Sebut KIP Digunakan Mengakomodasi Orang Terdekat DPR, Pernyataan Stafsus Presiden Dinilai Tendensius

Laporan reporter Tribunnews.com Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Staf Khusus Presiden (stafsus) Billy Mambrasar mengatakan, alokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anggota DPR digunakan untuk menampung kerabat terdekat dan orang-orang anggota DPR.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Fraksi PAN Partai Rakyat Demokrat RI Guspardi Gaus menilai pernyataan Kantor Presiden bukan hanya sekedar tren, tapi juga membayangi lembaga DPR.

Guspardi kepada wartawan, Senin (13 Mei 2024), “Jujur saja, saya sebagai anggota DPR RI belum pernah memberikan slot pilihan untuk kuliah KIP hingga saat ini.”

Pak Guspardi menegaskan, tidak semua anggota DPR RI bisa mensosialisasikan ceramah KIP ini.

“Katanya dia hanya punya teman di panitia.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat ini juga menekankan bahwa anggota RHDR di panitia:

Sebab kunci efektifitas kebijakan dan program pemerintah adalah tidak terlalu terkonsentrasi pada satu instansi.

“Oleh karena itu, PRB sebagai badan pengawas pemerintah diundang untuk menyalurkan beasiswa KIP dan ceramah,” ujarnya.

Guspardi juga menegaskan, beasiswa kuliah dan KIP tidak diberikan begitu saja.

Ada persyaratan dan standar yang harus dipenuhi setiap orang.

Diantaranya adalah pelajar yang keluarganya termasuk dalam Informasi Integrasi Jaminan Sosial (DTKS) atau peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima bansos, mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan mempunyai informasi bansos. Termasuk siswa yang keluarganya termasuk. Penduduk miskin pada masyarakat miskin berada pada desil tertinggi data penghapusan percepatan kemiskinan ekstrem (PPKE), yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Selain itu, total pendapatan orang tua/wali sebanyak Rp 4 juta per bulan dan juga akan dilampirkan surat keterangan status keluarga miskin berupa surat keterangan tidak memenuhi syarat (SKTM).

Validasi data kemudian juga dilakukan dengan mendatangi rumah calon penerima KIP kursus ini untuk memastikan data sesuai dengan kenyataan di lapangan. Pendaftaran Jalur SNBT Perguruan Tinggi KIP 2024 Dimulai – (Kolase Tribunnews)

Oleh karena itu, kriteria penerima KIP Kulia harus memenuhi beberapa persyaratan ketat, termasuk apakah penerima KIP Kulia merupakan kerabat anggota DPR, ”tegasnya.

Oleh karena itu, Guspardi menilai komentar Billy Ambassador terkesan staf khusus presiden dan patut dirahasiakan.

“Berapa persentase kuota yang akan diberikan kepada anggota PRB melalui jalur ambisius dibandingkan dengan kuota jelas KIP yang mencapai hampir 1 juta kuota pada tahun 2024. Keanggotaan PRB hanya salah satu cara penyalurannya,” ujarnya. Dikatakan.

“Dan yang perlu ditingkatkan adalah bagaimana memantau penyaluran KIP kuliah dan memastikan bahwa mereka yang berhak menerima manfaat benar-benar menerimanya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Presiden Billy Mambrasar membeberkan praktik pemberian alokasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Perguruan Tinggi kepada anggota DPR untuk menampung kerabat dan orang dekat lainnya dilakukan.

Ia mengatakan, praktik ini sudah berlangsung lama dan menghambat mahasiswa yang benar-benar layak mendapatkan dukungan KIP College.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *