AstraZeneca akui vaksinnya dapat sebabkan pembekuan darah meski ‘sangat jarang’ terjadi – Apakah efek samping serupa juga ditemukan di Indonesia?

AstraZeneca, pembuat vaksin CoVID-19, untuk pertama kalinya mengakui bahwa vaksinnya dapat menyebabkan efek samping yang jarang terjadi.

Hal itu diungkapkannya dalam dokumen pengadilan yang diajukan 51 korban di Inggris.

Pengacara yang mewakili salah satu korban – seorang ayah yang menderita kerusakan otak setelah menerima vaksin AstraZeneca – mengatakan pengumuman tersebut menunjukkan perusahaan telah mengubah posisi hukumnya.

Banyak penggugat mengatakan mereka kehilangan keluarga dan orang yang mereka cintai karena dampaknya. Dalam kasus lain, vaksin dianggap sebagai penyebab cedera serius.

Bahkan secara keseluruhan, penelitian menunjukkan bahwa vaksin Covid-19, termasuk vaksin AstraZeneca, telah menyelamatkan jutaan nyawa selama pandemi.

Sementara di Indonesia, Kementerian Kesehatan dan Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (Comnas KIPI) mengumumkan belum ada kasus efek samping yang dilaporkan. Pendarahan yang merusak otak.

Orang pertama yang melaporkan efek samping vaksin AstraZeneca adalah Jamie Scott, ayah dua anak.

Jamie Scott mengalami pendarahan yang menyebabkan kerusakan otak. Kondisi tersebut membuat Scott tidak bisa bekerja setelah divaksinasi pada April 2021.

Mengutip Undang-Undang Perlindungan Konsumen Inggris, para aktivis mengatakan vaksin tersebut “tidak masuk akal” karena kurang aman dibandingkan yang diyakini masyarakat.

AstraZeneca membantah klaim ini. Namun, dalam dokumen yang diserahkan ke Pengadilan Tinggi Inggris pada bulan Februari, perusahaan tersebut mengatakan vaksin Covid-nya “dapat menyebabkan TTS dalam kasus yang jarang terjadi”.

TTS merupakan singkatan dari Thrombosis with Thrombocytopenia Syndrome atau dikenal juga dengan VITT (Vaccine Immune Thrombosis with Thrombocytopenia) yang terjadi setelah vaksinasi.

TTS/VITT adalah kelainan langka yang ditandai dengan trombosis (pembekuan darah) dan trombositopenia (jumlah trombosit rendah).

Para pendukungnya mengatakan orang dengan TTS/VITT dapat menderita stroke, kerusakan otak, serangan jantung, emboli paru, dan amputasi.

Penggumpalan darah juga bisa terjadi pada orang yang belum divaksinasi. Namun penyakit langka TTS/VITT hanya terjadi dengan trombosis setelah vaksinasi.

Pengacara Scott mengonfirmasi kepada BBC bahwa AstraZeneca memberitahunya pada Mei 2023: “Kami tidak menerima bahwa TTS umumnya (sebagian besar) disebabkan oleh vaksin”.

Namun dalam dokumen hukum yang diserahkan ke Pengadilan Tinggi pada bulan Februari, AstraZeneca mengatakan: “Diakui bahwa vaksin AZ, dalam kasus yang jarang terjadi, dapat menyebabkan TTS. Alasannya [bagaimana hal ini terjadi] tidak diketahui.”

Perusahaan ingin setiap penggugat membuktikan bahwa vaksinlah yang menjadi penyebabnya dan tidak ada penyebab lain dari TTS.

“Selain itu, TTS dapat terjadi tanpa vaksin AZ (atau vaksin apa pun). Dalam setiap kasus, penyebabnya bergantung pada bukti para ahli. “Perubahan besar dalam sikap”

Pengacara yang mewakili 51 penggugat mengatakan dokumen tersebut menandai perubahan signifikan dalam posisi AstraZeneca dalam kasus tersebut.

Sarah Moore dari firma hukum Lee Day mengatakan kepada BBC: “Ini adalah pengakuan besar atas sebab-akibat yang sama – bahwa vaksin AstraZeneca secara spesifik dapat menyebabkan TTS dan VITT.”

“Sangat penting untuk mengubah posisi kami mengenai hal ini dalam pembelaan resmi,” lanjut Moore.

Pengakuan ini membuka jalan bagi penggugat untuk memberikan kompensasi yang adil untuk menstabilkan situasi keuangannya.

AstraZeneca menanggapi permintaan komentar dari BBC pada Selasa (30/04), meski tidak secara spesifik menanggapi komentar Sarah Moore.

“Kami bersimpati kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai atau melaporkan masalah kesehatan,” kata AstraZeneca. Ada standar yang jelas dan ketat yang harus dipastikan.

“Dari bukti uji klinis dan data dunia nyata, vaksin AstraZeneca-Oxford telah terbukti memiliki profil keamanan yang dapat diterima dan regulator di seluruh dunia secara konsisten menyatakan bahwa manfaat vaksin lebih besar daripada risiko efek samping yang jarang terjadi.” Tanggal perubahan saran medis

Pada bulan Juni 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan vaksin AstraZeneca “aman dan efektif untuk orang berusia 18 tahun ke atas”.

Pada tanggal 7 April 2021, Komite Internasional untuk Vaksin dan Obat-obatan menyarankan orang dewasa di bawah 30 tahun untuk mengganti vaksin AstraZeneca setelah “laporan adanya tumor langka pada beberapa orang”.

AstraZeneca juga mengatakan pihaknya merekomendasikan perubahan saran medis pada label kotak vaksin.

Pada tanggal 7 Mei 2021, saran medis untuk orang dewasa di bawah 40 tahun diubah.

“Sampai saat ini, lebih dari 30 kasus perdata di seluruh dunia telah dibatalkan, diabaikan, atau menghasilkan keputusan yang menguntungkan AstraZeneca,” kata perusahaan itu kepada BBC. Harapkan kompensasi yang adil.

Istri Jamie, Kate Scott, sebelumnya mengatakan kepada BBC bahwa suaminya menjalani “lebih dari 250 sesi rehabilitasi dengan spesialis. Dia harus belajar berjalan lagi, belajar menelan, belajar berbicara.

“Meski dia baik-baik saja, kami sedang menghadapi Jamie sekarang dengan kondisi Jamie yang terminal… situasinya jauh lebih baik.”

“Dia mengalami masalah otak, afasia [kesulitan berbicara atau berbicara], sakit kepala parah, dan kebutaan,” kata Kate.

“Kita membutuhkan pemerintah [Inggris] untuk mereformasi sistem pendanaan karena dampak buruk dari vaksin. Ini tidak efisien dan tidak adil, dan [kita] mendapat kompensasi yang memadai,” katanya. Apakah ada dampak negatif serupa di Indonesia?

Ketua Komisi Nasional Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Vaksin (Komnas PPKIPI) Hinki Hindra Erwan Satari mengatakan, belum ada kasus TTS yang dilaporkan di Indonesia pasca penggunaan vaksin AstraZeneca.

Hal ini berdasarkan pemantauan aktif dan pasif yang terus dilakukan Komnas KIPI.

Pemeriksaannya dilakukan selama setahun sejak Maret 2021 hingga Juli 2022 di 14 rumah sakit di tujuh provinsi.

“Sampai [pengawasan aktif] diperpanjang, tidak akan ada TTS dengan AstraZeneca,” jelas Hinkie melalui keterangan tertulis, Kamis (02/05).

Oleh karena itu, saat ini kami laporkan tidak ada kasus TTS terkait vaksin Covid-19, lanjutnya.

Sebanyak 453 juta dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat Indonesia, 70 juta di antaranya merupakan vaksin AstraZeneca.

Hingga saat ini, pengawasan pasif terus memantau efek samping vaksin, kata Hinkey. Namun berdasarkan informasi yang diterima, belum ada laporan kasus TTS.

“Pengawasan pasca vaksinasi terjadi ketika penyakit atau gejala terdeteksi antara empat hingga 42 hari setelah vaksin diberikan,” ujarnya.

Meskipun TTS sekarang sudah ditemukan di Indonesia, namun yang pasti bukan karena vaksin Covid-19 karena musimnya sudah lewat, kata Hinkie.

“Jika hal ini terjadi, mungkin karena alasan lain, bukan karena vaksin.”

Sebelumnya, Kepala Kantor Komunikasi dan Pelayanan Kementerian Kesehatan Seti Nadia Tirmizi juga mengungkapkan belum ada laporan dampak buruk TTS di Indonesia.

“Kejadian ini jarang terjadi dan mungkin dipengaruhi oleh faktor etnis dan genetik. Di Indonesia, TTS belum dilaporkan,” kata Nadia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *