Sederet Tokoh Hadiri Peresmian Kantor Forum Aktivis Nasional, Ada Jimly Asshiddiqie hingga Maruarar

Komentar reporter Tribunnews.com Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sejumlah aktivis senior menghadiri peresmian kantor Forum Aktivis Nasional (FAN) di Tegal Parang Selatan 1 Nomor 37, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis malam (05/02/2024).

Mereka antara lain Syahganda Nainggolan, Jumhur Hidayat, Agus Jabo, Maruarar Sirait, Hariman Siregar, dan mantan Ketua Mahkamah Agung (MK) Jimly Asshiddiqie.

Pada acara peresmian tersebut, Hariman menyampaikan bahwa pemikiran generasi muda harus berorientasi pada kebutuhan masyarakat, bukan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk kepentingannya sendiri.

“Kalau mau jadi politikus harus bisa menghidupi diri sendiri, kalau tidak itu omong kosong,” kata Hariman. 

Meski demikian, Maruarar Sirait berharap kantor FAN menjadi ruang diskusi untuk mengkritisi dan mencari solusi permasalahan masyarakat.

Ia meminta para aktivis memanfaatkan kesempatan dan waktunya untuk membahas isu-isu nasional dan melatih para pekerja. 

Maruarar berkata, “Gunakan tempat ini dengan baik. Saya berpesan agar saudara-saudara memanfaatkan tempat ini untuk mengkritik negara ini dan mencari solusi bagi negara ini, apalagi para sesepuh kita mendidik dan membimbing saudara-saudaranya.” 

Senada dengan Maruarar, Ketua Umum Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma mengatakan FAN akan menjadi wadah yang jelas bagi para aktivis untuk fokus pada gagasan pemerintahan masa depan. 

Menurutnya, para aktivis harus benar-benar berkontribusi terhadap pembangunan dan tidak sekedar mengkritik.

“Program-program berbagai negara harus dilindungi seiring dengan menyebarnya keberhasilan dan kecepatan negara. Jaringan negara-negara yang mendukung forum-forum di seluruh Indonesia akan bergerak untuk melindungi dan mensukseskan program-program populer tersebut. kontribusinya terhadap pembangunan, dan bukan sekedar kata-kata dan kritik,” kata Gusma. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *