Menlu AS Pada Presiden Zelensky: Senjata ‘Pengubah Permainan’ Sedang OTW ke Ukraina

TRIBUNNEWS.COM – Paket senjata yang dijanjikan AS akan diberikan kepada Ukraina sedang dalam perjalanan ke Kiev.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken saat bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dan pejabat Ukraina di Kiev, Selasa (14 Mei 2024).

Kepada Presiden Volodymyr Zelensky, Blinken mengatakan senjata-senjata itu akan menjadi “game changer” yang sedang “dalam perjalanan” atau istilah OTW lainnya dalam perjalanan menuju tujuannya.

Perjalanan pribadi Blinken adalah yang keempat ke Kiev, namun kali ini lokasi pertemuannya dirahasiakan.

Dia melaporkan bantuan sebesar US$61 miliar atau Rp 973 triliun. segera dikirimkan dalam bentuk senjata paling modern.

Meski belum ada pernyataan resmi, Associated Press dan Reuters melaporkan bahwa Blinken mengatakan kepada pemimpin Ukraina bahwa bantuan sedang dikirim, ada yang sudah tiba, dan masih banyak lagi yang akan datang.

Dia menambahkan bahwa hal ini “akan membuat perbedaan nyata bagi kelanjutan agresi Rusia di medan perang.”

Menurut jurnalis BBC Tom Bateman, yang mendampingi Blinken, Zelensky menekankan dalam pertemuan tersebut bahwa tentara Ukraina sedang melalui “masa-masa sulit”, terutama di wilayah timur, dan berterima kasih kepada menteri atas “paket bantuan” tersebut.

Zelensky menyerukan percepatan pengiriman senjata serta sistem pertahanan udara tambahan.

Dia mengatakan kepada Blinken bahwa Ukraina terus mengalami kekurangan amunisi, terutama di sekitar Kharkov – tempat pasukan Rusia ditempatkan dan terus mengikis wilayah Ukraina.

Seorang pejabat AS yang mendampingi Blinken mengatakan kepada wartawan bahwa tujuan kunjungan Menteri Luar Negeri AS ke Ukraina adalah untuk “mengirimkan sinyal kepastian yang kuat kepada Ukraina, yang jelas berada dalam masa yang sangat sulit” dan merinci bagaimana bantuan AS akan membantu pasukan Kiev. “mendapatkan kembali inisiatif di medan perang.”

Sebelumnya terdapat informasi bahwa dukungan yang paling dibutuhkan saat ini adalah amunisi dan senjata bagi pasukan garis depan yang kehabisan amunisi.

Selain itu, sistem pertahanan udara juga diperlukan untuk mencegah serangan udara Rusia yang masih terus dilakukan. Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) adalah sistem senjata artileri permukaan-ke-permukaan konvensional yang mampu menyerang sasaran jauh di luar senjata artileri, roket, dan rudal lainnya yang dimiliki Angkatan Darat. (Lockheed Martin)

Sistem ini mencakup peluncur HIMARS dan ATACMS buatan AS.

Staf umum Ukraina mengakui pada hari Senin bahwa pasukan Rusia telah menguasai wilayah Kharkiv setelah merebut beberapa kota dan desa di wilayah tersebut selama akhir pekan. Inggris akan memberikan dukungan sebesar £500 juta

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov melakukan panggilan telepon dengan Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps.

Mengutip dari Ukrainska Pravda, keduanya membahas situasi terkini di medan perang dan kebutuhan mendesak Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Fokus utamanya adalah pada senjata jarak jauh, artileri dan amunisi,” kata Umerov. Pesawat SU-24 Ukraina yang dipersenjatai dengan rudal Storm Shadow atau SCALP yang didukung Inggris (versi Perancis) (Golovna/Kementerian Pertahanan Ukraina)

Umeirov memuji Inggris atas bantuannya yang berkelanjutan kepada Ukraina, yang terbaru adalah memberikan paket bantuan senilai £500 juta ke Ukraina dari Inggris.

“Dukungan ini menunjukkan komitmen kuat Inggris untuk mendukung Ukraina hingga kemenangan. Inggris tetap menjadi mitra terpercaya Ukraina di masa-masa sulit ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron berjanji bahwa Inggris akan memberikan bantuan militer tahunan senilai 3 miliar pound kepada Ukraina dan bantuan ini akan dipertahankan “selama diperlukan”.

Pada bulan Januari, saat berkunjung ke Kyiv, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengumumkan paket bantuan militer besar untuk Ukraina senilai £2,5 miliar untuk tahun 2024.

Sementara itu, Pravda melaporkan berita terkini bahwa Kharkiv (bahasa Rusia disebut Kharkov) semakin berbahaya.

Hingga Selasa pukul 13.00 waktu setempat, tercatat 73 pertempuran terjadi di zona pertempuran tersebut.

Rusia melancarkan delapan serangan terhadap sumbu Hlyboke-Slobozhanske, Shebekino (Rusia)-Vovchansk dan Borysivka-Vesele. Tentara Rusia juga gagal menyerang pemukiman Lyptsi dan Neskuchne.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan, sejak awal hari, 73 pertempuran telah terjadi di zona perang. Pertempuran terjadi di sebagian besar wilayah garis depan. Rusia paling aktif di wilayah Kharkov, Kramatorsk, dan Pokrovsk.

Di front Kharkov, Rusia melancarkan delapan serangan di sumbu Hlyboke-Slobozhanske, Shebekino (Rusia)-Vovchansk, Borysivka-Vesele. Pasukan Rusia juga mencoba maju menuju pemukiman Lyptsi dan Neskuchne tetapi tidak berhasil.

Sementara itu di Kupiansk, enam pertempuran terjadi di dekat pemukiman Synkivka, Berestove, Stelmakhivka dan Miasozharivka.

Sementara di wilayah Lyman, pertempuran terjadi di dekat pemukiman Ivanivka.

Di Kramatorsk, jumlah serangan Rusia meningkat menjadi delapan. Mereka kebanyakan tercatat di sumbu Bakhmut-Novyi, Bakhmut-Klishchiivka, Odradivka-Klishchiivka dan Mykolaivka-Bila Hora. Di depan Toretsk, Rusia tidak melakukan tindakan ofensif apa pun.

Di Jalur Pokrovsk, Rusia adalah negara paling aktif. Sejak awal hari, 24 serangan telah dilakukan, terutama di dekat pemukiman Novoolekdsandrivka, Kalynove, Yevhenivka dan Natailove.

Di depan Kurakhove, Pasukan Pertahanan Ukraina berhasil menghalau enam serangan Rusia. Rusia beroperasi pada sumbu Marinka-Heorhiivka dan Slavne-Novomykhailivka. (Reuters/BBC/AP/Pravda/Russia Hari Ini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *