Profil 4 Astronot AS, Rusia, UEA yang Tiba dengan Selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional

TRIBUNNEWS.COM – Kapsul SpaceX yang membawa awak Dragon-6 telah tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dua astronot asal Amerika Serikat, seorang kosmonot Rusia, dan seorang astronot dari Uni Emirat Arab (UEA) kini bersiap memulai misi sains enam bulan mereka.

Pesawat luar angkasa berjuluk Endeavour itu merapat ke stasiun luar angkasa pada Jumat (3/3/2023) pukul 06.40 waktu setempat, lapor Al Jazeera.

Pesawat ulang-alik tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA, Cape Canaveral, Florida, AS dan memiliki waktu tempuh 25 jam.

Hal ini dikonfirmasi ketika ISS dan kapsul terbang bersama dengan kecepatan 28.164 km/jam (17.500 mil per jam) sekitar 240 km (250 mil) di atas Bumi di atas pantai Afrika Timur, menurut siaran langsung NASA. Tangkapan layar selebaran milik NASA TV ini menunjukkan anggota misi SpaceX Dragon Crew-6 (berwarna biru): Komandan Stephen Bowen (kiri), Spesialis Misi Sultan Alneyadi dari Dubai (tengah), Spesialis misi Andrey Fedyaev dari Roscosmos ( 2R) dan pilotnya. Warren “Woody” Hoburg (kanan) saat mereka disambut di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 3 Maret 2023. Kapsul awak Dragon, bernama Endeavour, berlabuh di ISS pada pukul 1:40 pagi (0617 GMT) pada 3 Maret 2023 berikutnya. pelayaran 24 jam. (NASA-TV/AFP)

Tim beranggotakan empat orang ini bertanggung jawab melakukan lebih dari 200 eksperimen dan demonstrasi teknologi di stasiun luar angkasa.

Mereka akan beralih dari penelitian tentang pertumbuhan sel manusia di luar angkasa ke pengendalian bahan yang mudah terbakar dalam gayaberat mikro.

“Beberapa penelitian akan membantu membuka jalan bagi ekspedisi manusia jangka panjang ke Bulan dan sekitarnya di masa depan di bawah program Artemis NASA, penerus Apollo,” kata NASA.

Ditunjuk sebagai Kru 6, misi ini menandai kru ISS keenam yang pernah diterbangkan SpaceX untuk NASA.

Perusahaan roket swasta ini didirikan oleh miliarder Elon Musk dan mulai mengirimkan astronot AS ke orbit pada Mei 2020.

Seperti diketahui, Elon Musk merupakan CEO produsen mobil listrik Tesla.

Berikut profil astronot SpaceX yang baru saja tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS):

1. Astronot Amerika, Stephen Bowen

Stephen Bowen (59) adalah mantan perwira kapal selam Angkatan Laut AS yang menghabiskan lebih dari 40 hari di orbit sebagai veteran dari tiga penerbangan Pesawat Ulang-alik dan tujuh perjalanan luar angkasa.

2. Astronot Amerika Warren “Woody” Hoburg

Rekan astronot NASA Warren “Woody” Hoburg (37).

Dia adalah seorang insinyur listrik, insinyur komputer, dan penerbang komersial yang melakukan penerbangan luar angkasa pertamanya. Tangkapan layar selebaran acara TV NASA ini menunjukkan anggota misi SpaceX Dragon Crew-6, spesialis misi Andrey Fedyaev dari Roscosmos (kiri), pilot Warren “Woody” Hoburg (kedua dari kiri), komandan Stephen Bowen (kedua dari kanan ), dan spesialis misi Sultan Alneyadi Uni Emirat Arab (kanan) memberi hormat dari dalam pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour menjelang jadwal lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, pada 1 Maret 2023. Roket SpaceX Falcon 9 akan diluncurkan . dalam upaya keduanya untuk lepas landas dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, ia membawa dua astronot NASA, seorang kosmonot Rusia dan seorang warga Uni Emirat Arab kedua untuk menavigasi ruang angkasa. (NASA-TV/AFP)

3. Astronot UEA Sultan al-Neyadi

Misi Crew 6 juga terkenal karena melibatkan astronot UEA Sultan al-Neyadi (41).

Dia adalah orang kedua dari negaranya yang terbang ke luar angkasa dan orang pertama yang diluncurkan dari Amerika Serikat sebagai bagian dari tim stasiun luar angkasa jangka panjang.

4. Kosmonot Rusia Andrey Fedyaev

Yang melengkapi empat awak adalah kosmonot Rusia Andrey Fedyaev (42).

Seperti al-Neyadi, dia adalah seorang insinyur dan pendatang baru di bidang penerbangan luar angkasa yang ditunjuk sebagai spesialis misi untuk tim tersebut.

Fedyaev adalah kosmonot kedua yang terbang dengan pesawat ruang angkasa Amerika.

Setibanya di sana, kru bersiap untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kebocoran standar dan memberi tekanan pada saluran antara kapsul dan ISS sebelum membuka pintu ke bagian dalam stasiun luar angkasa.

Tujuh penghuni ISS saat ini akan menyambut tim Crew 6 di stasiun luar angkasa: tiga anggota kru NASA, termasuk Komandan Nicole Aunapu Mann, serta tiga astronot Rusia dan Jepang.

Ketujuh orang tersebut diharapkan menyelesaikan misi mereka dan meninggalkan stasiun luar angkasa akhir bulan ini.

Keempat orang tersebut akan kembali ke orbit dengan SpaceX Dragon mereka pada Oktober 2023.

Sementara itu, tiga orang lainnya akan pulang dengan pesawat luar angkasa Soyuz Rusia yang terbang kosong dari ISS pekan lalu untuk menggantikan kebocoran cairan pendingin saat berlabuh di stasiun tersebut pada Desember 2022.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *