Perkuat Kapabilitas Digital Bank, BRI Jalin Kerja Sama dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat kapabilitas digitalnya dengan mengeksplorasi berbagai teknologi. Baru-baru ini, perseroan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia pada Rabu, 17 April 2024.

Penandatanganan dilakukan oleh Kaspar Situmorang, Direktur Pengembangan dan Operasional Perbankan Digital BRI, bersama dengan Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung dan Country Manager Hi Cloud Indonesia Prangki Tua.

Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mendorong inovasi layanan perbankan BRI melalui eksplorasi teknologi, dengan fokus pada peningkatan layanan nasabah dan pengalaman bertransaksi.

Terkait hal tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso menyampaikan bahwa BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia akan terus mengupayakan transformasi berkelanjutan. Transformasi tersebut berfokus pada dua aspek utama, yaitu digital dan budaya.

“Kami akan terus menciptakan nilai baru melalui digitalisasi untuk menggerakkan model bisnis,” kata Sunarso dalam siaran persnya, Jumat (10/05/2024).

Seperti yang Anda ketahui, layanan perbankan kini tersedia melalui berbagai produk dan layanan keuangan digital. BRI juga diyakini efektif dalam menjawab kebutuhan masyarakat dan perubahan pola transaksi digital. Faktanya, 99 persen transaksi BRI saat ini dilakukan secara digital, dan sisanya atau sekitar 1 persen melalui unit kerja atau kantor BRI.

Kami berharap melalui kerja sama ini, BRI dapat memperkaya use case dan pembelajaran untuk memajukan kapabilitas digital, terutama untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang berteknologi maju dan tactile.

Poshu Yeung, wakil presiden senior Tencent Cloud International, mengatakan: “Tencent Cloud senang dapat bermitra dengan BRI karena kami memiliki visi yang sama dalam memimpin inovasi perbankan di Indonesia. Kami bekerja sama berdasarkan pengetahuan spesialis dan solusi berkualitas tinggi dan andal dengan kemampuan digital dan kekuatan jaringan fisik BRI. Kami berharap dapat membantu BRI tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi di perbankan Indonesia.

Tencent Cloud dikenal secara global karena keberhasilannya memanfaatkan teknologi canggih seperti kecerdasan buatan generatif, model bahasa besar (LLM), dan biometrik untuk menciptakan aplikasi super perbankan seluler yang mendominasi pasar.

Sebagai mitra Tencent Cloud, Hi Cloud Indonesia memfasilitasi percepatan teknologi inovatif dan menjembatani kerja sama antara Tencent Cloud dan BRI.

Melalui penelitian kolektif ini, BRI akan menggali potensi adopsi dan keberhasilan teknologi di berbagai produk dan layanan perbankan BRI untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar lebih mudah, mudah diakses, efisien, dan aman.

Penandatanganan kerja sama ini menandakan komitmen BRI untuk tetap menjadi yang terdepan dalam inovasi industri layanan perbankan Indonesia. Menggabungkan pembelajaran dari kesuksesan Tencent dengan pengetahuan lokal BRI, pemahaman pasar dan kemampuan implementasi, kemitraan ini akan membantu menciptakan dan mengembangkan layanan perbankan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan, namun juga memberikan pengalaman nasabah baru. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *