Bagaimana China membantu Iran mengatasi sanksi minyak AS

Setelah Iran melancarkan lebih dari 300 rudal dan serangan drone ke Israel pada pertengahan April, berbagai pihak menyerukan sanksi yang lebih keras terhadap ekspor minyak Iran.

Meskipun demikian, ekspor minyak Iran mencapai level tertinggi dalam enam tahun pada kuartal pertama tahun 2024, mencapai US$35,8 miliar, atau setara dengan 575,83 triliun rupiah, menurut kepala bea cukai Iran.

Tapi bagaimana Iran bisa menghindari sanksi terhadap ekspor minyak?

Solusinya terletak pada praktik perdagangan yang dilakukan oleh pembeli minyak terbesar Iran, Tiongkok, yang merupakan negara tujuan 80% ekspor Iran, atau 1,5 juta barel per hari, menurut laporan Komite Jasa Keuangan DPR AS. Mengapa Tiongkok membeli minyak dari Iran?

Hubungan dagang dengan Iran selalu terancam, terutama terkait dengan sanksi AS. Lalu mengapa Tiongkok, pembeli minyak terbesar di dunia, terus melakukan hal ini?

Jawaban sederhananya adalah minyak Iran murah dan berkualitas tinggi.

Saat ini, akibat konflik dunia, harga minyak dunia benar-benar meningkat. Namun Iran, yang berada di bawah sanksi dan ingin menjual minyak, telah menawarkan diskon.

Tiongkok menghemat hampir 10 miliar dolar AS (160,9 triliun rubel) dalam sembilan bulan pertama tahun 2023 dengan membeli minyak dari Iran, Rusia, dan negara-negara lain, menurut data yang dikumpulkan oleh kantor berita Reuters mengenai pedagang dan pengirim barang untuk bulan Oktober 2023. Venezuela – semuanya dijual dengan harga diskon.

Harga minyak mentah acuan global berfluktuasi namun biasanya masih di bawah US$90 per barel (sekitar Rs 1,4 juta per barel).

Homayoun Falakshahi, analis minyak senior di perusahaan data dan analisis Kpler, memperkirakan Iran menjual minyak mentah dengan diskon $5 per barel (sekitar 80.248 rubel).

Tahun lalu, harga ini turun menjadi USD 13 (sekitar 208.646 rubel) per barel.

Selain faktor diskon, menurut Falakshahi, kepentingan geopolitik juga berperan.

“Iran adalah bagian dari pertandingan besar antara Amerika Serikat dan Tiongkok,” katanya.

Dengan mendukung perekonomian Iran, “Tiongkok meningkatkan tantangan geopolitik dan militer bagi AS di Timur Tengah, terutama saat ini di tengah ketegangan dengan Israel,” katanya. “Pabrik Ketel”

Para analis yakin Iran dan Tiongkok telah mengembangkan sistem canggih untuk memperdagangkan minyak Teheran di bawah sanksi bertahun-tahun.

“Elemen kunci dari sistem perdagangan ini adalah ‘pot’ Tiongkok [kilang kecil independen], ‘armada gelap’ kapal tanker, dan bank regional Tiongkok dengan eksposur internasional terbatas,” kata Maya, asisten direktur Statecraft Economics di Atlantic Council. , kepada BBC.

“Ketel” tempat penyulingan minyak Iran adalah kilang kecil semi-independen yang menawarkan alternatif terhadap perusahaan-perusahaan besar milik negara.

“[Ketel] adalah istilah industri,” jelas Falakshahi, “karena pabrik aslinya terlihat seperti ketel dengan fasilitas dasar, biasanya di wilayah Shandong, tenggara Beijing.

Kilang-kilang yang lebih kecil ini menimbulkan risiko yang lebih rendah bagi Tiongkok dibandingkan perusahaan-perusahaan milik negara yang beroperasi secara internasional dan memerlukan akses ke sistem keuangan AS.

“Kilang-kilang swasta kecil tidak beroperasi di luar negeri, mereka tidak memperdagangkan dolar, mereka tidak memerlukan pendanaan eksternal,” kata Falakshahi kepada BBC Persia. Pengiriman melalui “Angkatan Laut Gelap”.

Kapal tanker minyak dapat dilacak di laut di seluruh dunia dengan perangkat lunak yang memantau lokasi, kecepatan, dan arahnya.

Untuk menghindari sistem pelacakan, Iran dan Tiongkok menggunakan “jaringan kapal tanker dengan struktur kepemilikan yang tidak jelas dan tidak melaporkan lokasi yang tepat,” kata Nikoladze.

“Mereka bisa melalui kapal Barat, jasa pelayaran, dan jasa perantara. Oleh karena itu, mereka tidak harus mengikuti peraturan Barat, termasuk sanksi,” tambahnya.

Kapal tanker minyak “armada gelap” ini biasanya mematikan sistem identifikasi otomatis (AIS), sebuah sistem pemancar laut, untuk menghindari deteksi atau menipu dengan berpura-pura berada di suatu tempat padahal mereka berada di tempat lain.

Angkatan Laut diyakini terlibat dalam transfer kapal ke kapal dengan penerima Tiongkok di perairan internasional di luar zona transfer resmi.

Terkadang perpindahan terjadi dalam kondisi cuaca buruk untuk menyembunyikan aktivitas mereka, sehingga sulit untuk menentukan negara asal minyak tersebut.

Falakshahi dari Kpler menduga perpindahan seperti itu biasa terjadi di perairan Asia Tenggara.

“Ada zona di sebelah timur Singapura dan Malaysia yang secara historis merupakan tempat di mana terdapat banyak kapal tanker yang mengalir dan mengirimkan kargo satu sama lain.”

Berikutnya adalah tahap “rebranding”.

Dengan cara ini, seperti yang dijelaskan Falakshahi, “kapal kedua berlayar dari perairan Malaysia ke timur laut Tiongkok dan mengirimkan minyak mentah.

“Tujuannya untuk memastikan bahwa minyak mentah tersebut bukan berasal dari Iran, tapi misalnya dari Malaysia.”

Menurut Administrasi Informasi Energi AS (EIA), data bea cukai menunjukkan bahwa Tiongkok akan mengimpor minyak mentah 54 persen lebih banyak dari Malaysia pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022.

Memang benar, jumlah ekspor Malaysia ke Tiongkok yang dilaporkan melebihi total kapasitas produksi minyak mentahnya, menurut analis Dewan Atlantik Nikoladze, “sehingga diyakini bahwa [ekspor ke Tiongkok] yang dilaporkan Malaysia sebenarnya adalah ekspor minyak Iran.”

Kapal tanker Iran disita oleh pejabat Malaysia dan Indonesia pada bulan Juli dan Oktober tahun lalu karena “pengangkutan minyak ilegal”. Bank-bank kecil

Daripada menggunakan sistem keuangan internasional yang dikendalikan oleh Barat, menurut Maya Nikoladze, transaksi minyak Iran dilakukan melalui bank-bank kecil Tiongkok.

“China juga menyadari risiko yang menyertai konfirmasi pembelian minyak Iran, sehingga mereka tidak ingin melibatkan bank-bank besar yang penting dalam transaksi tersebut,” ujarnya.

“Sebaliknya, mereka menggunakan bank kecil yang tidak dikenal secara internasional.”

Pembayaran minyak Iran juga diyakini menggunakan mata uang Tiongkok untuk menghindari sistem keuangan yang didominasi dolar.

“Uang tersebut akan disalurkan ke rekening bank-bank Tiongkok yang memiliki hubungan dengan rezim Iran,” jelas Falakshahi.

“Kemudian uang itu akan digunakan untuk mengimpor barang-barang Tiongkok, dan tentu saja sebagian dari uang itu dikirim kembali ke Iran.

“Tetapi masih belum jelas untuk mengetahui bagaimana hal itu dilakukan dan apakah Iran bisa mendapatkan semua uangnya,” katanya. AS khawatir harga minyak akan naik

Pada tanggal 24 April, Presiden AS Joe Biden menandatangani paket bantuan luar negeri ke Ukraina, yang mencakup sanksi tambahan terhadap sektor minyak Iran.

Peraturan baru ini memperluas sanksi dengan mencakup pelabuhan, kapal, dan kilang asing yang dengan sengaja memproses atau mengirimkan minyak mentah Iran dan melanggar sanksi AS yang ada.

Selain itu, ketentuan ini meningkatkan sanksi sekunder yang berlaku untuk semua transaksi antara lembaga keuangan Tiongkok dan bank Iran yang berlaku untuk pembelian produk minyak bumi dan turunannya.

Analis Kpler, Falakshahi, mengatakan pemerintah AS mungkin enggan menerapkan penegakan hukum secara penuh.

“Karena prioritas utama pemerintahan Biden adalah menjaga harga bensin dalam negeri. Ini lebih penting daripada kebijakan luar negeri,” tambah Falakshahi.

Iran adalah produsen terbesar ketiga di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan memproduksi sekitar tiga juta barel minyak per hari, atau sekitar 3% dari total produksi minyak global.

Menurut para ahli, gangguan pasokan Iran dapat menyebabkan kenaikan harga minyak internasional.

“Biden tahu bahwa jika Amerika Serikat memangkas ekspor dari Iran, hal itu akan mengurangi pasokan [minyak] di pasar dan meningkatkan harga minyak mentah internasional.

“Jika hal itu terjadi, hal ini akan menaikkan harga bensin di AS,” kata Falakshahi, seraya menambahkan bahwa hal ini adalah sesuatu yang mungkin ingin dihindari Biden menjelang pemilihan presiden.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *