Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Buku Tematik SD/MI Halaman 83 K13: Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM – Kunci jawaban Buku Tematik Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 83 diberikan di bawah ini.

Pada buku teks tematik SD Topik 1 Kelas 5 Kurikulum 13 halaman 83 sub topik 2 terdapat tugas praktek Kerukunan Umat Beragama di Indonesia.

Tugas yang tercantum dalam Buku Teks Tematik Dasar Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 13 halaman 83 meminta siswa menuliskan gagasan pokok suatu cerita.

Sebagai catatan, sebelum melihat kunci jawaban Tematik SD Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 13 Halaman 83, siswa harus menjawab soal terlebih dahulu secara mandiri.

Kunci jawaban ini digunakan oleh orang tua sebagai pedoman dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anaknya.

Berikut kunci jawaban Buku Ajar Tematik Sekolah Dasar Tema 1 Kelas 5 Kurikulum 13 Halaman 83 k13: Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Silabus 13 Halaman 83

Membaca

Kerukunan umat beragama di Indonesia

Toleransi beragama merupakan bentuk hubungan antar manusia yang damai karena adanya toleransi beragama. Toleransi beragama merupakan sikap saling memahami dan menghargai terhadap pemeluk agama lain tanpa adanya diskriminasi atau patah semangat.

Kerukunan beragama sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan. Seperti kita ketahui, banyak sekali keberagaman yang ada di Indonesia, salah satunya adalah agama. Meski mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam, namun banyak juga agama lain yang dianut, seperti Budha, Hindu, Kristen, Katolik, dan Konghucu. Setiap agama tentu mempunyai aturan tersendiri dalam menjalankan ajaran agamanya. Namun perbedaan tersebut tidak memecah belah melainkan justru mempersatukan dan mempertegas nilai-nilai yang ada di masyarakat. Sebagai saudara sebangsa, kita harus menjaga kerukunan umat beragama agar negara dan negara kita tetap bersatu.

Tri Kerukunan Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan umat beragama yang damai dan harmonis. Program ini memerlukan kesatuan umat beragama (internal umat beragama), kerukunan antar umat beragama dengan agama lain, serta keharmonisan antara umat beragama dan pemerintah. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya konflik dalam kehidupan beragama.

Kemenangan Kerukunan Tri Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat hidup dalam kesatuan meski banyak perbedaan. Program ini hendaknya dilaksanakan agar tidak ada pembatasan dan pembatasan terhadap ajaran agama seperti pendirian tempat ibadah, pelaksanaan ibadah dan hari besar keagamaan, serta hak atas penyiaran keagamaan.

Kerukunan tiga umat beragama diawali dengan kerukunan antar umat beragama dalam suatu agama (internal umat beragama). Perbedaan dalam suatu agama dapat menimbulkan konflik dalam agama itu sendiri. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha menghindari perbedaan agar satu sama lain tidak merasa pendapatnya paling benar.

Triad kerukunan umat beragama selanjutnya adalah kerukunan antar umat beragama yang berarti hidup rukun antar umat meski berbeda agama dan kepercayaan. Tidak ada rasa saling curiga dalam hal ini dan tidak ada rasa saling menghargai agama masing-masing. Selain itu, kami juga tidak memaksakan agama pada orang lain.

Kerukunan tri umat beragama yang hakiki adalah kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah, artinya setiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra dengan pemerintah dalam memelihara kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam hal ini, tokoh agama dan pemerintah berperan sangat penting dalam mencari solusi yang baik tanpa merugikan pihak manapun.

Tentukan ide pokok setiap paragraf yang anda baca di atas.

Menjawab:

Paragraf 1

Gagasan Pokok: Toleransi beragama merupakan bentuk hubungan antar manusia yang damai karena adanya toleransi beragama.

Pasal 2

Gagasan Pokok: Kerukunan beragama sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan.

Pasal 3

Gagasan Pokok: Kerukunan Tri Umat Beragama merupakan program pendanaan yang dirancang pemerintah untuk menciptakan kehidupan umat beragama yang damai dan harmonis.

Pasal 4

Gagasan Pokok: Kerukunan tri-agama bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat hidup dalam kesatuan meskipun terdapat banyak perbedaan.

Pasal 5

Gagasan Pokok: Tiga Kerukunan Umat Beragama bermula dari kerukunan antar umat beragama dalam suatu agama.

Pasal 6

Gagasan Pokok: Tiga kerukunan umat beragama selanjutnya adalah kerukunan antar umat beragama yang berbeda agama dan kepercayaan.

Pasal 7

Gagasan Pokok: Triad terakhir dari kerukunan umat beragama adalah kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua dalam memandu proses belajar anaknya. Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu, kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunes.com/Namira Unia Lesanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *