Bank Mandiri Kembali Dinobatkan Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik versi Forbes

TRIBUNNEWS.COM – Bank Mandiri, salah satu bank milik negara, kembali meraih penghargaan sebagai salah satu bank terbaik dalam daftar Bank Terbaik Dunia 2024 yang diterbitkan Forbes baru-baru ini.

Bank Terbaik Dunia yang diterbitkan oleh Forbes selama lima tahun berturut-turut. Forbes bermitra dengan Statista, platform data dan intelijen bisnis global, untuk menyusun daftar tersebut dengan mensurvei lebih dari 48.000 pelanggan di 32 negara.

Survei ini melihat berbagai aspek evaluasi, yaitu: kepercayaan pelanggan, layanan pelanggan, syarat dan biaya, layanan digital, dan nasihat keuangan.

Direktur Pelaksana Pasar Modal RBC Gerard S. Cassidy mengatakan korporasi yang termasuk dalam daftar tersebut memberikan nasabah akses mudah ke bank dengan layanan terbaik dan layanan berbasis digital dengan profitabilitas yang baik. Namun kami tetap menawarkan pilihan layanan standar yang memberikan kemudahan bagi pelanggan.

Bank Mandiri berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu bank terbaik dunia mulai tahun 2021 dan seterusnya. Pencapaian tersebut terbilang langka karena Bank Mandiri merupakan 1 dari 17 bank terpilih di Indonesia dan 1 dari 415 bank terpilih di dunia.

Darmawan Junaidi, Presiden Direktur Bank Mandiri mengatakan, “Pencapaian ini merupakan bukti kepercayaan nasabah terhadap komitmen Bank Mandiri untuk selalu memberikan pengalaman perbankan terbaik bagi nasabah.”

“Bank Mandiri akan terus meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia. Kami akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Selain itu, Bank Mandiri juga akan terus berupaya meningkatkan akses layanan keuangan (access to finance) kepada masyarakat dan pemberdayaan UMKM sesuai dengan kriteria prioritas pemerintah, kata Darmawan.

Dilansir dari Laporan Keberlanjutan Bank Mandiri Tahun 2023, Bank Mandiri fokus pada peningkatan layanan dengan memberikan solusi keuangan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Bank Mandiri terus mengembangkan digitalisasi layanan perbankan untuk kemudahan akses masyarakat Indonesia. Berbagai informasi produk dan layanan keuangan disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami dan dapat diakses baik secara digital maupun tradisional melalui cabang Bank Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejalan dengan peningkatan layanan tersebut, Bank Mandiri juga meningkatkan kualitas layanan mulai dari menciptakan transparansi informasi produk, melindungi data nasabah, menangani keluhan nasabah.

Dari sisi pelayanan nasabah, pada tahun 2023 Bank Mandiri berhasil menyelesaikan 100 persen pengaduan yang masuk sesuai SLA (Service Level Agreement) yang ditetapkan Mandiri. Bank Mandiri memiliki badan internal yang independen untuk mengkaji pengaduan nasabah terhadap kebijakan dan tujuan yang telah ditetapkan. Langkah tersebut tidak lepas dari komitmen Bank berlogo pita emas untuk menerapkan akselerasi aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) yang terus dipercepat dengan tujuan mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

Di sisi produk digital, Bank Mandiri memiliki Livin’ by Mandiri, sebuah super app keuangan yang menawarkan layanan perbankan komprehensif dan mudah diakses oleh siapa saja melalui ponsel pintar, termasuk masyarakat dengan kategori demografi underbanked dan underserved. Selain itu, digitalisasi bisnis melalui Livin’ Apk juga tetap mengedepankan privasi dan keamanan data pelanggan.

Bank Mandiri juga melihat peluang inovasi dengan melakukan digitalisasi sektor UMKM. Untuk mendukung hal tersebut, Bank Mandiri memperkenalkan aplikasi Inovasi Livin Merchant by Mandiri. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses layanan perbankan (akses finansial) bagi pelaku UMKM. Livin Merchant dapat digunakan sebagai aplikasi kasir (point of sales) yang langsung mendigitalkan aktivitas transaksi dan menerima pembayaran langsung melalui QRIS yang dapat dipindai pengguna menggunakan rekening bank atau e-wallet apa pun.

Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis yang sangat membantu dalam menekan biaya operasional bisnis. Pedagang menerima dana secara instan di hari yang sama sebanyak tiga kali sehari, yang juga penting untuk membantu UMKM melakukan transfer modal.

Melalui berbagai penyempurnaan layanan keuangan yang dilaksanakan Bank Mandiri, serta semangat inovasi yang tiada henti, Bank Mandiri semakin mempertegas posisi Bank Mandiri sebagai bank BUMN terbaik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *