‘Warming Up’ Serangan Darat Israel ke Rafah, Brigade Nahal Berkemas Tinggalkan Gaza

TRIBUNNEWS.COM – Untuk mengantisipasi serangan darat Israel di Rafah, salah satu unit infanteri utama militer Tel Aviv, Brigade Nahal yang megah, telah meninggalkan Jalur Gaza.

Media Israel melaporkan Brigade Nahal baru saja menyelesaikan lima operasi di Gaza tengah.

Times of Israel melaporkan bahwa setelah menyelesaikan misi di Jalur Gaza, mereka diberi waktu untuk beristirahat, berlatih dan mempertimbangkan rencana serangan di masa depan.

Kemarin, seorang pejabat senior pertahanan Israel mengatakan kepada Reuters bahwa militer telah sepenuhnya siap untuk pergi ke Rafah dan hanya menunggu izin pemerintah.

Pejabat medis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah berulang kali memperingatkan konsekuensi serangan besar-besaran di Rafah.

Sekitar 1,5 juta pengungsi Palestina mengungsi di kota yang terletak di perbatasan firaun ini.

“Mungkin ada bencana kemanusiaan yang tidak terbayangkan,” kata badan tersebut. Pekerja bantuan Belgia tewas dalam ledakan Rafah

Pasukan Israel membunuh seorang pekerja bantuan asal Belgia dan putranya yang berusia tujuh tahun dalam serangan di Rafah di Jalur Gaza selatan, kata Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Kebijakan Perkotaan Caroline Gennes.

“Dengan sangat sedih saya diberitahu bahwa salah satu karyawan kami tewas dalam pemboman Israel tadi malam,” tulis Gennes di X.

“Abdallah Nabhan dan putranya yang berusia 7 tahun Jamal tewas dalam serangan di Rafah,” tambahnya.

Setidaknya tujuh orang tewas dalam serangan terhadap gedung yang menampung sekitar 25 orang, termasuk pengungsi Palestina dari wilayah lain di Gaza. Warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki memboikot produk Israel

Meskipun Israel memiliki kendali besar atas perekonomian di Tepi Barat yang diduduki, banyak warga Palestina di wilayah tersebut berupaya memboikot produk-produk Israel sebagai bentuk perlawanan.

“Listrik, air, dan gas kami berasal dari [Israel], jadi kami tidak bisa memboikotnya sepenuhnya,” Salma Anabtawi, seorang mahasiswa dari Tepi Barat, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Tetapi bahkan jika saya kehilangan 35 persen, setidaknya itulah yang bisa saya lakukan.” Ribuan tenda telah didirikan di tengah Gaza saat Israel bersiap memasuki Rafah. Pada awal April, Israel membeli 40.000 tenda, mungkin sebagai persiapan untuk evakuasi warga sipil Rafah menjelang serangan darat yang sangat dikhawatirkan. (Tangkapan layar Twitter)

Selain perkembangan lain di Gaza, penemuan kuburan massal juga ramai dibicarakan dalam beberapa hari terakhir.

Selama seminggu ini, para pejabat Palestina telah menggali kuburan massal di kompleks medis Nasser.

Fasilitas medis ini dikepung oleh pasukan Israel pada Februari 2024.

Apa yang ditemukan?

Ada tiga kuburan massal di halaman Rumah Sakit Nasser, yang berisi setidaknya 392 mayat yang “ditumpuk”.

Sebagian besar jenazah tidak dapat diidentifikasi karena sudah membusuk atau dimutilasi, menurut Pertahanan Sipil Palestina.

Beberapa jenazah menunjukkan tanda-tanda eksekusi atau penyiksaan.

Pejabat pertahanan sipil mengatakan sebanyak 20 jenazah dikubur hidup-hidup.

Di antara mereka yang dimakamkan di kuburan adalah anak-anak dan pasien rumah sakit, dan beberapa masih menggunakan selang rumah sakit yang digunakan di ruang operasi atau ruang pemulihan.

PBB dan Uni Eropa telah menyatakan keprihatinan mendalam atas laporan kuburan massal dan menyerukan penyelidikan independen terhadap kemungkinan pelanggaran.

Gedung Putih AS juga mengatakan pihaknya “menginginkan jawaban.”

Israel menyangkal bahwa jenazah dikuburkan di kuburan massal.

Tel Aviv hanya mengatakan bahwa pasukannya sudah menggali dan memeriksa beberapa kuburan untuk mencari kemungkinan tawanan Israel di antara mereka.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrakhani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *