Motor Casey Stoner saat Juara Dunia MotoGP 2007 Dijual, Harganya Sentuh Rp8 Miliar

TRIBUNNEWS.COM – Ducati menjual beberapa motor MotoGP miliknya, termasuk kuda besi yang ditunggangi Casey Stoner untuk merebut gelar juara dunia MotoGP 2007.

Jarang sekali ada tim pabrikan MotoGP yang leluasa menjual sepeda motornya. Sebab motor MotoGP masih berupa prototipe dan bukan produksi massal.

Komponen dan suku cadang sepeda motor MotoGP jelas jauh lebih mahal dibandingkan motor sport pada umumnya karena statusnya sebagai sepeda motor non-massal.

Pabrikan dan tim jarang menjual motor bekas MotoGP karena biasanya disimpan atau dibongkar. Desmosedici Ducati GP3 (Instagram @MCN)

Berbeda dengan Ducati yang beberapa kali menjual motor Desmosedici MotoGP. Ada pula yang dijual langsung oleh Ducati Corse atau melalui balai lelang atau dealer motor bekas.

Misalnya saja The Bike Specialists, dealer sepeda motor di Sheffield, Inggris, yang penjualannya menarik. Banyak motor Ducati MotoGP yang dijual di sana.

Termasuk Desmosedici GP3 yang pernah digunakan Troy Bayliss dan Desmosedici GP7 yang mengantarkan Casey Stoner meraih gelar juara dunia MotoGP pada 2007.

Sebagai perbandingan, jelas harga motor Stoner Desmosedici GP7 jauh lebih mahal.

Meski usianya lebih muda, prestasi bersejarah Stoner dan keberhasilan mengamankan gelar juara MotoGP pertama Ducati menjadi pembeda.

Terlihat di situs MCN, harga motor Troy Bayliss Desmosedici MotoGP dibanderol 350 ribu poundsterling atau sekitar Rp 7 miliar.

Saat MotoGP pertama kali dimulai pada tahun 2003, Ducati Corse mengincar tenaga maksimal dan kecepatan maksimal di kelasnya.

Tenaganya diperkirakan mencapai 200 HP/16.000 rpm, dan kecepatan tertingginya bisa lebih dari 320 km/jam.

Dengan bobot hanya 145 kg, tenaga yang dimiliki motor ini tentu luar biasa, apalagi di putaran tinggi.

Sayangnya karena tenaga yang minim, handling motor Ducati Desmosedici kurang disukai para pembalap. Namun, Desmosedici GP3 secara historis penting karena Ducati pertama kali bergabung dengan MotoGP.

Motor ini terbilang legendaris karena pernah digunakan oleh legenda superbike Troy Bayliss saat berlaga di MotoGP pada tahun 2003.

Dari kode rangkanya terlihat GP3TB1 yang menandakan bahwa motor ini digunakan oleh Troy Bayliss. Dengan motornya ini, Troy Bayliss tiga kali naik podium dan finis di posisi ke-6.

Balapan di awal tahun 2000-an, Ducati Desmosedici GP3 mengusung livery yang kini dilarang.

Grafisnya berwarna merah putih dan sponsor utamanya adalah Marlboro, merek rokok yang pernah populer di dunia balap.

Lantas berapa skor Desmosedici GP7 milik Stoner.

Mengutip sumber yang sama, harga Desmosedici GP7 yang membantu Casey Stoner merajai MotoGP 2027 diperkirakan mencapai £413.000 pada Rabu (8/5/2024) atau sekitar Rp 8,2 miliar dengan kurs hari ini.

(Tribunnews.com/Giri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *