BH. Program Kemendikbudristek antara lain menyelenggarakan kompetisi bakat.

Beliau berpesan, “Walaupun NUDC 2024 telah berakhir, semoga kita dapat terus berusaha, berkarya, terus menjadi pionir perubahan dan proaktif dalam melahirkan ide-ide besar untuk masa depan Indonesia,” ujarnya. 

Beliau juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat yang berhasil melaksanakan NUDC 2024 dari awal hingga akhir, karena kesuksesan dan terselenggaranya NUDC 2024 tidak terlepas dari kerja keras dan kerjasama berbagai pihak, serta memberikan sumbangan kepada NUDC 2024. Komite.

Pada kesempatan tersebut, UT menerima penghargaan dari BPTI yang diserahkan oleh staf ahli bidang manajemen talenta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D. dan Profesor Kepala, Pusat Kinerja Nasional. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si. 

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor UT 3 Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Paken Pandiangan, S.Si., M.Si. CEO NUDC 2024 Anto Hidayat, S.IP., M.Si sekaligus menerima penghargaan dari BPTI. Profesor Paken menambahkan, “Penghargaan ini tentunya menjadi sebuah prestasi dan pengakuan bagi UT sekaligus mengukuhkan bahwa UT sukses menjadi tuan rumah ajang pencarian bakat bergengsi nasional NUDC 2024. “

Usai penyerahan penghargaan, dilanjutkan komentar Staf Ahli Bidang Manajemen Bakat Kemendikbud Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para finalis dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan NUDC 2024. Ia pun mengungkapkan rasa senangnya bisa bertemu langsung dengan mahasiswa seluruh wilayah Indonesia yang berkompetisi di NUDC 2024. Beliau juga menyampaikan, “Terima kasih kepada UT yang telah menyelenggarakan dan mensosialisasikan NUDC 2024 dengan penuh semangat.” 

Ia berharap kerja sama dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan BPTI terus berlanjut dalam rangka penyelenggaraan ajang pencarian bakat. Hal ini harus dilakukan secara serius untuk melahirkan talenta-talenta emas Indonesia yang mampu berkiprah di tingkat nasional dan internasional. Ucapannya sekaligus menandai penutupan resmi pelaksanaan NUDC 2024.

Acara puncaknya adalah pengumuman pemenang NUDC 2024 yang diawali dengan penyerahan Roderick Cibarani Award sebagai bentuk penghormatan lebih lanjut kepada para debater. Penghargaan diberikan kepada Break Team 1sr Universitas Gadjah Mada yaitu Brian Hose Antonio Hambur dan Jaso Valentino Samvero serta Presiden Juri NUDC 2024, Prof. Rachmat Nurcahyo, S.S., M.A.

Kemudian, Penghargaan Kritikus Institusional Terbaik diberikan dari 10 besar. Pemenang utama adalah Raziq Othman Ali dari Universitas Diponegoro yang menerima penghargaan yang diserahkan oleh CEO NUDC 2024, Anto Hidayat, S.IP., M.Si.

Sementara itu, berikut pemenang kategori NUDC 2024: Pembicara Terbaik Kategori: Kathleen Yasmin Pembicara Terbaik Secara Keseluruhan bernama University President, Kategori Terbuka: Universitas Gadjah Mada bernama Brian Hose Antonio Hambur Novice Competition: Universitas Gunadarma atas nama Ariel Davis Suntoro, Muhammad Kompetisi Terbuka Khafidz Al Gifani: Universitas Kristen Indonesia untuk Fransiska Anastasia Hutabarat dan Ramazan Bayram Sofiano

Kemeriahan acara semakin lengkap dengan hadirnya bintang tamu yaitu IDGITAF yang sangat membantu memeriahkan dan merasakan keseruan suasana NUDC Event 2024.

Rangkaian acara NUDC 2024 tentunya menjadi trend bagi mahasiswa untuk terus berkarya, berinovasi dan memperluas jaringan profesionalnya. NUDC 2024 merupakan pengalaman berharga dan kesempatan bagi UT untuk menunjukkan profesionalisme dan kompetensinya sebagai tuan rumah ajang pencarian bakat bergengsi NUDC 2024. 

Semua ini tentunya berkat dukungan, partisipasi dan donasi dari panitia, mitra kerja serta BPTI Kemendikbudristek atas kepercayaannya kepada UT sehingga acara dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. UT dipastikan siap kembali menjadi tuan rumah event tingkat nasional di masa mendatang. UT siap menyelenggarakan acara ini dengan lebih baik lagi pada kesempatan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *