Pesawat Buatan China Lolos Uji Keselamatan, Siap Saingi Boeing dan Airbus, Dijual di Asia Tenggara

TRIBUNNEWS.COM, Beijing – Pesawat penumpang berbadan sempit terbaru China, C-919, telah lolos uji keselamatan. Lebih dari 60 awak menguji China Eastern Airlines C-919 selama empat hari pengujian di Shanghai.

Pesawat buatan lokal tersebut disertifikasi untuk terbang hanya di Tiongkok, China Southern Airlines mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka akan menerima C-919 pertamanya pada Agustus 2024. Penerbangan C-919 menempatkan Boeing dan Airbus bersaing di dunia penerbangan. pemanasan

Diketahui, kedua pabrikan pesawat raksasa ini belakangan ini tengah menghadapi permasalahan mekanis pada pesawatnya.

China Eastern Airlines Technology, anak perusahaan dari perusahaan yang memiliki pesawat C-919. Pesawat ini telah lulus uji A, atau uji keamanan maksimum, selama 4 hari di tempat parkir di Shanghai.

C-919 adalah pesawat berbadan sempit yang dikembangkan oleh Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC). C919 adalah bagian dari tujuan jangka panjang Tiongkok untuk mematahkan duopoli Airbus-Boeing, dan bertujuan untuk bersaing dengan Airbus A320, Boeing 737 dan Irkut MS-21.

Pembangunannya dimulai pada tahun 2008. Prototipe mulai diproduksi pada bulan Desember 2011, prototipe pertama siap pada tanggal 2 November 2015 dan penerbangan pertama pada tanggal 5 Mei 2017. Pesawat tersebut mendapat sertifikat kelaikan udara dari Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok pada 29 September 2022.

Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) memperkirakan permintaan pesawat penumpang di kawasan Asia-Pasifik akan tumbuh dari 3.314 menjadi 9.701 dalam dua dekade.

Namun situs penelitian industri perjalanan Skift mengutip seorang eksekutif dari Air Lease, salah satu perusahaan penyewaan pesawat terbesar di dunia, yang mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki rencana untuk membeli jet komersial C-919.

“Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan COMAC sangat tertarik untuk menjual C919,” kata Steven Udvar-Hazi di klub industri penerbangan Wings di New York pada tanggal 29 Februari. “Tetapi ini adalah hubungan satu arah,” tambahnya.

Brendan Sobie dari konsultan industri penerbangan yang berbasis di Singapura, Sobie Aviation, mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah COMAC dapat menggoyahkan duopoli Boeing-Airbus.

Dia berkata: “Kami tidak mungkin memberikan dampak besar terhadap negara-negara asing akibat C919. Di masa mendatang.

Seiring berlanjutnya tur C-919, COMAC mengatakan tujuannya adalah untuk menampilkan pesawat tersebut dan Asia Tenggara sebagai pasar masa depan yang potensial.

COMAC juga mengklaim memiliki lebih dari 1.000 pesanan C-919, namun sebagian besar berasal dari maskapai penerbangan Tiongkok dan penyewa pesawat. Pada Singapore Air Show, COMAC menerima pesanan dari Tibet Airlines untuk 40 pesawat C-919 individu. Pada saat yang sama, pesawat Boeing dan Airbus terjual hingga akhir dekade ini.

Tiongkok mengatakan pihaknya menginginkan pengakuan internasional yang lebih luas terhadap C-919 dan berencana untuk mengakreditasi Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa.

Boeing dan Airbus mengaku tidak khawatir dengan pesawat yang pertama kali ditampilkan di luar Tiongkok pada Singapore Air Show pada 20-25 Februari 2024.

“C919 tidak akan menjadi kejutan besar,” kata Christian Scherer, kepala eksekutif bisnis pesawat komersial Airbus.

Scherer menambahkan bahwa C919 adalah upaya sah yang dilakukan Tiongkok, namun “masalahnya diyakini tidak jauh berbeda dengan pesawat Airbus dan Boeing.

Pada saat yang sama, direktur manajemen pemasaran komersial Boeing, Dave Schulte, mengatakan: maskapai Asia Tenggara tersebut mungkin mempertimbangkan untuk memesan C-919.

Namun, dia memperingatkan bahwa COMAC akan menghadapi gangguan rantai pasokan yang sama seperti Boeing dan Airbus karena meningkatnya permintaan perjalanan udara setelah pandemi ini. Dirakit di Tiongkok, C-919 mengandalkan banyak komponen, termasuk mesin, dari perusahaan di luar Tiongkok, seperti GE dan Honeywell International (SCMP/VOA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *