Tips Mudah Mengganti Ban Bocor Pakai Ban Serep di Mobil

Laporan jurnalis TribuneNews.com Lita Fabriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ban serep memegang peranan penting saat mobil mengalami keadaan darurat, seperti ban kempes atau bocor saat dalam perjalanan.

Namun banyak pemilik kendaraan yang belum mengetahui cara mengakses komponen vital tersebut. Pada SUV Hyundai Creta, ban serep terletak di bagasi belakang.

Untuk membuka dan menggunakannya, cukup angkat tutupnya dan letakkan secara miring pada slot yang tersedia.

Pada langkah selanjutnya, Anda dapat memutar kunci berlawanan arah jarum jam di bagian tengah. Kemudian, lepas ban serep dari mobil dan bersiaplah untuk mengganti ban yang bermasalah.

Chief Operating Officer, Hyundai Goa Ferries mengatakan, “Ban serep merupakan komponen penting dalam situasi darurat di jalan dan kami ingin memastikan bahwa ban tersebut digunakan dengan benar dan efisien.”

Bagi tribun yang ingin mengganti ban yang bermasalah atau bocor dengan ban serep secara mandiri, berikut panduan praktisnya:

1. Parkirkan mobil dengan aman, matikan mesin mobil, pasang rambu peringatan dan siapkan peralatan yang diperlukan.

2. Kendurkan baut ban yang bermasalah pada ujung seberangnya dengan menggunakan kunci roda.

3. Pasang dongkrak pada tempatnya dan angkat mobil hingga ban terlepas dari jalan.

4. Lepaskan dengan hati-hati semua baut ban yang bocor atau kempes.

5. Pasang ban serep dan kencangkan baut-baut ban. Kemudian turunkan dongkrak hingga ban kembali menyentuh jalan. Setelah itu, kencangkan baut ban serep dengan lebih baik.

6. Jika sudah selesai, bersihkan semua alat dan masukkan ban yang bermasalah ke dalam dudukan ban serep Hyundai Creta, lalu putar kunci searah jarum jam hingga kencang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *