Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 125 Kurikulum 2013: Bacaan Energi Alternatif

TRIBUNNEWS.COM – Inilah kunci jawaban Topik 9 Kelas 4 SD Halaman 125 Sub Topik 3 Pelajaran 3 Kurikulum 2013.

Pada soal Topik 9 untuk kelas 4 SD halaman 125, siswa diminta mempelajari energi alternatif.

Sebelum melihat kunci jawaban topik 9 kelas 4 SD halaman 125, siswa diharapkan mampu menjawab soal secara mandiri terlebih dahulu.

Kunci jawaban dijadikan pedoman dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anaknya. Kunci Jawaban Topik 9 Kelas 4 Halaman 125

Baca tentang pemanfaatan energi alternatif dengan memilih topik berikut.

1. Energi alternatif dari sinar matahari.

2. Pembangkit listrik tenaga air alternatif.

3. Energi angin alternatif.

Untuk memudahkan dalam menulis, Anda dapat mencari informasi melalui buku, artikel atau surat kabar dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman dan gurumu.

Berikut contoh bacaan tentang pemanfaatan energi alternatif:

1. Contoh pembacaan energi alternatif dari sinar matahari

Memanfaatkan energi matahari sebagai sumber energi alternatif untuk mengatasi krisis energi khususnya minyak bumi. Selain jumlahnya yang tidak terbatas, penggunaannya juga tidak menimbulkan pencemaran yang dapat merugikan lingkungan. Cahaya atau sinar matahari dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan teknologi sel surya.

Salah satu keunggulan pengolahan listrik tenaga surya adalah ramah lingkungan. Sebab, pengolahannya tidak menghasilkan polusi yang berisiko mengganggu ekosistem. Oleh karena itu, pengolahan listrik tenaga surya merupakan potensi besar yang harus dikembangkan semaksimal mungkin di dalam negeri.

Diantara sumber energi, energi matahari merupakan sumber energi yang paling penting karena energi matahari merupakan sumber energi yang benar-benar terbarukan. Energi surya tersedia setiap hari. Kita tidak akan pernah kehabisan energi matahari, tidak seperti sumber energi lainnya. Energi surya akan dapat diakses selama matahari masih bersinar.

2. Contoh pembacaan energi alternatif air

Energi air alternatif merupakan salah satu sumber energi terbarukan terbesar. Energi tersebut dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi pembangkit listrik dan air tanpa meninggalkan dampak negatif seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Energi yang dihasilkan ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah.

Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya, air akan terus menghasilkan tenaga dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh siklus air. Tak hanya di sungai, arus air laut juga bisa dijadikan sumber energi.

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air.

3. Contoh pembacaan energi angin alternatif

Energi angin alternatif dihasilkan dari gas-gas angin yang diolah dan dikumpulkan menjadi energi dalam jumlah besar. Energi ini biasanya dihasilkan dengan menggunakan kincir angin. Cara kerja kincir angin ini seringkali menunjukkan gerak lambat. Namun kincir angin mampu menghasilkan energi yang sangat besar.

Energi angin tersebut dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik setelah dihubungkan dengan generator. Energi listrik tersebut dapat dimanfaatkan dalam aktivitas manusia sehari-hari. Faktanya, energi angin lebih ramah lingkungan dibandingkan energi alternatif lainnya, karena tidak menimbulkan limbah sama sekali.

Angin merupakan energi terbarukan atau tidak akan pernah habis seperti minyak bumi. Energi angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif.

Pemanfaatan energi alternatif merupakan salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan sekaligus menunjang kelangsungan hidup manusia. Namun kesadaran untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan hidup belum sepenuhnya disadari dan dilakukan oleh masyarakat. Bahkan ada sebagian masyarakat yang berperilaku tidak bertanggung jawab sehingga berujung pada kerusakan lingkungan.

*) Penafian:

Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang tidak tetap seperti di atas.

(Tribunnews.com/Ifan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *