Granit Xhaka Siap Satu Lawan Satu, Laga Final Liga Eropa Pasti Bakal Melelahkan

Granit

“Tim Italia selalu merupakan tim spesial dan bek yang bagus. Ada banyak pertarungan satu lawan satu di lapangan.

Secara fisik mereka sangat kuat dan cepat, tapi kami sendiri punya beberapa kualitas. Final adalah tentang kemenangan,” katanya.

Rekan setimnya Florian Wirtz mengatakan pasukan Leverkusen kali ini lebih termotivasi setelah kegagalan semifinal musim lalu.

“Kegagalan terakhir menambah rasa lapar untuk memenangkan pertandingan ini. Kami memiliki dua final yang akan datang dan kami ingin memenangkannya,” ujarnya.

Momen Atalanta vs Leverkusen Scamacca live di SCTV 23 Mei 02.00 WIB

Juara Bundesliga Bayer Leverkusen mengincar trofi kedua dalam upaya ‘treble yang tak terpatahkan’ ketika mereka menghadapi tim Serie A Atalanta dalam final Liga Europa di Stadion Aviva pada Kamis (23/5) dini hari di Dublin.

Pasukan Xabi Alonso tidak terkalahkan dalam perjalanan mereka memenangkan gelar Bundesliga dengan cara yang sensasional. Mereka unggul 17 poin dari peringkat kedua Stuttgart dan sekarang tidak terkalahkan dalam 51 pertandingan di kompetisi mana pun musim ini.

“Die Werkself” berada di puncak sejarah, jelang final Eropa di Dublin, disusul final Piala Jerman melawan tim peringkat kedua Kaiserslautern tiga hari kemudian pada Minggu (26/5).

Dua laga terakhir itu menjadi rintangan terakhir untuk meraih ketiga trofi tanpa satu kekalahan pun.

Sedangkan Atalanta mencapai final Eropa pertamanya dengan mengalahkan Marseille di perempat final, setelah sebelumnya mengalahkan Liverpool di babak 16 besar.

Tim Serie A belum pernah memenangkan trofi sejak 1963. Harapan sebelumnya untuk mengakhiri penantian panjang itu pupus setelah mereka kalah dari Juventus di final Coppa Italia.

Kini, mereka siap mengakhiri penantian juara melawan Leverkusen yang banyak difavoritkan karena tak terkalahkan musim ini.

Dijuluki Atalanta, La Dea akan dipelopori oleh salah satu talenta terbaiknya, Gianluca Scamacca. Striker Italia berusia 25 tahun itu mencapai final Liga Europa musim lalu bersama West Ham. Sayangnya, ia mengalami cedera lutut dan tidak bisa bermain saat The Hammers menghancurkan Fiorentina untuk menjadi juara di Praha.

Kali ini, penyerang berpostur tinggi 196 cm itu bertekad memanfaatkan peluang sebaik-baiknya.

Setelah mencetak satu gol di babak penyisihan grup, Scamacca kini melangkah untuk timnya, mencatatkan setidaknya satu gol melawan semua lawan Atalanta di babak 16 besar, termasuk kemenangan 3-0 di perempat final atas Liverpool – 0.

“Kepercayaan diri membantu Anda berlari lebih cepat, dan lebih jauh lagi, membantu Anda mengambil risiko pada umpan atau tembakan yang mungkin tidak akan Anda lakukan tanpa rasa percaya diri,” kata Scamacca dalam pernyataannya kepada UEFA.com.

Di Leverkusen, mereka berharap bomber Victor Boniface kembali menjadi pembeda. Striker Nigeria itu meraih mahkota pencetak gol terbanyak Liga Europa musim lalu bersama klub Belgia Royal Union Saint Gilloise.

Boniface mencetak enam gol untuk klub Belgia Union SG, mencapai perempat final sebelum kalah dari timnya saat ini Leverkusen. Dia berbagi penghargaan dengan pemain Manchester United dan striker Inggris Marcus Rashford.

Cedera mempengaruhi kehebatan mencetak gol striker Nigeria yang telah mencetak 5 gol di Liga Europa musim ini.

Bersama rekannya Patrik Schick (lima gol), dan striker Atalanta Gianluca Scamcca (enam gol), mereka termasuk di antara sepuluh pencetak gol terbanyak. Sedangkan striker Marseille Pierre Emerick-Aubameyang tetap menjadi pencetak gol terbanyak dengan sepuluh gol.

Atalanta tidak diperkuat Maarten de Roon, Emil Holm dan mantan bek Arsenal Sead Kolasinac yang cedera untuk pertandingan tersebut. Di Leverkusen, Florian Wirtz mengalami cedera ringan tetapi tampaknya akan berkompetisi di babak final ini. Dan Granit Xhaka dan Piero Hincapie diistirahatkan di final.

(Berita Tribun/sarang)

Poin lurus – Leverkusen difavoritkan memenangkan trofi kedua tanpa kekalahan – Scamacca melewatkan final musim lalu karena cedera – Boniface adalah pencetak gol terbanyak musim lalu

Momen Atalanta vs Leverkusen Scamacca

Gianluca ScamaccaPenyerang 196 cm25 ItaliaAtalanta

Statistik Liga Europa 8(2) bermain 614 menit 6 gol- 2 assist pemain terbaik peringkat pertandingan 6.96

Victor Boniface Penyerang 189 cm23 Nigeria Leverkusen

Statistik Liga Europa 4(3) bermain 335 menit 1 gol assist dengan rating 7.26

Jalan Menuju Final Atalanta

Babak 16 Besar 03/07/24 Sporting Lisbon 1 – 1 Atalanta 15/03/24 Atalanta 2 – 1 Sporting Lisbon

Perempat Final 04/12/24 Liverpool 0 – 3 Atalanta 19/04/24 Atalanta 0 – 1 Liverpool

Semifinal 03/05/24 Marseille 1 – 1 Atalanta 10/05/24 Atalanta 3 – 0 Marseille

Leverkusen Babak 16 Besar 03/08/24 Qarabag 2 – 2 Bayer Leverkusen 15/03/24 Bayer Leverkusen 3 – 2 Qarabag

Perempat Final 04/12/24 Bayer Leverkusen 2 – 0 West Ham 19/04/24 West Ham 1 – 1 Bayer Leverkusen

Perempat Final03/05/24 Roma 0 – 2 Bayer Leverkusen10/05/24 Bayer Leverkusen 2 – 2 Roma

Gol Utama AtalantaGianluca Scamacca 6Luis Muriel 4Ademola Lookman 2

LeverkusenPatrick Schick 5Victor Boniface 5Florian Wirtz 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *