Sejarah Ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Ini Tema dan Logo Hardiknas 2024

TRIBUNNEWS.COM – Simak kisah di balik ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei.

Hari Pendidikan Nasional atau disingkat Hardiknas diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Mei.

Tahun ini Hari Pendidikan Nasional jatuh pada Kamis (2 Mei 2024).

Diketahui, Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1959 dengan Keputusan Negara Republik Indonesia Nomor 316.

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mei 2024 juga telah ditetapkan sebagai Bulan Pendidikan Merdeka seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2024.

Tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 adalah “Bergerak bersama, memajukan kemerdekaan belajar”. Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1959 dengan Keputusan Negara Republik Indonesia Nomor 316.

Hal ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah terhadap pentingnya pendidikan di Indonesia.

Latar belakang ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional adalah seorang tokoh yang menorehkan prestasi luar biasa di dunia pendidikan, yaitu Ki Hajjar Devantara, lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya lebih dari sekedar memperingati hari lahir Ki Hajjar Devantara, seorang pionir pendidikan nasional.

Namun, penanaman rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh lembaga pendidikan menjadi dorongan lebih lanjut.

Upaya Pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengadakan upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Merupakan pengingat bagi seluruh insan pendidikan akan nilai-nilai filosofi perjuangan Ki Hajar Devantara dalam melestarikan fondasi pendidikan di Indonesia. Logo Hardiknas 2024 (www.kemdikbud.go.id) Logo Hardiknas 2024

Logo peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 berbentuk dua hati yang saling bertautan, mirip bentuk bintang.

Disekelilingnya terdapat 5 buah lingkaran yang jika diperhatikan dengan seksama terlihat logo dalam 3 warna yaitu biru, hijau dan kuning: 5 orang saling berpegangan dengan tangan terangkat.

Di bagian bawah logo terdapat tulisan “Hari Pendidikan Nasional 2024”.

Logo Hardiknas Tahun 2024 yang diwakili oleh tiga unsur utama Bintang, Kegembiraan dan Pena mempunyai makna sebagai berikut: Bintang : Melambangkan semangat Hari Pendidikan Nasional yang sejalan dengan misi pemerintah dalam mewujudkan anak. Generasi Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Bintang dengan garis elastis mewakili semangat yang beradaptasi dan bertahan dalam menghadapi dinamika dan perubahan zaman. Joy: Menggambarkan suasana pendidikan di Indonesia yang menggembirakan, kolaboratif dan penuh keterlibatan masyarakat. Pena: Menggambarkan proses pengajaran sebagai suatu proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual dalam pelaksanaannya. Link Download Logo Hari Pendidikan Nasional 2024. Download file logo Hari Pendidikan Nasional 2024. >>> Klik di sini. Unduh file logo Tut Vuri Khandayani. >>> Klik di sini. Download file logo Merdeka Belajar. >>> Klik di sini

(Tribunnews.com/Latifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *