Jawaban, Apa Hal yang Biasanya Membuat Anda sebagai Guru Teralihkan dari Tugas Mengajar? Soal PMM

TRIBUNNEWS.COM – Salah satu proses pengaturan diri pada fase tindakan adalah pengaturan diri. Hal-hal apa yang cenderung mengalihkan perhatian Anda dari tujuan/tugas Anda?

Guru dapat menemukan contoh soal di atas ketika menyelesaikan Modul 2 cerita reflektif untuk pemahaman mandiri siswa di PMM.

Dalam pertanyaan ini, guru diminta untuk menuliskan jawaban tentang bagaimana perilaku guru ketika mengajar di kelas.

Jawaban pada artikel ini hanya dimaksudkan sebagai panduan bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan seperti di atas saat menyelesaikan PMM.

Dengan PMM, guru dapat menerima rujukan pengajaran, menyesuaikan pengajaran dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru. Cerita pemikiran Salah satu proses pengaturan diri pada tahap tindakan adalah pengaturan diri. Hal-hal apa yang cenderung mengalihkan perhatian Anda dari tujuan/tugas Anda?

Jawaban : 1. Gangguan pada lingkungan kelas :

Ketika saya mengajar, perhatian saya dapat terganggu oleh suara-suara, hal-hal di luar kelas, atau masalah perilaku siswa. 2. Pikiran yang mengembara:

Terkadang saya dapat mencoba memikirkan hal-hal di luar lingkungan kelas yang dapat mengalihkan perhatian saya dari pembelajaran yang sedang berlangsung. 3. Teknologi:

Meskipun teknologi bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk belajar, teknologi juga bisa sangat mengganggu perhatian dari perangkat elektronik seperti ponsel atau laptop. 4. Stres atau kecemasan pribadi:

Masalah pribadi atau stres ekstrakurikuler dapat mengalihkan perhatian saya ketika saya mengajar. 5. Tidak merencanakan dengan baik:

Kurangnya perencanaan yang tepat atau ketidakpastian mengenai apa yang harus diajarkan juga dapat menyebabkan gangguan atau kehilangan fokus.

Saya menggunakan beberapa strategi manajemen diri untuk mengatasi gangguan ini, antara lain: Membuat rencana pembelajaran yang rinci dan terstruktur sebelumnya. Ciptakan lingkungan kelas yang kondusif untuk belajar. Pelajari teknik pernapasan dan relaksasi untuk melawan stres. Tetapkan batasan penggunaan teknologi di kelas. Saya mengembangkan keterampilan kesadaran diri untuk mengenali saat saya terganggu, dan kemudian menggunakan strategi fokus untuk fokus pada pembelajaran.

*) Penjelasan: Jawaban di atas hanya berlaku ketika guru menghadapi pertanyaan serupa di platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu guru dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi yang relevan.

(Tribunnews.com/Unita Rahmayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *