Tak Takut Gertakan Barat, Vladimir Putin Perintahkan Latihan Nuklir Taktis ke Perbatasan Ukraina

TRIBUNNEWS.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan ketidaksenangannya atas intimidasi negara-negara Barat, Amerika Serikat, dan sekutunya yang menekan Rusia atas konflik antara Rusia dan Ukraina saat ini.

Sebagai tanggapan, Vladimir Putin memerintahkan militer Rusia untuk melakukan latihan nuklir taktis cepat pada Senin, 6 Mei 2024, di zona militer selatan yang berbatasan dengan Ukraina.

Perintah tersebut merupakan pesan yang kuat dan jelas kepada negara-negara Barat mengenai konsekuensinya jika mereka terus melakukan intervensi untuk membantu Ukraina.

Perintah untuk melakukan latihan nuklir taktis cepat ini dimaksudkan sebagai peringatan kepada AS dan sekutunya agar tidak terlibat lebih jauh dalam konflik di Ukraina.

Informasi ini diberikan oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan Rusia.

Kremlin telah berulang kali menyatakan bahwa meskipun negara-negara Barat berulang kali menuduh Rusia menciptakan ancaman nuklir, doktrin nuklir Moskow diperkenalkan pada Juli 2020 dan tetap tidak berubah.

Menurut Moskow, latihan nuklir taktis tersebut bertujuan untuk menyempurnakan “aspek praktis dalam mempersiapkan dan mengerahkan senjata nuklir non-strategis.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa mereka juga akan meningkatkan kesiapan peralatan dan personel untuk “memastikan integritas dan kedaulatan Rusia.”

Latihan tersebut akan berlangsung di Distrik Militer Selatan yang berbatasan dengan Ukraina.

Berkantor pusat di Rostov-on-Don, ini adalah distrik militer terkecil di Rusia dan mencakup wilayah Krimea, Kaukasus, Rostov, Volgograd, dan Krasnodar, serta Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang baru diakui. .). , wilayah Kherson dan Zaporozhye.

Hulu ledak, diukur dalam kiloton TNT – senjata nuklir taktis seperti yang digunakan Amerika Serikat melawan Jepang pada bulan April 1945 melawan Hiroshima dan Nagasaki.

Mereka dimaksudkan untuk digunakan terhadap sasaran di medan perang, baik formasi lapangan atau unit tempur yang diperkuat.

Hulu ledak nuklir taktis dengan hasil berkisar antara 5 hingga 50 kg dapat dipasang pada rudal balistik 9M723-1 atau rudal jelajah 9M728, keduanya ditembakkan dari kompleks Iskander-M.

Hulu ledak serupa dapat membawa rudal jelajah Kh-47M2 Kinzhal dan rudal jelajah Kh-32 yang dibawa oleh pesawat pengebom Rusia.

Berbagai sistem rudal juga dapat membawa hulu ledak nuklir taktis seberat 2 hingga 2,5 kg yang dipasang pada meriam 152 mm dan mortir 240 mm.

Diperkirakan Rusia memiliki sekitar 6.000 hulu ledak nuklir dalam berbagai kapasitas.

Sebuah hulu ledak nuklir taktis yang tidak ditentukan dikerahkan ke Belarus tahun lalu sebagai tanggapan terhadap pengiriman uranium ke Ukraina oleh anggota NATO.

Amerika Serikat memiliki sekitar 180 hulu ledak nuklir taktis di enam pangkalan di Eropa: dua di Italia, satu di Belgia, masing-masing satu di Jerman, Belanda, dan masing-masing satu di Turki.

Pemerintah Warsawa menyatakan kesediaannya untuk menerima senjata tersebut, dan Moskow menjawab bahwa mereka menganggap Polandia sebagai target penting.

Pesan Rusia ke Barat

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Senin bahwa latihan nuklir taktis tersebut dilakukan “dalam konteks pernyataan agresif baru-baru ini oleh para pejabat Barat dan tindakan destabilisasi yang kuat oleh beberapa negara NATO.”

Kementerian tersebut menambahkan bahwa kebijakan “kekalahan strategis” Uni Eropa yang dipimpin AS terhadap Rusia telah menyebabkan krisis Ukraina “meningkat menjadi konflik militer terbuka” antara NATO dan Moskow.

Misalnya, kementerian mengutip pernyataan Polandia tentang kemungkinan penempatan senjata nuklir AS, serta pernyataan nuklir Perancis baru-baru ini dan pernyataan Presiden Emmanuel Macron tentang kemungkinan pengiriman pasukan dari Perancis dan negara-negara NATO lainnya. Doktrin nuklir Rusia

Menurut dekrit yang ditandatangani Presiden Vladimir Putin pada Juli 2020, persenjataan nuklir Moskow dimaksudkan untuk mencegah agresi asing terhadap Rusia.

Doktrin ini “bersifat defensif, menjaga potensi yang cukup untuk menjamin ancaman nuklir dan untuk melindungi kedaulatan dan keutuhan wilayah negara serta mencegah musuh potensial menginvasi Federasi Rusia (sekutunya) dan jika terjadi konflik militer, maka Federasi Rusia dan (atau) sekutunya akan menerima upaya untuk mencegah peningkatan permusuhan dan penghentiannya sebisa mungkin.”

Rusia menganggap senjata nuklir “hanya sarana intimidasi” dan menganggap penggunaannya sebagai “tindakan ekstrem dan koersif,” kata dekrit tersebut.

Doktrin tersebut menguraikan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh presiden Rusia untuk mengizinkan penggunaan senjata atom.

Yang paling penting, Pasal 17 menyatakan bahwa Rusia “memiliki hak untuk menggunakan senjata nuklir terhadap Rusia dan/atau sekutunya, serta terhadap penggunaan senjata nuklir dan jenis senjata pemusnah massal lainnya, tergantung pada keadaannya.” “Ketika Federasi Rusia Menggunakan Senjata Konvensional untuk Mengancam Keberadaan Negara.”

Tuduhan dan penyangkalan Barat bahwa Rusia memiliki senjata nuklir

Sejak meningkatnya konflik di Ukraina pada Februari 2022, Amerika Serikat menuduh Rusia menggunakan senjata nuklir dan bahkan mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir taktis terhadap pemerintah di Kiev.

Moskow telah berulang kali menolak gagasan tersebut dan menyebutnya sebagai spekulasi tidak berdasar.

Misalnya, seorang reporter CNN melaporkan pada bulan Maret bahwa Washington telah memulai “persiapan lebih dekat” mengenai kemungkinan Rusia menggunakan senjata nuklir di Ukraina pada akhir tahun 2022, dengan pasukan Kiev bergerak menuju Kharkiv dan Kherson.

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa meskipun terdapat “berbagai situasi” di medan perang, “penggunaan senjata nuklir taktis tidak pernah terpikir olehnya.”

Dalam pidatonya di hadapan anggota parlemen Rusia pada akhir Februari, Putin menuduh negara-negara Barat berusaha menyebabkan bencana nuklir.

“Semua yang Anda pikirkan saat ini justru menakuti dunia, bahkan menciptakan risiko konflik yang melibatkan senjata nuklir dan kehancuran peradaban. Apakah kamu tidak mengerti itu? Kata Presiden Rusia saat itu.

Awal tahun ini, ketika Kongres memperdebatkan rancangan undang-undang bantuan militer senilai $61 miliar untuk Kiev, Amerika Serikat tidak secara eksplisit menuduh Rusia memiliki kemampuan nuklir rahasia di luar angkasa.

Kremlin membantah rumor tersebut dan menyebutnya salah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *