Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-797: Rudal Balistik Rusia Hajar Odessa, Situs Warisan Budaya Terbakar

TRIBUNNEWS.COM – Berikut rangkuman peristiwa Selasa (30/4/2024), hari ke-797 perang Rusia-Ukraina.

Rudal balistik Rusia menghantam bangunan tempat tinggal dan infrastruktur sipil di Odessa pada Senin (29/4/2024).

Serangan itu terjadi di gedung akademi hukum swasta yang terletak di pesisir pantai.

Situs ini dianggap populer di kota pelabuhan selatan Ukraina.

Bangunan bergaya Gotik yang dikenal sebagai “Kastil Harry Potter” terbakar setelah serangan itu.

Juru bicara Angkatan Laut Ukraina Dmytro Pledenchuk mengatakan serangan itu dilakukan oleh rudal balistik Iskander-M dengan hulu ledak cluster.

“Monster. Hewan liar, hewan liar, sampah, saya tidak tahu harus berkata apa lagi,” Walikota Odessa Hennadi Trukhanov menanggapi serangan di wilayahnya.

Empat orang tewas dan 32 luka-luka dalam serangan rudal Rusia. Hari Perang Rusia-Ukraina 797: Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengenang bahwa Ukraina tidak memenuhi janji bantuan militernya tepat waktu dan sebagai akibatnya Rusia benar-benar diuntungkan.

“Penundaan bantuan yang serius akan berdampak serius di medan perang di Ukraina,” kata Sekretaris Jenderal NATO dalam pertemuan di Kyiv dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

“Kurangnya pertahanan udara memungkinkan lebih banyak rudal Rusia mencapai sasarannya, dan kurangnya kemampuan serangan dalam memungkinkan Rusia memusatkan lebih banyak pasukan,” lanjutnya.

Para pejabat Ukraina mengatakan mereka mengumpulkan kekuatan untuk melakukan serangan besar-besaran di musim panas, meskipun pasukannya sudah mulai menerima pasokan baru dari Barat, “tapi itu akan memakan waktu lama,” katanya dalam laporan Reuters yang menuduh Rusia memasok secara ilegal. rudal meskipun sanksi PBB diberlakukan sejak tahun 2006 atas program rudal dan nuklirnya terhadap Ukraina Korea Utara menembakkan rudal ke Ukraina setelah sekutu Ukraina menuduh Korea Utara mentransfer senjata ke Rusia. Sanksi telah diterapkan kembali terhadap program rudal nuklir dan balistik Korea Utara, mengakhiri protes selama dua bulan dan membuka perbatasan (dengan Ukraina),” kata Michael Teres, juru bicara Administrasi Pajak di wilayah Lublin Polandia. Semua truk diizinkan melewatinya. selama mereka tidak membawa barang yang terkena pembatasan, tambah Teres. Polandia untuk sementara menghentikan impor gandum dari Ukraina. Sophie, Duchess of Edinburgh, menjadi bangsawan Inggris pertama yang mengunjungi Ukraina pada Senin (29/4/2024) setelah larangan tersebut diberlakukan. diberlakukan, dan perempuan yang menjadi pengungsi akibat perang dan anak-anak yang baru-baru ini dideportasi ke Rusia sebelum kembali ke negaranya berkata, “Memang benar bahwa perempuan. “Anak perempuan mempunyai dampak terbesar dalam hal korban jiwa,” katanya.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *