Kirim 100 Storm Shadow ke Kiev, Inggris Persilakan Tembak ke Wilayah Rusia

TRIBUNNEWS.COM – Inggris menyatakan telah mengirimkan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

Grant Shapps, Menteri Pertahanan Inggris, mengatakan bantuan London berupa 100 rudal jarak menengah untuk pertahanan di wilayah Donbass atau Ukraina timur.

Grant Shapps mengatakan kepada surat kabar The Sun, mengutip Okriform, pada Senin (20/5/2024), bahwa “Inggris telah mengirimkan 80 rudal pertahanan udara ke Ukraina sejak awal bulan ini, dan 20 rudal lainnya diperkirakan akan tiba pada awal Juni. ”

Rudal tersebut diyakini digunakan pasukan Volodymyr Zelensky untuk menyerang wilayah Rusia.

Berbeda dengan Amerika Serikat yang melarang penggunaan senjata tambahannya untuk menyerang wilayah Rusia, Inggris menyambut baik penggunaan rudal tambahannya untuk mencapai keuntungan sebesar-besarnya, termasuk menyerang wilayah yang jauh di dalam Rusia.

Pada awal Mei, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron meminta Ukraina untuk menembaki wilayah Rusia.

Dia menyatakan bahwa Ukraina berhak menggunakan senjata yang dipasok London untuk menyerang sasaran Rusia, seperti halnya musuh mengebom Ukraina.

Surat kabar Pravda mengutip perkataan Cameron: “Sama seperti Rusia menyerang wilayah Ukraina dengan senjata dari Iran atau Korea Utara.”

April lalu, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan paket bantuan baru Inggris untuk Ukraina akan mencakup jutaan amunisi, ratusan kendaraan dan rudal jarak jauh Storm Shadow.

Grant Shapps juga mendesak sekutu untuk meningkatkan dukungan militer ke Ukraina sehubungan dengan serangan Rusia di wilayah Kharkov.

Shapps menekankan bahwa segala sesuatu yang penting dan berharga bagi dunia Barat akan terancam jika invasi ke Ukraina berakhir dengan kemenangan Vladimir Putin.

Dia menekankan bahwa “setiap negara yang menghargai kebebasannya harus mengambil langkah maju dan melakukan apa yang bisa dilakukannya, secepat mungkin, untuk memastikan kemampuan tentara Ukraina untuk melawan invasi ilegal.”

Sementara itu, Rusia belum mengurangi serangannya di wilayah timur. Dalam waktu 24 jam, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa mereka telah membebaskan pemukiman Staritsa di wilayah Kharkov.

“Unit Kelompok Tempur Utara melakukan operasi aktif, membebaskan pemukiman Staritsa di wilayah Kharkov dan terus mempertahankan musuh,” kata kantor berita TASS dalam pernyataannya.

Pasukan Rusia menghancurkan radar IRIS-T, tempat penyimpanan kapal drone dan dua kapal drone Ukraina di bagian barat Laut Hitam di Sungai Dnieper. Tentara Ukraina mencoba menembak jatuh drone Rusia (Parlemen Ukraina)

“Dua speedboat tak berawak milik tentara Ukraina dihancurkan dalam satu hari terakhir di bagian barat Laut Hitam dan di sungai Dnieper. Pesawat taktis Rusia, tim drone, unit rudal, dan pasukan artileri menghancurkan radar IRIS-T. Jerman dan radar tempat penyimpanan kapal tak berawak diserang oleh pasukan.

Rusia juga mengklaim telah menembak jatuh 37 drone, satu rudal Tochka-U, dan 21 rudal, termasuk rudal Himars buatan AS, rudal Vampire buatan Ceko, dan rudal Ulka. Tentara Ukraina berperang melawan Rusia

Sementara itu, unit-unit Kelompok Pertempuran Barat pindah ke posisi yang lebih menguntungkan dan mengalahkan pasukan Brigade Mekanik ke-14 Angkatan Bersenjata Ukraina dan Brigade Pertahanan Regional ke-110 di Senkovka dan Ivanovka di wilayah Kharkov dan Artyomovka di Republik Rakyat Luhansk. (Pravda/ukrinform/Matahari/TASS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *