Syarat Daftar Sekolah Kedinasan STMKG 2024, Ada 120 Formasi, Lulus jadi CPNS di BMKG

TRIBUNNEWS.COM – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) memulai pendaftaran mahasiswa baru mulai Rabu (15/5/2024) hari ini.

Terdapat 120 formulir terbuka di empat program Diploma IV (D-IV) yang telah menggunakan bahan kajian (prodi) asli.

60 titik tersebut untuk formasi taruna/taruna reguler dan 60 titik sisanya untuk formasi penguatan.

Empat program akademik yang dibuka di STMKG adalah Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG.

STMKG merupakan sekolah kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Jadi setelah lulus, dia akan menjadi CPNS di BMKG.

Bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang ingin mendaftar menjadi taruna STMKG, lihat ketentuan di bawah ini. Syarat Pendaftaran Fakultas Hukum STMKG 2024

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelamar sekolah kedinasan STMKG 2024.

Ini termasuk batasan usia, tinggi badan dan persyaratan pendidikan.

Berikut syarat masuk STMKG tahun 2024 yang diambil dari ptb.stmkg.ac.id:

A.Persyaratan Umum

1. Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia.

2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, mampu memakai kacamata dengan Lensa Bulat Maksimum Minus (-) 4 D, dan Lensa Silinder Maksimum Minus (-) 2 D dan bersedia menjalani pengobatan LASIK (Berbantuan Laser di Situ Keratomileusis) dengan biaya sendiri jika disetujui/lulus pemilu.

3. Usia paling sedikit 15 tahun dan paling banyak 23 tahun pada tanggal 1 September 2024.

4. Masih lajang dan tidak ingin menikah selama masa studi.

5. Tidak mengandung obat-obatan yang dibuktikan dengan pengujian kesehatan.

6. Kami tidak menjalin hubungan hukum apa pun dengan organisasi lain.

7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita, dengan berat badan rata-rata.

8. Ingin bekerja pada Lembaga Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sejak diumumkan lulus, dan berharap dapat ditempatkan di Amerika Serikat.

9. Khusus bagi peserta penjaminan, terdapat persyaratan sebagai berikut: Memiliki akta kelahiran dan tempat tinggal sesuai keterangan KTP/KK di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, Dataran Tinggi. papua, kepulauan riau, nusa tenggara timur, kalimantan utara, sulawesi tenggara, sulawesi tengah, sulawesi utara, maluku utara dan maluku. Menyelesaikan SD atau sederajat, SMA atau sederajat, dan SMA atau sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, Dataran Tinggi Papua, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku. Khusus peserta Orang Papua India (OAP), mendapat rekomendasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Aketua/Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP).

B. Persyaratan Pendidikan Lulusan/akan lulusan SMA, MA, SMK atau sederajat untuk semua jurusan. Bagi yang telah lulus pada tahun 2024 dan ijazahnya belum diterbitkan, maka harus menggunakan ijazah/ijazah yang berlaku untuk Kelas XII. Proses Pendaftaran Sekolah Kedinasan STMKG 2024

Setelah memenuhi 9 syarat di atas, segera bersiap untuk mendaftar STMKG melalui website https://dikdin.bkn.go.id/.

Simak proses pendaftaran STMKG 2024:

1. Pendaftaran dilakukan pada tanggal 15 Mei hingga 13 Juni 2024.

2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website Badan Resmi Pendaftaran dan Seleksi Sekolah: https://dikdin.bkn.go.id/.

3. Peserta harus memastikan memenuhi seluruh persyaratan sebelum mendaftar.

Apabila ternyata tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka peserta tersebut tidak diterima/diberhentikan sebagai calon taruna.

4. Langkah-langkah pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada website https://ptb.stmkg.ac.id/ dan akun media sosial resmi STMKG (Official STMKG).

5. Biaya pendaftaran Rp 75 ribu, biaya seleksi keterampilan (SKD) Rp 100 ribu, dan biaya seleksi keterampilan bidang (SKB) Rp 100 ribu (dibayarkan setelah diberitahukan bahwa pemegangnya berhak mengikuti SKB .

Inilah syarat masuk sekolah resmi STMKG BMKG yang perlu Anda ketahui. Anda dapat melanjutkan pengecekan pendaftaran sekolah STMKG 2024 melalui laman https://ptb.stmkg.ac.id/ atau klik link ini.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *