Pendidikan PAUD jadi Masa Emas Pembentukan Karakter Anak

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang perlu dicapai anak, sebelum masuk Sekolah Dasar (SD), anak biasanya menempuh jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Inspektur Pendidikan Donnie Kosoma mengatakan PAUD sangat penting untuk pembentukan karakter anak. Jadi menurut orang tua, mereka harus bisa memaksimalkannya.

“PAUD merupakan masa emas pembentukan karakter anak, fase ini perlu dimaksimalkan dalam pembentukan karakter,” kata Dhoni dalam keterangannya, Senin (13/5/2024).

Menurutnya, kesejahteraan fisik dan mental anak akan meningkat jika bermain dan belajar dengan aktivitas yang tepat.

“Anak dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti bersosialisasi, berlari, permainan kooperatif, mengenali dan membedakan benda, berjalan di tempat teduh, dan lain-lain.”

Untuk itu, putri ketua Yayasan Sahabat Anak Kecil, Emilia Asteria, mendirikan sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) bernama Cheeky Peaky Playhouse.

“Cheeky Picky Playhouse merupakan sekolah untuk anak usia dini 0-3 tahun yang terinspirasi dari kurikulum Reggio Emilia,” kata Emilia dalam keterangannya, Sabtu, 11 Mei 2024.

Dalam kurikulum Reggio Emilia, pembelajaran dan perkembangan anak diarahkan pada diri sendiri dan didasarkan pada minat, pemikiran, dan ide mereka yang dapat membantu menciptakan pengalaman kelas yang positif dan menarik dalam pembelajaran.

Emilia mengatakan, alasan mendirikan Cheeky Picky Playhouse karena ingin memfasilitasi para ibu muda yang ingin memberikan stimulasi yang tepat kepada anaknya untuk tumbuh dan berkembang.

“Namun, belum banyak tempat yang menawarkan hal tersebut, apalagi yang mampu menampung tingkat kemampuan dan aspirasi anak,” ujarnya.

Dijelaskannya, alasan dinamakan Cheeky Peeky Playhouse karena ingin merangsang rasa ingin tahu pada anak dengan mengambil nama dari game Peekaboo.

“Jadi kami mengadopsi filosofi permainan cilukba dimana anak belajar dan menjalin ikatan dengan orang tuanya yang sangat bermanfaat bagi perkembangannya,” kata Emilia.

Selain menawarkan program sekolah untuk anak usia 0-3 tahun, Emilia mengatakan pihaknya juga menawarkan kegiatan kelas pengayaan sepulang sekolah untuk anak usia 3-8 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *