Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106 Subtema 2 Pembelajaran 3

TRIBUNNEWS.COM – Simak artikel berikut Kurikulum 2013 Tema 9 Kunci Jawaban Kelas 6 SD Subtema 2 Buku Tema Pembelajaran 3 di halaman 101, 102, 103, 104, 105, 106.

Tema 9 Buku tema kelas 6 mempunyai tiga subtema.

Subtema 1 buku tema “Tema 9 Kelas 6” merupakan rangkaian yang mengejutkan.

Subtema 2 adalah Benda Luar Angkasa dan Rahasianya.

Terakhir, subtema 3 adalah karakter Space Explorer.

Pembelajaran 3 Halaman 101 102 103 104 105 106 berada pada subtopik 2. pertanyaan:

Simak kisah kunjungan Boscha berikut ini. Mari membaca

Kunjungi Observatorium Bossier

Pengarang: Diana Caritas

Sekelompok siswa kelas 6 dari Sekolah Lima tiba di halaman Observatorium Bosca hari ini. Lokasi observatorium ini berada di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Mereka sangat beruntung karena cuacanya sangat cerah. Langit biasanya berawan disertai hujan ringan sepanjang hari. Bulan Oktober biasanya merupakan musim hujan. Observatorium ini hanya buka pada bulan-bulan tertentu dari bulan April hingga Oktober. Selama beberapa bulan terakhir, langit Indonesia cukup cerah untuk melihat konstelasi tanpa awan, menurut astronom setempat.

“Halo saudara-saudara! “Selamat datang di Observatorium Boscea,” kata Kak Yani. Kaku Yani adalah mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang melakukan penelitian. Lokasi observatoriumnya tepat di Indonesia area penelitian bagi para astronom.”Hari ini saya akan menunjukkan objek-objek di sini, oke! Saudaraku, mohon jangan keluar dari grup selama kegiatan ini. “Selain rombongan kalian, hari ini juga ada rombongan dari berbagai sekolah yang mengunjungi tempat ini,” Kak Yani menjelaskan dengan ramah.

Rima dan teman-temannya mengangguk setuju dan mendengarkan baik-baik semua penjelasan yang diberikan. Rima dan teman-temannya kerap membuntuti kelompok tersebut. Ia dan teman-temannya mencatat hal menarik yang dijelaskan Kaku Yani. Lima melihat melalui beberapa teleskop di observatorium dan mencoba melihat gugus bintang melalui salah satunya. Rima berseru.

“Indah sekali! Aku tidak menyangka ada begitu banyak bintang di langit!” kata teman-teman Lima kegirangan.

Tiba-tiba aku mendengar suara seseorang menangis. Keluarga Lima berhenti dan mencari sumber suara. Saat Rima memberi tahu Kaku Yan tentang suara itu, kelompoknya berhenti. Suster Yani menghampiri sumber suara. Suara itu sepertinya datang dari balik pintu. Suster Yani membuka pintu dan menemukan seorang gadis kecil, berseragam sama dengan Rima, sedang duduk dan menangis.

“Agatha!” teriak Rima. “Kenapa kamu ada di sini? Bukankah aku harus mengikuti kelompok Tika?” Rima bertanya pada teman sekolahnya. Agatha tidak sekelas dengan Rima, namun mereka sama-sama duduk di bangku kelas enam. Agatha harus bergabung dengan kelompok tutornya yaitu Bu Tika.

“Oh, Rima. Terima kasih sudah menemukanku. Kupikir aku tidak bisa kembali ke sekolah. Aku ke kamar mandi dulu sebelum rombongan berangkat. Aku terburu-buru dan tidak sempat berkata apa-apa.” Tika dan yang lainnya Teman-temanku mengetahui kalau aku pergi ke kamar mandi. “Saat saya kembali, mereka sudah pergi,” jelasnya sambil menangis.

“Jangan khawatir, Agatha. Kak Yani akan mengantarmu kembali ke grup ya? Kak Yani menghubungi pemandu grup dan memberi tahu mereka bahwa kamu ada di sini. Di sini juga aman kan? Khawatir.” ,” dia menghibur Suster Yani. “Terima kasih Kak Yani. Selanjutnya aku harus memberitahu teman-temanku yang lain kalau aku keluar dari grup karena suatu alasan,” kata Agatha masih terlihat sedih.

Rima mengajak temannya ke belakang ruangan dan membagikan minuman kepada Agatha untuk menenangkannya. Rima bersyukur temannya sudah tenang. Ia teringat kejadian ini dan bersyukur dalam hatinya. Lima mungkin melakukan kesalahan yang sama. Mari menulis

Berdasarkan cerita fantasi di atas, lakukan sendiri hal berikut.

A. Bagilah cerita di atas menjadi tiga bagian: awal, tengah, dan akhir. Kemudian menggambarkan peristiwa-peristiwa penting yang menjelaskan isi cerita pada awal, tengah, dan akhir. Masukkan deskripsi untuk setiap foto yang Anda ambil. Silakan gunakan tabel di bawah ini. menjawab:

Judul: Kunjungan ke Observatorium Bosca

Pengarang: Diana Caritas

Awal Mula: Sekelompok siswa kelas 6 mengunjungi Observatorium Bosce di Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Tengah: Sekelompok siswa kelas 6 mendengar seseorang menangis di observatorium. Ternyata salah satu teman sekolahnya tertinggal dari teman-temannya yang lain.

Akhir: Rima berbagi minuman dengan temannya Agatha, yang tetap berada di belakang rombongan sambil menunggu Si Yang menjemputnya.

B. Jika Anda adalah penulis cerita di atas dan diberi kesempatan untuk mengubah cerita, bagian manakah yang akan Anda ubah?Apa yang akan terjadi jika Anda mengubah cerita di atas?Silakan ketik pada kolom di bawah. menjawab:

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Peluncuran satelit buatan ke luar angkasa dimanfaatkan umat manusia dengan berbagai cara yang kreatif dan modern untuk menyebarkan informasi guna meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Mari membaca

Mohon dibaca baik-baik artikel berikut mengenai upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Tradisi Ngaya pada masyarakat Bali

Kehidupan yang menjaga keutuhan masyarakat Indonesia merupakan norma yang diwariskan nenek moyang kita. Persatuan dan keutuhan terlihat jelas dalam keseharian masyarakat adat yang masih tetap terjaga dan dihargai hingga saat ini. Salah satunya adalah tradisi Ngaya yang dilakukan masyarakat Bali.

Ngaya berarti menjadi sukarelawan untuk kepentingan umum. Masyarakat tidak hanya mempersiapkan kegiatan keagamaan tetapi juga melaksanakan ngaya dalam kehidupan sehari-hari. Saling ngobrol dan sapa sebelum mulai bekerja di pagi hari merupakan salah satu kegiatan ngaya yang umum dilakukan.

Nayah dibangun untuk berbagi, saling membantu, dan menciptakan komunitas. Ngaya juga mempunyai arti sumbangan. Selain pemberian materi, ngaya juga berarti pemberian dalam bentuk pengabdian dan solidaritas. Dalam acara keagamaan yang diadakan secara bersama-sama, seluruh warga masyarakat menyumbangkan materi dan tenaga untuk mensukseskan acara tersebut. Mari kita bicara

Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berdasarkan tulisan di atas, cobalah mencari tahu bersama teman-teman sekelasmu peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi yang menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan pula bagaimana kaitan peristiwa tersebut dengan sila Pancasila. Tuliskan hasil diskusi Anda di atas kertas dan bacalah secara bergiliran selama diskusi kelas. Menampilkan hasil diskusi di papan tulis. Ayo berlatih

Bersama sekelompok teman, carilah artikel di majalah dan surat kabar yang menggambarkan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan persatuan dan keutuhan masyarakat kita. Kajilah kasus ini dan kaitkan dengan sila Pancasila dalam upaya Anda meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Presentasikan hasil penelitian Anda di depan kelas. tolong dipikirkan

Pernahkah Anda membayangkan kehidupan Anda akan seperti kehidupan orang tua atau kakek-nenek Anda? Sikap dan keterampilan seperti apa yang Anda perlukan untuk menjalani kehidupan tersebut? Apakah sikap dan keterampilan tersebut diperlukan dalam aktivitas sehari-hari?

Diskusikan dengan orang tuamu peristiwa dan kegiatan apa yang terjadi di lingkunganmu yang menunjukkan persatuan dan integritas komunitasmu.

*) Penafian:

Artikel ini semata-mata dimaksudkan untuk membantu orang tua membimbing proses belajar anaknya.

Sebagian besar pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang belum terjawab.

Artinya masih ada beberapa jawaban lain yang belum terkonfirmasi seperti di atas.

(Tribunnews.com, Andari Uhlan Nugrahani)

Berita lain terkait buku berdasarkan tema.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *