Aman, Kandungan Bromat pada AQUA Jauh di Bawah Ambang Batas!

TRIBUNNEWS.COM – Masyarakat dikejutkan dengan kandungan bromat pada air mineral yang menimbulkan risiko kesehatan bagi tubuh. Isu yang pertama kali menarik perhatian media sosial juga terkait dengan produk AQUA, perusahaan air minum besar di Indonesia.

Pertanyaan pun muncul apakah AQUA aman dari bromat. Sebagai konsumen yang setiap hari mengonsumsi air mineral dalam kemasan, sebaiknya berhati-hati saat menerima kabar ini dan cek dulu kebenarannya agar tidak scam.

Bahkan dikutip dari situs resmi AQUA www.sehataqua.co.id menyatakan bahwa AQUA aman terhadap bromat dan kandungan bromat dalam AQUA jauh lebih rendah dari batas yang ditetapkan WHO.

Perlu diketahui, batas aman kandungan bromat dalam air mineral yang ditetapkan WHO tidak lebih dari 0,01 mg/liter atau 10 bagian per miliar (ppb).

Sedangkan berdasarkan hasil uji Standardisasi dan Jasa Industri Argo, kandungan bromat pada AQUA kurang dari 0,0008 mg/L (PT. Tirta Investama) dan <0,0004 mg/L (PT. Tirta Saibakindo). Oleh karena itu, seluruh produk AQUA dapat dikatakan aman dari bromat

Enang Norman Fachter, VP Quality and Food Safety AQUA, juga mengatakan bahwa 1 ppb (parts per Billion) setara dengan 20 tetes air seukuran kolam renang olimpiade. Meskipun suatu senyawa tergolong sangat kecil, namun kemampuan pengujian AQUA mampu mendeteksi kontaminasi bromat dalam jumlah kecil tersebut, dan melakukan pengecekan harian pada setiap produk (setiap kemasan) di seluruh pabrik AQUA di Indonesia.

“Tanggung jawab kami adalah memberikan kepada masyarakat hanya produk-produk terbaik dan berkualitas tinggi yang berasal dari sumber air terpilih. Oleh karena itu, kami memastikan seluruh proses produksi kami terintegrasi tanpa tersentuh tangan manusia sehingga kemurniannya tetap terjaga. Sampai disitu, kami juga melakukan pengecekan secara teliti setiap harinya dengan menggunakan 400 parameter uji mutu antara lain uji bau, warna, rasa, pH, kimia dan mikrobiologi, Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 3553 Tahun 2015. Katanya untuk mencoba bromat.

Untuk mendeteksi kadar bromat, kami melakukan pemeriksaan rutin menggunakan rapid test pada setiap bentuk kemasan produk di seluruh pabrik kami serta pemeriksaan rutin di laboratorium kami di Tirta Lab yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional, lanjut Enang. (KAN) Seluruh produk AQUA yang diterima pelanggan menjalani pemeriksaan rutin dan berkala untuk memastikan produk tersebut 100 persen murni dan 100 persen aman serta memenuhi standar mutu nasional dan internasional.

Bromat sebenarnya merupakan senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Zat ini bukanlah zat atau mineral alami yang ada di sumber air, tetapi bereaksi dengan bromida alami yang terdapat di sumber air membentuk ozon, yang digunakan untuk membunuh bakteri atau lainnya. mikroorganisme saat proses desinfeksi dalam air minum.

Namun sepanjang mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh pemerintah, BPM, SNI dan Badan Kesehatan Dunia (WHO), maka produk air minum dalam kemasan dapat dikatakan aman dikonsumsi dan tidak berbahaya bagi kesehatan seperti AQUA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *