Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 17 18 19 20 21 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik

TRIBUNNEWS.COM – Cek kunci jawaban topik 9. Kelas 6 SD. Halaman 17 18 19 20 21. Area Topik 1. Pelajarilah dua buku topik silabus 2013 yang diberikan di bawah ini.

Pada Kumpulan Tematik Kelas 9 SD Kelas 6 Terdapat 3 Subbagian.

Subtopik 1 dalam buku topik. Topik 9. Kelas 6 SD sungguh luar biasa.

Subtopik 2 – “Benda luar angkasa dan misterinya.”

Terakhir, subtema 3 adalah karakter penjelajah luar angkasa. Kunci jawaban topik 9. SD kelas 6. Halaman 17 18 19 20 21 Subtopik 1 Pelajaran 2 Buku Topik Kurikulum 2013 Pertanyaan: “Mari kita membaca untuk mengenal tata surya.”

Orang belajar tentang tata surya melalui eksplorasi. Mereka melakukan ini selama bertahun-tahun untuk mengungkap misteri alam semesta. Apa yang ada di Tata Surya kita? Tata surya mempunyai Matahari sebagai pusatnya. Matahari adalah bintang yang sangat besar dan sangat panas yang tampak seperti bola bercahaya. Di sekeliling bola bercahaya tersebut terdapat cincin cahaya berisi gas panas yang disebut corona. Suhu permukaan mencapai 6000 derajat Celcius. Suhu rata-rata Matahari adalah sekitar 15.000.000 derajat Celcius. Angin panasnya bisa membakar apa saja hingga jarak 97 kilometer. Namun Matahari hanya tergolong bintang perantara. Masih banyak lagi bintang raksasa yang jauh lebih besar dan lebih panas dari Matahari.

Planet manakah yang paling dekat dengan Matahari? Planet ini disebut Merkurius. Planet Marcurius terletak 58 juta kilometer dari Matahari. Merkurius sulit dilihat di langit malam jika dilihat dari Bumi. Merkurius hanya terlihat setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit. Keunikan Merkurius adalah ia bergerak sangat cepat mengelilingi Matahari, namun berputar sangat lambat. Satu hari di Merkurius sama dengan 30 hari di Bumi.

Planet selanjutnya adalah planet Venus. Planet Venus adalah planet terdekat dengan Bumi. Venus lebih panas dibandingkan Merkurius yang letaknya lebih dekat dengan Matahari. Pasalnya, planet Venus memiliki atmosfer padat yang tertutup awan. Oleh karena itu, ia menangkap sinar matahari. Awan di sekitar Venus adalah salah satu hal terunik di planet ini. Awan ini terlihat indah karena memantulkan sinar matahari. Selain itu, Venus adalah planet paling terang di bawah sinar matahari. Venus berotasi berlawanan dengan arah rotasi planet lain. Venus berputar searah jarum jam. Satu hari di Venus sama dengan 243 hari di Bumi.

Planet ketiga adalah planet yang diberi nama Planet Biru. Sebagian besar bumi ditutupi oleh lautan, itulah sebabnya bumi tampak berwarna biru. Bumi dikelilingi oleh lapisan udara tebal yang disebut atmosfer. Peran atmosfer adalah menyaring panas matahari agar tidak terbakar.

Planet di belakang Bumi adalah Mars. Mars disebut Planet Merah. Mereka mengatakan bahwa dunia ini sangat mirip dengan Bumi. Satu hari di Mars sama dengan 24,6 jam di Bumi. Ia juga memiliki pilar-pilar yang tertutup salju. Suhu udara di Mars lebih dingin dibandingkan suhu di Bumi, yaitu 63 derajat di bawah nol, karena jarak Mars dari Matahari dibandingkan Bumi. Mars juga mempunyai atmosfer, namun lebih tipis dibandingkan Bumi.

Planet kelima adalah planet Jupiter. Jupiter adalah planet terbesar yang mengorbit Matahari. Suhu tanah di sini juga sangat rendah, mencapai minus 100 derajat Celcius. Jupiter pada dasarnya adalah planet gas. Pusat negara ini jauh dari pusat. Di negara ini terdapat titik merah yang menandakan akan terjadi badai hebat.

Planet keenam tata surya adalah planet Saturnus. Saturnus tampaknya memiliki cincin di sekeliling tubuhnya. Cincin tersebut adalah lingkaran batu, debu, dan es yang terkunci di orbit bumi. Saturnus adalah raksasa gas yang berotasi dengan cepat. Hal ini menyebabkan garis khatulistiwa melebar. Oleh karena itu, kayunya tampak lebih indah dibandingkan di planet lain. Saturnus memiliki lebih banyak bulan dibandingkan Bumi yang hanya memiliki satu. Salah satu bulan paling terkenal yang mengorbit Saturnus adalah Titan. Planet Uranus adalah planet ketujuh di tata surya.

Planet Uranus berputar miring karena gunungnya cenderung mengikuti rotasinya. Suhu planet ini sangat rendah, yakni sekitar minus 212 derajat Celcius.

Planet terjauh dari Matahari adalah planet Neptunus. Dunia ini terlihat biru tua dari jauh dan tidak memiliki tempat yang nyata. Seperti Jupiter, Saturnus, dan Uranus, planet ini juga memiliki gelembung gas. Atmosfer dipenuhi dengan metana dan badai yang sangat kuat sering terjadi. Salah satu satelit yang mengorbit Neptunus bergerak berlawanan arah dengan satelit dan planet lainnya. mari kita berdiskusi

Anda telah membaca dan memahami bacaan “Mengenal Tata Surya”. Sekarang selesaikan tugas kelompok berikut. Anda juga dapat mencari informasi dari sumber lain seperti internet atau surat kabar.

1. Bagilah kelas menjadi delapan kelompok sesuai dengan jumlah planet di dalam dan di Matahari.

2. Setiap kelompok akan menerima bagian di mana Anda dapat menemukan informasi penting tentang semua planet surya dan Matahari.

3. Dengan menggunakan karton A3, setiap kelompok memberikan informasi sebagai berikut:

A. Gambar planet atau Matahari.

B. Informasi tentang ukuran, jarak dari Matahari atau letak planet dari Matahari, diameter dan kecepatan rotasi dan revolusi. Membalas:

Urutan planet dari dekat:

– Merkuri

– Mars

– Venus

– Dunia

– Neptunus

– Uranus

– Saturnus

– Yupiter

V. Semua informasi menarik adalah unik di dunia ini.

-Merkurius memiliki diameter 4879 km.

– Mars memiliki diameter 6779 km.

– Venus memiliki diameter 6052 km.

– Bumi mempunyai diameter 12.742 km.

– Neptunus memiliki diameter 49.530 km.

– Uranus memiliki diameter 50.724 km.

– Saturnus memiliki diameter 116.463 km.

– Jupiter memiliki diameter 14.890 km.

4. Menyusun informasi agar menarik dan mudah dipahami.

5. Tempelkan pada dinding yang ditunjuk selembar kertas yang berisi informasi tentang bagian-bagian tata surya.

6. Setiap kelompok secara bergiliran meninjau kembali informasi yang dibuat oleh kelompok lainnya. Setiap anggota kelompok dapat menuliskan pertanyaan tentang anggota matahari dari kelompok lain pada selembar kertas kecil dan menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau.

7. Pada waktu yang telah ditentukan, setiap kelompok secara bergiliran melakukan presentasi di depan kelas. Selain presentasi, setiap kelompok juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah direkam sebelumnya dari kelompok lain.

8. Kelompok yang tidak berdonasi akan mencatat informasi penting dan mengajukan pertanyaan bila diperlukan. Ayo tulis ini

Mengajukan pertanyaan adalah cara lain untuk menunjukkan rasa ingin tahu tentang apa yang ada di pikiran kita. Anda dapat merumuskan pertanyaan menggunakan kata tanya. Anda telah menggunakan beberapa kata tanya berikut: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Mengapa.

Gunakan kata tanya ini untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui lebih banyak tentang tata surya kita! Tulis di tempat yang disediakan. Ayo tulis ini

Mengajukan pertanyaan adalah cara lain untuk menunjukkan rasa ingin tahu tentang apa yang ada di pikiran kita. Anda dapat merumuskan pertanyaan menggunakan kata tanya. Anda telah menggunakan beberapa kata tanya berikut: Apa, Mengapa, Siapa, Kapan, Di Mana, dan Mengapa.

Gunakan kata tanya ini untuk membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin Anda ketahui lebih banyak tentang tata surya kita! Tulis di tempat yang disediakan. Membalas:

– Apa nama negara yang terjauh dari Matahari?

– Mengapa planet-planet di tata surya tidak bertabrakan?

– Siapa yang menemukan teori terbentuknya Matahari?

– Kapan perubahan musim terjadi?

– Dimanakah inti planet Jupiter?

– Bagaimana planet-planet berputar mengelilingi Matahari? Mari membaca

Pentingnya keteladanan dalam pengembangan ilmu pengetahuan

Ilmuwan yang mengamati dan mempelajari sesuatu atau suatu gejala alam wajib melaporkan hasil penelitiannya kepada masyarakat. Masyarakat tidak hanya terdiri dari sekelompok ilmuwan, tetapi masyarakat secara keseluruhan. Seringkali, ketika menjelaskan sesuatu yang baru, para ilmuwan menggunakan metode sederhana agar lebih mudah dipahami dan diterima. Cara lain adalah dengan menggunakan contoh.

Model dalam sains dapat mewakili gagasan dan hasil penelitian ilmiah untuk menjelaskan fenomena tertentu. Contohnya bisa berupa objek atau proses lainnya. Sebelumnya, model dibuat dalam tiga dimensi. Saat ini, selain objek tiga dimensi, para ilmuwan telah menggunakan pengetahuan tentang mesin. Teknologi ini menghasilkan gambar, baik diam maupun bergerak. Tujuan dari proyek ini adalah untuk memungkinkan para ilmuwan menjelaskan fenomena alam dengan cara yang membuatnya lebih mudah untuk dipahami.

Para astronom zaman dahulu juga menggunakan model berupa benda tiga dimensi. Mereka menciptakan tiga jenis objek untuk mendeskripsikan tata surya menggunakan bahan-bahan yang ditemukan di sekitarnya. Saat ini, model tata surya kita dapat dibuat dengan metode sederhana dan bahan yang mudah didapat. Di bawah ini adalah beberapa contoh tipe hari sederhana. Pentingnya keteladanan dalam pengembangan ilmu pengetahuan Mari kita coba

Cobalah membuat model sederhana tata surya kita. Bekerjalah dengan teman dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Pertama, pilih model dua dimensi dengan menggambar di kertas A4. Pilih planet dari yang terkecil hingga terbesar, lalu gambarlah Matahari dengan ukuran yang sesuai dengan modelnya. Gambarlah dan beri nama setiap bagian tata surya agar lebih mudah dilihat dan dipahami. Pamerkan hasil karyamu dengan memajangnya di dinding kelas. Jelaskan bagaimana kelompok Anda menciptakannya dan jelaskan dengan percaya diri struktur tata surya. Mari membaca

Bacalah cerita fiksi berikut ini baik-baik. Perhatikan baik-baik bagaimana cerita terungkap dan bayangkan karakter besar dan kecil dalam cerita tersebut.

Tetap dalam jalur!

Diana Caritas

Deo meninggalkan sekolah sambil meringis kesakitan. Ia mengayuh sepedanya dengan sedikit pincang. Kemeja dan seragamnya gelap. Keringat menetes di dahinya. Angin hari itu sangat panas.

Sang ibu kemudian menyapa Deo dengan membukakan pintu gerbang. Ibu Deo pun membantunya memarkir sepedanya di halaman. Ibunya mengambil tas kotor Deo dan membawanya ke kamarnya. Setelah memberinya minum, ibunya melihat bekas luka di lutut dan siku Deo. Deo meringis kesakitan saat lukanya dicuci dan diberi obat.

Setelah Deo mulai tenang, ibu Deo meminta Deo menceritakan kisah yang lain.

“Aku telah berdosa, Bu. Saya ceroboh. Saya tidak akan mengulanginya lagi. “Kuharap aku bisa tetap berada di jalan,” kata Deo sedih.

-Apa yang sebenarnya terjadi, anakku? Terima kasih telah mengakui kesalahanmu, tapi ceritakan padaku apa yang sebenarnya terjadi?” – Ibu bertanya pelan.

“Bu, Deo ikut lomba balap sepeda bersama Arsiad sepulang sekolah. Ketika kami sampai di jalan seberang toko kelontong Pak Ahmad, jalanan cukup ramai. Kemudian saya perhatikan bahwa jalannya sedikit tidak rata. Lalu saya bangun dan mengayuh sepeda saya di pinggir jalan,” kata Deo sambil menunduk.

“Trotoar? Hmm… Kamu tahu kalau trotoar itu untuk pejalan kaki kan?” – Ibu bertanya.

“Ya, Bu.” Saat ini jalanan tampak sepi. Oleh karena itu, tanpa ragu Deo mendatangi Arsiad. Namun Deo tidak menyadari ada batu besar di tengah jalan. Tiba-tiba Deo menabrak batu besar dan terjatuh ke dalam lubang. Sayangnya, pipa saluran pembuangan tersebut ternyata kering dan dangkal. “Arsiad, dia di belakangku, dia membantu,” kata Deo masih dengan ekspresi penyesalan di wajahnya.

“Saya yakin Anda baru saja menerima beberapa suap, Anakku. Ini adalah pelajaran penting bagi Anda. Jalan tersebut dirancang dengan tujuan khusus untuk mencegah pejalan kaki berjalan di jalan yang diperuntukkan bagi mobil. Segalanya dilakukan untuk memulihkan ketertiban. “Masyarakat juga mendapat kesempatan yang sama untuk menggunakan jalan umum,” jelas Ibu sambil tersenyum.

“Aku mendengarnya, Bu. “Saya harus tetap berada di jalur tersebut daripada berada di jalur yang tidak direncanakan untuk saya,” kata Deo sambil tersenyum.

“Kalau iya, baguslah. Lukamu sudah dibersihkan dan dirawat. Sekarang kamu bisa ganti baju, cuci tangan, lalu makan siang. “Ayah akan memeriksa sepedamu sore ini,” kata Ibu saat dia berjalan ke dapur, untuk memasak makan siang Deo.

*) Penolakan tanggung jawab:

Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua untuk membantu proses belajar anaknya.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sebagian besar merupakan pertanyaan terbuka.

Artinya masih ada beberapa jawaban lain yang tidak tercantum di atas.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrakhani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *