Cuaca Besok – BMKG: Banten dan 27 Wilayah Lainnya Berpotensi Hujan pada 12 Mei 2024

TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Iklim, dan Geologi (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk besok, Minggu (12/5/2024).

Sebanyak 28 wilayah di Indonesia diguyur hujan disertai angin kencang.

Sirkulasi siklon terpantau di Laut Andaman Utara, Aceh, Laut Cina Selatan di utara Sarawak, dan Samudera Hindia di barat daya Bengkulu.

Sirkulasi tersebut membentuk wilayah dengan kecepatan angin lambat (bercampur) dari Pantai Barat Aceh hingga Pantai Timur Aceh, dari Sabah hingga Laut Cina Selatan di Sarawak Utara, dan Samudera Hindia Barat Daya di Lampung.

Daerah konvergensi lainnya terpantau mulai dari Selat Karimata hingga Riau, dari Pantai Utara Jawa Timur hingga Pantai Utara Jawa Timur, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah Utara, dari Pantai Timur Sulawesi Tenggara hingga Selat Makasar, dari Pantai Barat. . Papua hingga Gunung Papua, dan dari Samudera Hindia Selatan, Pulau Timor hingga Pesisir Selatan Sumbawa.

Daerah pertemuan angin terdapat di pesisir utara Papua, Laut Banda, Laut Arafuru, Laut Jawa, Samudera Hindia dari NTT bagian selatan hingga Lampung Barat Daya, Laut Cina Selatan, dan Samudera Pasifik Timur di Filipina.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya awan hujan di sekitar sirkulasi badai dan di dekat pertemuan.

Peningkatan kecepatan angin hingga >25 knot telah diamati di Laut Arafuru, yang dapat meningkatkan ketinggian gelombang di sekitar perairan tersebut.

Labilitas lokal yang kuat yang mendukung proses pertukaran pada skala lokal terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kep. Bank Belitung, Bekulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, Papua Papua Tengah, Dataran Tinggi dan Papua Selatan.

Daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang: Aceh, Sumatera Utara, Riau Kep. Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kep. Bank Belitung Lampung Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua

Wilayah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang: Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan

Daerah yang berpotensi angin kencang: Nusa Tenggara Timur

(Tribunnews.com, Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *