Kunci Jawaban Fisika Kelas 12 Halaman 43 Kurikulum Merdeka Bab 2: Pengayaan

TRIBUNNEWS.COM – Simak kunci jawaban Fisika Kelas 12 di halaman 43 Silabus Belajar Mandiri pada artikel berikut ini.

Topik Fisika ini mencakup Bab 2: Arus Searah. 

Kunci Jawaban Silabus Belajar Mandiri Fisika Kelas 12 yang disediakan pada artikel ini dapat menjadi bahan referensi atau panduan bagi siswa.  Kunci Jawaban Fisika Kelas 12, halaman 43. Buku Fisika Kelas 12, halaman 43. Program Studi Mandiri.

Bab 2. Arus Searah: Pengayaan

Penggunaan listrik dengan beban arus melebihi batas keselamatan dapat menimbulkan kebakaran akibat korsleting.

Oleh karena itu, kendaraan seperti mobil seringkali dilengkapi dengan sistem proteksi arus yang disebut sekring.

Sekering menggunakan bahan kawat jenis tertentu yang bila arus beban melebihi batas aman maka kawat akan putus.

Coba teliti jenis kawat yang digunakan pada sistem sekring dan apa saja ciri-cirinya (tergantung jenis hambatannya) dan juga apa ciri-ciri bahan yang digunakan sebagai sekring mobil?

Dikoreksi

Sekering listrik biasanya terbuat dari bahan dengan sifat listrik dan termal tertentu sehingga cocok untuk melindungi rangkaian listrik.

Bahan yang paling umum digunakan dalam sekering listrik meliputi:

Keramik: Bahan keramik sering digunakan untuk rumah sekring karena memiliki sifat isolasi listrik yang baik dan tahan terhadap suhu tinggi. Sekering keramik cocok untuk aplikasi arus tinggi dan memberikan perlindungan arus berlebih yang baik.

Kaca: Sekring kaca juga banyak digunakan dalam rangkaian listrik. Mereka biasanya diisi dengan kabel atau strip logam yang meleleh ketika arus melebihi tingkat tertentu, memutus sirkuit dan melindungi komponen hilir. Sekering kaca tidak mahal dan mudah diganti.

Perak: Perak sering digunakan sebagai bahan sekring pada kotak sekring. Perak memiliki titik leleh yang relatif rendah dan konduktivitas listrik yang baik, sehingga cocok untuk digunakan pada sekering, yang dapat dengan cepat putus ketika arus melebihi arus pengenal, sehingga memutus rangkaian.

Tembaga. Tembaga adalah bahan sekering lain yang umum digunakan, terutama pada aplikasi arus tinggi. Tembaga mempunyai daya hantar listrik yang baik dan mampu menahan arus yang tinggi, namun titik lelehnya lebih tinggi dibandingkan perak.

Pemilihan bahan untuk membuat sekering listrik bergantung pada faktor-faktor seperti nilai arus sekering, nilai tegangan rangkaian, kecepatan pengoperasian yang diperlukan, dan kondisi lingkungan di mana sekering akan beroperasi.

Dengan memilih bahan yang tepat, produsen dapat memastikan bahwa sekering memberikan perlindungan yang andal untuk sirkuit dan peralatan listrik.

Jenis sekring pada mobil

Model kartrid kaca

Jenis sekring pertama yang sering digunakan pada mobil adalah model dudukan kaca. Sekering jenis ini terbuat dari bahan keramik berbentuk tabung kaca.

Terdapat bagian transparan di tengah yang memungkinkan Anda melihat status sekring. Jika sekring rusak maka bagian dalamnya akan terlihat putus.

Fungsi sekering mobil

Di ujung tabung terdapat angka yang menunjukkan kapasitas arus. Jadi ketika melakukan penggantian, lihat saja nomor yang tertera di bagian akhir.

Biasanya sekring jenis ini sering digunakan pada mobil model lama. Namun ada juga yang tetap menggunakan sekring jenis ini karena dianggap lebih awet.

Model pisau (bilah tongkat)

Jenis sekring kedua yang paling umum digunakan pada mobil adalah jenis bilah. Sekering jenis ini memiliki bagian logam di bagian bawah dan bagian plastik di bagian atas.

Untuk menggunakannya, cukup masukkan sekring ke lokasi yang ditentukan. Biasanya bagian plastik pada bilah sekring dibuat dalam beberapa warna.

Fungsi sekering mobil

Perbedaan warna ini merupakan indikasi seberapa besar arus yang dapat ditarik. Biasanya mobil modern menggunakan sekring jenis ini karena lebih mudah dan modern dalam penggunaannya.

Model batu

Model sekring yang digunakan pada mobil selanjutnya adalah sekring Batu. Banyak orang Karmudian mungkin belum pernah mendengar atau melihat jenis sekring ini.

Sekring jenis ini biasa digunakan oleh beberapa pabrikan Eropa seperti Mercedes-Benz dan BMW. Sekring batu bentuknya mirip dengan sekering berbentuk tabung.

Bedanya, sekring ini tidak memiliki bagian transparan di tengahnya. Sekering pasangan bata menggunakan plastik di bagian tengah dan logam dari ujung ke tengah. Sekering jenis ini ukurannya cukup kecil dan memiliki logam yang lebih tebal.

Model Yazaki

Sekering lain yang sering digunakan pada kendaraan adalah model Yazaki. Sekering jenis ini disebut juga Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT).

Sekring jenis ini merupakan pengembangan dari model sekring link yang desainnya menjadi lebih kompak. Biasanya sekering ini digunakan untuk melindungi kabel baterai dan memberikan keamanan yang lebih baik.

Model tautan sekering

Kemudian sekring yang terakhir adalah model sekring link. Sekering jenis ini berbentuk seperti kabel dengan cincin di salah satu ujungnya.

Namun, ada juga tautan sekring berbentuk kotak di kedua ujungnya. Logam dilas di kedua ujungnya.

Titik las ini sengaja dibuat agar mudah meleleh jika terjadi korsleting listrik.

Penolakan tanggung jawab:

– Kunci jawaban Fisika di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.

– Sebelum melihat jawabannya, pastikan anak sudah mengerjakannya sendiri terlebih dahulu.

(Tribunnews.com/Rinanda) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *