Gandeng Google Cloud, Devoteam Dorong Digitalisasi BPR di Indonesia

Dilansir jurnalis Tribunnews, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Devoteam G Cloud dan Google Cloud mengumumkan kemitraannya untuk membantu Bank Ekonomi Rakyat (BPR) di Indonesia bertransformasi dan berinovasi.

Di era digital ini, BPR dan BPRS (Bank Ekonomi Syariah Rakyat) dapat meningkatkan pelayanannya jika tetap mengikuti perkembangan teknologi utama.

Mulai tahun 2023, OJK terus mendorong BPR/BPRS untuk menerapkan digitalisasi agar proses bisnis menjadi lebih efisien.

Untuk mendorong digitalisasi di Industri Jasa Keuangan (FSI), Devoteam G Cloud dan Google Cloud berkolaborasi menyelenggarakan acara bertajuk “Discover Google Cloud for the Financial Services Industry” yang dihadiri lebih dari 100 BPR di Indonesia.

Acara yang diadakan di kantor Google Indonesia yang berlokasi di Pacific Century Place, Jakarta, pada tanggal 12 Mei 2024 ini bertujuan untuk memperkenalkan BPR/BPRS dengan serangkaian alat Google Cloud yang diperlukan untuk meningkatkan bisnis mereka.

Country Manager Google Cloud Indonesia Fanly Tanto mengatakan proyek ini akan meningkatkan kemampuan BPR/BPRS dan masyarakat pedesaan.

Berbagai hal dapat dilakukan untuk mengembangkan industri BPR/BPRS, misalnya menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan algoritma pembelajaran mesin untuk memperlancar proses verifikasi, menganalisis data nasabah, menyusun rencana pemasaran, dan mengidentifikasi tren.

Dengan memanfaatkan teknologi, sistem pembukaan rekening dapat dipermudah, proses registrasi sederhana, waktu singkat, mudah dijangkau kapan saja dan dimana saja, mengingat banyak nasabah yang membutuhkan layanan 24 jam. Artificial Intelligence and Machine Learning Engineer dari Devoteam G Cloud Komang Mertayasa yang menjelaskan tentang fleksibilitas AI generatif untuk BPR/BPRS mengatakan, AI generatif dapat mendorong BPR/BPRS untuk meningkatkan bisnisnya lebih cepat dan efektif dengan meningkatkan keterampilan teknis untuk meningkatkan layanan pelanggan. meningkatkan efisiensi operasional dan mentransformasikan pengelolaan data keuangan.

“LSM Kediri sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Google Cloud dan Devoteam G Cloud yang memberikan banyak informasi kepada BPR/BPRS tentang penggunaan produk Google untuk pemasaran digital, dan kesempatan untuk menggunakan berbagai kemampuan Google Cloud untuk meningkatkan bisnis dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, dikombinasikan dengan sistem keamanan yang andal.” pungkas Bambang Supriyato, Kepala OJK Kediri, yang turut hadir dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *