All Eyes on Rafah: Di balik unggahan yang dibagikan lebih dari 47 juta orang di Instagram

Sebuah gambar buatan AI yang menunjukkan tenda-tenda pengungsi Palestina dengan tulisan ‘Semua mata tertuju pada Rafah’ menjadi perbincangan di media sosial.

Postingan ini telah dibagikan lebih dari 47 juta kali oleh pengguna Instagram termasuk selebriti seperti Dua Lipa, Lewis Hamilton, serta Gigi dan Bella Hadid.

Gambar dengan judul tersebut beredar pasca serangan pesawat tempur Israel terhadap kamp pengungsi Palestina di selatan kota Rafah, Gaza, awal pekan ini.

Kementerian Kesehatan Hamas menyebutkan sedikitnya 45 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam insiden tersebut. Israel mengatakan pihaknya menargetkan dua komandan Hamas dan kebakaran itu mungkin disebabkan oleh ledakan kedua.

Serangan Israel ini menuai kecaman internasional, namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggambarkannya sebagai “kecelakaan yang mengerikan”.

Setelah kejadian tersebut, gambar ini menjadi viral. Bagaimana slogan ‘Semua mata tertuju pada Rafah’ dimulai?

Insiden tragis di Rafah awal pekan ini mendorong orang-orang mengunggah rekaman video Richard Pepperkorn, perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia di wilayah Palestina yang diduduki Israel.

Berbicara kepada pers pada bulan Februari, dia mengatakan “mereka semua berada di Rafah”, mengacu pada tindakan tentara Israel.

Dari markas besar PBB di Jenewa, Pepperkorn mengatakan dia khawatir akan adanya “kerusakan yang tidak terbayangkan” jika tentara Israel melancarkan serangan besar-besaran ke kota tersebut.

Para pejabat dan aktivis telah berulang kali mengulangi kata-kata Pepperkorn mengenai keprihatinan dan penolakannya terhadap serangan tentara Israel di Rafah, yang dimulai tiga minggu lalu.

Beberapa bulan setelah Peppercorn menggunakan kalimat ini, nyanyian ‘Semua mata tertuju pada Rafah’ mulai diteriakkan di berbagai protes di seluruh dunia dan di media sosial.

Namun, dalam beberapa hari terakhir, judul tersebut menjadi viral di media sosial berkat gambar AI. Berdasarkan hitungan Instagram pada Kamis (30/05) sore, sudah lebih dari 47 juta netizen yang membagikan foto tersebut.

Beberapa aktor terkenal yang menyebarkan foto tersebut dengan caption antara lain aktor Amerika Mark Ruffalo, aktris India Priyanka Chopra, dan aktris Suriah Kinda Aloush. Bagaimana foto itu menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir?

Para ahli yang berbicara kepada BBC mengatakan bahwa ada banyak alasan yang menjelaskan mengapa ‘semua mata tertuju pada pesan Rafah’ terlibat dalam jangka waktu singkat.

Ini termasuk mode foto yang dihasilkan AI, teks yang mudah, pengguna Instagram dapat berbagi postingan hanya dalam beberapa klik, dan unggahan populer.

Namun menurut Anastasia Kawada, pengajar program pascasarjana di bidang media, kampanye, dan perubahan sosial di Universitas Westminster, faktor terpenting adalah waktu dan konteks politik dari unggahan tersebut.

Ia mengatakan, pesan tersebut datang di saat banyak orang yang sedang meluapkan kemarahannya atas pemberitaan penyerangan kamp pengungsi Palestina di Rafah.

Maher Namri, seorang konsultan pemasaran elektronik dan privasi, berbagi pandangan ini, menekankan pentingnya konferensi dan jaringan yang mengikutinya.

“Serangan pada hari Minggu di Rafah menyebabkan banyak kesedihan,” kata Namari kepada BBC Arab, sambil menambahkan, “Apakah AI membantu postingan tersebut menjadi viral?”

Para ahli mengatakan apa yang membuat pesan ‘Semua mata tertuju pada Rafah’ mudah dibagikan adalah gambar AI.

Gambar – yang memperlihatkan gurun pasir dan tenda dengan tulisan ‘Semua mata tertuju pada Rafah’ di atas – tidak menunjukkan kota Rafah yang sebenarnya.

Yang paling mengejutkan adalah tidak adanya mayat, darah, gambar orang sungguhan, nama atau gambar peristiwa tragis.

Hal ini pun menuai kritik dari banyak pihak.

Dr Paul Reilly, dosen senior bidang komunikasi, media dan demokrasi di Universitas Glasgow, mengatakan beberapa aktivis khawatir bahwa gambar-gambar tersebut tidak mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Ia mencontohkan beberapa hal yang banyak dimuat jurnalis Gaza di situs media sosial namun belum menjadi viral karena ‘semua mata tertuju pada Rafah’.

Menanggapi kritik tersebut, artis asal Malaysia yang membuat gambar tersebut – dikenal dengan nama shahv4012 – menulis dalam Instagram story yang dikutip majalah Time: “Ada orang yang tidak senang dengan gambar dan modelnya, jika saya iya, saya minta maaf kepada kalian semua.”

Ia menambahkan: “Apapun yang kalian lakukan, jangan mengungkit masalah Rafah lagi, sebarkan agar mereka terguncang dan takut menyebarkan kita semua.”

Meskipun gambar-gambar tersebut menunjukkan versi “terfilter” dari apa yang terjadi di Rafah, Dr Reilly mengatakan hal ini bisa menjadi keuntungan dari sudut pandang aktivis digital.

Sebab, menurutnya, gambar tersebut mudah dibagikan dan tidak melanggar aturan penggunaan Instagram sehingga media sosial tidak menghapusnya. Selain itu, gambar tersebut juga meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang ingin diatasi oleh para aktivis. Bagaimana Fitur Instagram Membantu Menyebarkan Kampanye Media Sosial?

Produk-produk yang dibuat oleh Instagram juga turut andil menjadikan postingan tersebut menjadi foto atau video viral.

Saat “shahv4012” memposting foto tersebut, dia menggunakan fitur “Tambahkan milik Anda” yang diluncurkan Instagram pada tahun 2021. Fitur ini memungkinkan pengguna lain untuk membagikan ulang foto tersebut hanya dengan beberapa klik.

Orang-orang juga dapat menambahkan judul dan tag mereka sendiri ke postingan, sehingga mudah untuk disesuaikan dan dibagikan.

Maher Namri, konsultan e-commerce dan privasi, mengatakan penggunaan fitur ini merupakan perkembangan baru dalam perang politik atau sosial.

“Dalam kebanyakan kasus, siapa pun yang mulai menggunakan fitur-fitur ini untuk tujuan politik memiliki niat untuk berkontribusi pada peluncuran kampanye besar-besaran. Karena [pesan-pesannya] memiliki efek yang nyata,” katanya. Dia menjelaskan: Saya memperhatikan Anda?

Kampanye kecil anti-terorisme diluncurkan di media sosial sebagai tanggapan terhadap slogan ‘Semua mata tertuju pada Rafah’.

Gambar tersebut, juga dibuat menggunakan AI, menunjukkan tulisan: “Di mana pandangan Anda pada tanggal 7 Oktober?”. Vonis tersebut merujuk pada serangan Hamas di Israel selatan yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik 252 orang lainnya.

Foto yang kabarnya dibuat oleh pengguna Instagram Israel Benjamin Jamon itu memperlihatkan seorang pria bersenjata berdiri di depan seorang anak yang ditahan di Gaza.

Foto ini telah dibagikan sekitar lima kali. Namun menurut media Israel, foto tersebut telah dihapus dari banyak akun, sementara halaman Instagram Jamon telah diblokir.

Belakangan, unggahan itu muncul lagi. Perusahaan induk Instagram, Meta, mengatakan: “Foto ini tidak melanggar kebijakan kami” dan mereka “sedang berupaya memahami masalah teknis yang menyebabkan” foto tersebut dihapus “karena kesalahan.”

Setidaknya 36.170 orang telah tewas di Gaza sejak dimulainya konflik, menurut kementerian kesehatan Hamas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *