Kantongi 90 Suara, Nani Afrida-Bayu Wardhana Terpilih Jadi Ketua Umum dan Sekjen AJI 2024-2027

BERITA TRIBUNE. ) untuk tahun 2024-2027.

Pasangan pertama mengalahkan tiga pasangan lainnya dengan perolehan suara 90% pada Kongres ke-12 yang digelar di Hotel Zuri, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (5/5/2024) malam.

Sedangkan pasangan kedua Aloysius Budi Kurniawan alias Wawan ABK (redaksi Harian Kompas) dan Iman Dvianto Nugroho (redaksi CNN TV) memperoleh 42 suara.

Kemudian pasangan ketiga Ika Ningtyas Unggraini (Cek Fakta Tempo/Sekretaris AJI Nasional 2021-2024) dan Laban Abraham Laisila alias Nyonyo (Ketua Narasi TV/Ketua Dana dan Operasional AJI Nasional 2021-2024) mendapat 48 suara.

Adapun pasangan ke-4 Edy Can (Manajer Produksi Berita Nasional CNN/AJI Bidang Pendidikan, Etika, dan Profesi 2021-2024) dan Pemimpin Redaksi ekuatorial.com Asep Saefullah (Pemimpin Redaksi ekuatorial.com) mendapat 37 suara. Jadi sejarah

Kongres ke-12 ini bersejarah karena pemilu online pertama kali digelar yang melibatkan seluruh anggota AJI yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sebanyak 1.568 Pemilih Tetap (DPT) dari 39 dari 40 kota AJI di Indonesia mengikuti konvensi tersebut.

Dari Aceh, AJI Lhokseumawe, Bireuen, Banda Aceh, dan AJI Langsa ikut serta dalam pemilu tersebut.

Sedangkan jumlah anggota AJI yang masuk untuk menggunakan hak pilihnya mencapai 1.226 anggota.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan AJI Ososo Muliawan mengatakan kongres ini juga memiliki sejarah karena baru pertama kali dilaksanakan pemilihan langsung.

Pada konvensi sebelumnya, pemilihan ketua dan sekjen AJI Indonesia hanya dilakukan oleh ketua dan sekretaris AJI.

“Pada kongres sebelumnya, pemilihan presiden dan sekjen AJI Indonesia dilakukan oleh para delegasi pada kongres tersebut.”

Pada konvensi sebelumnya, ketua dan sekjen AJI Indonesia hanya dipilih oleh ketua dan sekretaris AJI.

Terpilihnya NJ Afrida sebagai Ketua Pengurus AJI Indonesia menjadikannya perempuan kedua yang menduduki posisi tersebut sejak organisasi tersebut didirikan di Sirnagar pada tahun 1994.

Gambar

Nani merupakan Ketua AJI kedua asal Aceh, sebelum menjadi Ketua AJI Indonesia Gender, Anak dan Kelompok Marginal pada tahun 2021 hingga 2024.

Ia juga seorang jurnalis dari Serambi, Indonesia.

Sedangkan Sekretaris Utama Bayu Wardhana bekerja sebagai editor di rri.co.id.

(Serambi Indonesia / Tribun Lombok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *