Overview Tribunnews 16 Mei 2024: Rencana 40 Menteri Prabowo-Gibran, Efektif?

TRIBUNNEWS.COM – Talkshow ikhtisar Tribun News edisi Kamis 16 Mei 2024 ‘Rencana Menteri ke-40 Prabovo-Gibran, Efektif?’ Ada sebuah tema.

Talk Show Sekilas Berita Tribun hari ini dapat disaksikan di YouTube Live Tribune pukul 19.00 WIB, Narasumber: Pakar Hukum Tata Negara, Firi Amsari, Juru Bicara PKS, Muhammad Iqbal.

Tautan YouTube:

Belakangan, isu berbagi jabatan mencuat usai perdebatan penambahan kementerian di pemerintahan Prabowo Subanto-Gibran Rakabuming Ra dimulai.

Presiden baru terpilih Prabowo Subanto mengusulkan pembentukan pemerintahan baru dengan 40 kementerian yang dipimpin oleh 40 menteri.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Hawiburokhman menilai penambahan jumlah menteri merupakan hal yang wajar.

Sebab Indonesia adalah negara besar yang membutuhkan pemerintahan besar dan banyak kementerian agar bisa memberikan manfaat bagi warganya.

Namun, kata dia, hal itu bukan bagian dari upaya pembagian kursi kabinet antarparpol.

Di sisi lain, pertanyaan itu muncul pasca perubahan Undang-Undang (UU) Kementerian Negara.

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Suprataman Andy Agtas menilai perubahan undang-undang kementerian negara yang dibicarakan bersamaan dengan keinginan presiden terpilih Provowo Subianto untuk menambah jumlah kementerian adalah hal yang wajar. kebetulan.

Politisi Gerindra ini mengaku Baleg sudah lama menyimpan banyak daftar RUU terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut dia, karena dengan adanya keputusan MK no.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihja Mahendra mengatakan, wacana penambahan kementerian di era Prabowo Subanto-Gibran Rakabuming Ra tidak boleh disia-siakan dengan uang negara.

Menurut Yusril, bagaimana pemerintah menangani permasalahan ke depan harus dilihat dari wacana.

(tribunnews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *