Israel Kuasai Penyeberangan Rafah yang Merupakan Jalur Penting Keluar Masuk Gaza dan Mesir

TRIBUNNEWS.COM – Pasukan Israel menguasai Jalur Gaza di perbatasan Rafah dengan Mesir pada Selasa (5/7/2024), lapor Associated Press.

Menurut tentara Israel (IDF), Brigade 401 memasuki penyeberangan Rafah pada Selasa pagi, mengambil “kontrol operasional” di penyeberangan perbatasan utama.

Rekaman yang dirilis militer Israel menunjukkan bendera Israel berkibar dari tank-tank yang mengambil alih area penyeberangan.

IDF juga melakukan serangkaian serangan dan pemboman di Rafah semalam.

Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 23 warga Palestina, termasuk setidaknya 6 wanita dan 5 anak-anak, menurut catatan rumah sakit yang dilihat oleh The Associated Press.

Persimpangan Rafah merupakan jalur utama bantuan kemanusiaan untuk masuk ke Jalur Gaza dan merupakan pintu keluar bagi mereka yang mungkin mengungsi ke Mesir.

Penyeberangan Rafah dan Kerem Shalom, pintu masuk bantuan lainnya, telah ditutup setidaknya selama dua hari terakhir. Seorang jurnalis berdiri dengan mikrofon saat ambulans Palestina dari Kementerian Kesehatan melewati gerbang untuk memasuki perbatasan Rafah di Jalur Gaza selatan sebelum menyeberang ke Mesir pada 1 November 2023 (AFP/MOHAMMED ABED)

Meskipun pintu masuk yang lebih kecil masih beroperasi, penutupan penyeberangan Rafah dapat mengganggu pengiriman makanan, obat-obatan dan pasokan lain yang menjaga kelangsungan hidup penduduk Gaza.

Wael Abu Omar, juru bicara Otoritas Penyeberangan Palestina, mengakui bahwa pasukan Israel merebut penyeberangan tersebut dan menutup sementara fasilitas tersebut.

Abu Omar mengatakan serangan tersebut menargetkan daerah sekitarnya sejak Senin.

Mesir sebelumnya telah memperingatkan bahwa setiap perebutan Rafah – yang merupakan bagian dari zona perbatasan demiliterisasi – atau serangan yang memaksa warga Palestina melarikan diri ke Mesir, akan mengancam perjanjian damai tahun 1979 dengan Israel yang merupakan kunci keamanan regional. Negosiasi gencatan senjata tanpa batas

Sementara itu, perundingan gencatan senjata dengan Hamas masih berjalan seimbang.

Pada Senin (6/5/2024), Hamas menyatakan menerima proposal gencatan senjata yang dimediasi Mesir-Qatar.

Namun Israel menegaskan kesepakatan itu tidak memenuhi tuntutan intinya.

Namun pihaknya sudah mengindikasikan akan mengirimkan delegasi ke Mesir untuk melanjutkan perundingan.

Seorang pejabat Mesir dan diplomat Barat mengatakan rancangan proposal yang diterima Hamas hanya mengalami sedikit perubahan dari versi yang sebelumnya diajukan Amerika Serikat dan disetujui Israel.

Perubahan tersebut dilakukan setelah berkonsultasi dengan pimpinan CIA William Burns, yang menyetujui rancangan tersebut sebelum mengirimkannya ke Hamas.

Gedung Putih mengatakan Burns membahas tanggapan Hamas dengan pejabat Israel dan regional lainnya.

Menurut salinan yang dirilis oleh Hamas setelah menerimanya, proposal tersebut menguraikan pembebasan sandera secara bertahap bersamaan dengan penarikan bertahap pasukan Israel dari seluruh Jalur Gaza dan diakhiri dengan “ketenangan yang berkelanjutan.”

“Ketenangan yang berkelanjutan” didefinisikan sebagai penghentian permanen aksi militer dan permusuhan Israel.

Pada fase pertama gencatan senjata 42 hari, Hamas akan membebaskan 33 sandera – termasuk wanita, anak-anak, orang tua dan orang sakit – dengan imbalan pembebasan ratusan warga Palestina di penjara Israel, dan beberapa pasukan Israel akan mundur dari Gaza.

Kedua belah pihak belum merundingkan persyaratan tahap berikutnya, di mana warga sipil dan tentara yang tersisa akan dibebaskan ketika pasukan Israel menarik diri dari wilayah Gaza.

Hamas menuntut diakhirinya perang dan penarikan total pasukan Israel sebagai imbalan atas pembebasan semua sandera.

Di depan umum, para pemimpin Israel telah berulang kali menolak usulan tersebut, dan bersumpah untuk melanjutkan serangan mereka sampai Hamas hancur.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *