Inflasi AS Jadi Biang Kerok Pasar Obligasi Melemah Pada April

Laporan reporter Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) menjelaskan penyebab sepinya pasar obligasi pada April 2024.

Diketahui, indeks pasar obligasi Indeks Harga Saham Gabungan Indonesia (ICBI) mengalami penurunan sebesar 0,33 persen year-on-year (YTD) menjadi 373,4 pada bulan April.

Manajer Portofolio, MAMI Pendapatan Tetap Laras Febriany mengatakan, pemicu utamanya adalah data inflasi Amerika Serikat (AS) yang lebih tinggi dari perkiraan.

Inflasi AS diperkirakan meningkat antara Januari dan Maret 2024.

Oleh karena itu, bank sentral mengindikasikan perlunya waktu lebih lama untuk yakin bahwa inflasi dalam negeri akan melambat sebelum melambat.

Laras mengatakan, situasi di pasar, obligasi, dan pasar keuangan di seluruh dunia, Asia, dan Indonesia semakin fluktuatif.

“Hal itu menyebabkan pasar harus menyesuaikan ekspektasinya terhadap suku bunga,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/5/2024).

Namun, ada kabar baik dari Ketua The Fed, kata Laras.

Ketua The Fed mengatakan suku bunga mungkin tidak turun secepat perkiraan pasar, namun kemungkinan kenaikan lebih lanjut kecil.

Jadi, langkah selanjutnya adalah menurunkan suku bunga.

Hal ini dapat dimaklumi karena sebagian besar inflasi di AS sudah melambat, kecuali sektor perumahan dan transportasi yang masih sangat tinggi, kata Laras.

Menyikapi situasi saat ini, ia mengatakan MAMI masih melihat potensi menarik di pasar obligasi, didukung oleh kemungkinan terjadinya resesi.

Namun, penting untuk melihat volatilitas jangka pendek yang dapat terjadi akibat volatilitas suku bunga The Fed.

“Oleh karena itu, kami senantiasa mengelola portofolio kami, bergerak secara dinamis antara defensif dan agresif untuk menciptakan portofolio yang sempurna,” kata LARAS.

Rekomendasi portofolio dibuat berdasarkan prospek makroekonomi saat ini.

Fokus juga pada manajemen waktu, uang, dan pemilihan saham untuk membangun portofolio yang dapat bergerak cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *