Orang Indonesia Ditunjuk Sebagai Cluster CEO di Standard Chartered, Berikut Sosoknya

Reporter Tribunnews.com Dennis Destriavan melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Rino Donocipoitro ditunjuk sebagai Cluster General Manager Standard Chartered untuk pasar Indonesia dan ASEAN (Australia, Brunei, dan Filipina), menggantikan Andrew Chia.

Reno, yang akrab disapa Dhoni, menggantikan Chia yang saat ini menjabat sebagai Kepala Wealth and Trade Bank (WRB) untuk Singapura, ASEAN, dan Asia Selatan.

Diana Moda, Head of Corporate Affairs, Brand and Marketing (CABM) Indonesia and ASEAN Markets (Australia, Brunei dan Filipina) Standard Chartered menjelaskan, Doni merupakan orang Indonesia pertama yang ditunjuk menjadi CEO Standard Chartered Indonesia periode 2016-2019

Kemudian, beliau diangkat menjadi Wakil Presiden ASEAN dan menjabat sebagai Presiden Komisi Indonesia periode 2019-2023.

“Doni adalah bankir senior Indonesia dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di Standard Chartered,” ujarnya di Jakarta, Kamis (16/4/2024).

Donnie memulai karir profesionalnya di Standard Chartered Indonesia sebagai Graduate Management Trainee.

Setelah itu, beliau bergabung dengan kantor CEO Standard Chartered Group di London, Inggris, dan berkesempatan membangun karirnya di tujuh negara tempat Standard Chartered beroperasi. Negara-negara tersebut antara lain Uni Emirat Arab (UEA), Chile, Singapura, Kepulauan Falkland, dan Brunei Darussalam.

Beliau pernah menduduki beberapa posisi eksekutif, antara lain CEO Standard Chartered di Kepulauan Falkland pada tahun 2007-2010 dan Brunei Darussalam pada tahun 2014-2016.

Penunjukan Dhoni untuk mengawasi beberapa negara utama Standard Chartered, termasuk Indonesia, Australia, Brunei dan Filipina, dipandang sebagai bukti kepemimpinannya dan komitmen bank tersebut terhadap pengembangan bakat dan keterampilan lokal.

Hal ini juga menyoroti potensi dan pentingnya Indonesia yang telah ditetapkan Standard Chartered sebagai hub bagi tiga kawasan lainnya, yaitu Australia, Brunei, dan Filipina.

“Pengetahuan Doni tentang kawasan, dipadukan dengan pengalaman internasionalnya yang mendalam, menempatkannya untuk memimpin kelompok ini dengan baik,” jelasnya.

Saat ini, Doni juga menjabat sebagai Presiden Kamar Dagang Inggris-Indonesia (BritCham) yang mencerminkan hubungan kuatnya dengan komunitas bisnis. Beliau merupakan warga negara Indonesia pertama yang menduduki posisi tersebut dalam 44 tahun sejarah BritCham Indonesia.

Donnie juga merupakan anggota dewan Dewan Bisnis Inggris-ASEAN dan Komite Penasihat Asia Tenggara untuk Investasi Internasional Inggris.

Pada saat yang sama, Dhoni menjelaskan mengenai strategi Standard Chartered.

Di sisi bisnis perbankan korporasi dan investasi (CIB), Standard Chartered akan terus mendorong masuknya investasi asing langsung ke Indonesia, dengan mengandalkan jaringannya yang kuat.

“Secara khusus merupakan satu-satunya bank asing yang menjangkau seluruh negara anggota ASEAN. China, Korea, dan Jepang merupakan negara yang memiliki hubungan kuat dengan Indonesia yang merupakan pusat pengembangan bisnis Standard Chartered,” kata Dhoni.

Dhoni menjelaskan bahwa bank menempatkan keberlanjutan sebagai inti bisnis dan operasionalnya, terutama di negara-negara dengan aspirasi keberlanjutan jangka panjang seperti Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *