Pidato Haniyeh di Peringatan ke-76 Nakba: Pengorbanan Rakyat Tidak akan Sia-sia

TRIBUNNEWS.COM – Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh berpidato di depan warga Palestina pada Rabu (15/5/2024) pada peringatan 76 tahun Naqaba 1948.

“Kami yakin agresi ini akan ditumpas dan mereka akan dikalahkan serta diusir dari wilayah kami,” katanya seperti dikutip MEMRI dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

“Tidak peduli berapa lama waktu berlalu, darah para syuhada dan korban luka, penderitaan para tawanan dan beban yang mereka tanggung tidak akan sia-sia, Insya Allah.”

“Dalam hal ini kita harus bersatu dan bersatu untuk mengalahkan musuh.”

“Kita harus bersatu di semua kota dan desa di Jalur Gaza dan Tepi Barat serta wilayah pendudukan Israel.”

“Kita harus bangkit menghadapi musuh.”

“Warga Palestina yang merdeka harus bersatu di semua lini di Yordania, Suriah, dan Lebanon, serta di diaspora tempat mereka tinggal sebagai pengungsi.”

“Mereka harus meningkatkan perlawanan untuk mengakhiri invasi brutal ini dan melaksanakan rencana pembebasan dan pemulangan pengungsi.” 15 Mei 2024 (MEMRI TV) Pidato Ismail Haniyeh yang disiarkan televisi pada peringatan 76 tahun Nakba (MEMRI TV) Israel mengakhiri pembicaraan gencatan senjata

Pada saat yang sama, Haniyeh juga mengatakan Israel telah merevisi resolusi gencatan senjata untuk menjadikan pembicaraan itu “final”.

Dilansir palestinechronicle.com, Hanih menegaskan, Hamas baru-baru ini mengumumkan akan menerima proposal yang dibuat Mesir dan Qatar, yang diketahui dan diikuti oleh pemerintah AS.

Namun Israel menolaknya.

Namun, pendudukan Israel menanggapi usulan tersebut dengan merebut perlintasan Rafah, melancarkan serangan terhadap Rafah dan memasuki kamp Jabalia dan wilayah al-Zaytoun di Gaza, katanya.

“Mereka juga merevisi proposal tersebut, dan negosiasi menjadi kacau.”

Haniyeh bersumpah bahwa kelompoknya akan terus menggunakan segala cara untuk menghentikan pendudukan brutal Israel.

Dia menekankan bahwa setiap upaya atau perjanjian harus menjamin gencatan senjata permanen, penarikan penuh pasukan Israel dari seluruh Jalur Gaza, perjanjian pertukaran tahanan, kembalinya pengungsi, rekonstruksi dan pencabutan blokade.

Hanih juga mengkritik pemerintah AS yang bias.

“Pernyataan-pernyataan Amerika baru-baru ini yang ditujukan untuk menyalahkan kami karena menunda perundingan gencatan senjata meskipun faktanya pemerintah Amerika Serikat menyadari posisi positif kami, menegaskan bias Amerika terhadap musuh, memberinya perlindungan politik dan dukungan militer untuk perang pemusnahan terhadap rakyat kami. “

Pemimpin Hamas mengatakan kelompoknya telah melakukan kontak dengan Mesir terkait pengambilalihan penyeberangan Rafah oleh Israel.

“Kami setuju dengan perlunya pasukan Israel untuk segera mundur dari perlintasan tersebut, dan musuh tidak mempunyai hak untuk ikut campur dalam pengelolaan perlintasan tersebut, karena ini adalah masalah internal Palestina dan kami mengelolanya sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. .” Pembaruan Perang Israel-Hamas

– Menurut Al Jazeera, ribuan warga sipil Palestina di Gaza utara telah kekurangan air dan makanan selama seminggu akibat serangan Israel, yang telah menimbulkan banyak korban di kedua belah pihak.

– Israel berencana mengerahkan lebih banyak pasukan dan mengintensifkan serangan darat di Rafah selatan.

Rencana tersebut mendapat tentangan dari banyak pihak karena mengancam masa depan jutaan warga Palestina yang menjadi pengungsi di kota yang dilanda perang tersebut.

– Afrika Selatan meminta Mahkamah Agung PBB untuk memerintahkan diakhirinya serangan Israel terhadap Rafah.

Kata Duta Besar Afrika Selatan untuk Belanda Vusimuzi Madonsela di Mahkamah Internasional.

“Tujuh bulan yang lalu, Afrika Selatan tidak dapat membayangkan bahwa sebagian besar wilayah Gaza akan terhapus dari peta.”

– 600.000 orang telah melarikan diri dari serangan Israel pekan lalu di Rafah dan 100.000 lainnya di Gaza utara.

– Sedikitnya 35.272 orang tewas dan 79.205 luka-luka dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober.

Jumlah korban tewas akibat serangan Hamas di Israel telah meningkat menjadi 1.139 orang, dan puluhan lainnya masih ditawan.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *