Hasil F1 Monaco 2024: Charles Leclerc Hapus Kutukan Lokal Hero 1 Abad, Kylian Mbappe Jadi Saksi

TRIBUNNEWS.COM – Charles Leclerc berhasil menjuarai GP F1 Monaco 2024 usai mengalahkan pemimpin saat ini Max Verstappen (Red Bull) pada Minggu (26/5/2024).

Pembalap Scuderie Ferrari itu mencatatkan waktu tercepat 2 jam, 23 menit, dan 15,554 detik pada balapan di Monte Carlo Street Circuit di Monaco, Prancis.

Charles Leclerc mampu mengalahkan Oscar Piastri (Tim F1 McLaren) dan Carlos Sainz Jr. yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Lando Norris dan George Russell menyusul di posisi keempat dan kelima.

Sedangkan Max Verstappen menyelesaikan balapan di posisi keenam. Sementara andalan Mercedes, Lewis Hamilton, menyelesaikan balapan di posisi ketujuh.

Kemenangan ini spesial bagi Leclerc. Pasalnya, ia menjadi pembalap lokal pertama yang meraih kemenangan di kandang sendiri setelah dikendarai Louis Chiron pada tahun 1931.

Seperti dirangkum Getfootballnewsfrance, Charles Leclerc berhasil mengakhiri mitos pahlawan lokal Monaco yang tak pernah menang saat balapan di kandang sendiri.

Tercatat, butuh waktu 93 tahun, atau hampir satu abad, bagi pebalap Prancis lainnya untuk bisa menjuarai Grand Prix F1 Monaco.

Selain itu, Leclerc berhasil mematahkan dominasi Verstappen yang sudah meraih tujuh kemenangan beruntun di F1 2024.

GP Monaco F1 2024 diwarnai dengan kecelakaan serius pada putaran pertama. Setidaknya ada tiga pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan yang menyebabkan bendera merah terkibar.

“Ini (kemenangan) sangat berarti,” kata Leclerc, yang berteriak melalui radio sambil mengambil bendera yang dikibarkan oleh pemain internasional Prancis Kylian Mbappe.

“Balapan ini membuat saya bermimpi suatu hari nanti menjadi pebalap Formula 1,” lanjut pebalap F1 Prancis kelahiran Monaco itu.

Monaco bukanlah wilayah baru bagi Kylian Mbappe. Kylian Mbappe yang memulai karirnya sebagai pesepakbola bermain untuk AS Monaco dan akhirnya menjadi bintang global.

Mbappé menyaksikan keberhasilan rekan senegaranya menghilangkan mitos lokal bahwa pahlawan F1 Prancis itu belum pernah menang saat balapan di hadapan pendukungnya sendiri. 

Selain itu, Leclerc berhasil mematahkan dominasi Verstappen yang sudah meraih tujuh kemenangan beruntun di F1 2024.

GP Monaco F1 2024 diwarnai dengan kecelakaan serius pada putaran pertama. Setidaknya ada tiga pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan yang menyebabkan bendera merah terkibar.

Kecelakaan itu melibatkan Sergio Pérez, Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg. Pérez ditabrak oleh Magnussen sehingga menyebabkan mobilnya berputar, sedangkan Hulkenberg tidak mampu menghindari tabrakan di depannya. Beruntung ketiganya tidak mengalami luka serius.

Usai pengibaran bendera merah, para pembalap kembali mengikuti kompetisi yang lebih reguler. Leclerc berhasil meraih kemenangan di negaranya sendiri.

Leclerc berhak menempati posisi kedua klasemen F1 2024 dengan 138 poin. Leclerc kini hanya tertinggal 31 poin dari pemimpin klasemen Max Verstappen. Hasil GP Monaco F1 2024

1. Charles Leclerc 2:23:15.554

2.Oscar Piastri +7.152 dtk

3. Carlos Sainz +7.585 dtk

4. Lando Norris +8.650 detik

5.George Russell +13,309 hal

6. Max Verstappen +13,853 dtk

7.Lewis Hamilton +14,908 detik

8. Yuki Tsunoda +1 putaran

9. Alexander Albon +1 putaran

10. Pierre Gasly +1 putaran

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *