Berlin Rencanakan Dua Monumen untuk Hormati Buruh Migran

Distrik Kreuzberg di Berlin sendiri merupakan monumen multikulturalisme di Jerman. Dulunya merupakan rumah bagi pekerja Muslim dari Turki, lingkungan tersebut kini menjadi pusat gerakan kesetaraan gender dan tempat berkumpulnya kelompok LGBTQ+.

Bahkan hari ini dalam bahasa Turki. Selain bahasa Jerman, bahasa ini masih mendominasi kehidupan sosial Kreuzberg, selain bahasa Inggris dan Spanyol yang akhir-akhir ini mulai sering terdengar.

Di Kreuzberg, pemerintah kota berencana membangun monumen untuk generasi pertama pekerja migran di Berlin. Proyek ini juga mencakup monumen lain yang didedikasikan untuk mantan “pengusaha” dari Vietnam dan “negara saudara sosialis” lainnya yang diundang untuk bekerja di Jerman Timur.

Proyek ini diprakarsai oleh senator Berlin Sevim Aydin, yang juga seorang migran. Menurutnya, kontribusi migran di Jerman belum diapresiasi.

“Migran masih digambarkan secara negatif. Saya pikir sudah tiba waktunya untuk mengasosiasikan mereka dengan hal-hal positif,” katanya kepada DW.

“Banyak pekerja migran generasi pertama yang tidak bisa berbahasa Jerman. “Tetapi mereka terus bekerja, membesarkan keluarga, dan berkontribusi pada jalannya negara ini,” tambahnya. “Saya ingin keinginan orang-orang ini didengar.

Menurut Kantor Statistik Federal, lebih dari 25 persen penduduk Jerman, atau sekitar 83 juta orang, adalah keturunan imigran. Di kalangan anak-anak, angkanya mencapai 40 persen. Ayo, daftar buletin mingguan Wednesday Bee gratis. Perbanyak ilmu di tengah minggu, biar topik pembicaraan makin menarik! Realitas multikultural di Jerman

Di antara sekitar satu juta monumen yang tersebar di seluruh negeri, hanya sedikit yang mencerminkan sejarah multikulturalisme Jerman.

Frankfurt menjadi kota pertama yang membuat peringatan bagi “pekerja tamu” pada tahun 2004. Namun, diperkirakan hasil tersebut baru akan tercapai pada tahun 2030.

Museum Sejarah Migrasi Cologne, yang akan dibuka pada tahun 2029, didirikan oleh sekelompok migran Turki pada akhir tahun 1980-an.

Senator Sevim Aydin berharap proyek pembangunan tugu peringatan migran di Berlin bisa selesai dalam waktu singkat agar generasi pertama pekerja migran tetap bisa melihatnya.

Tujuannya tidak hanya untuk membangun monumen, tetapi juga untuk mendokumentasikan sejarah migrasi tenaga kerja asing dan pengalaman para migran pasca Perang Dunia II di Berlin Barat dan Timur.

“Monumen ini harus berbicara tentang penderitaan dan kegembiraan,” kata Aydin, yang berusia enam tahun ketika keluarganya dibunuh pada tahun 1978. Ia pindah ke Jerman. Ayahnya tiba pada awal tahun 1960an sebagai penambang dan kemudian membuka kafe di Berlin. Diskriminasi tersebar luas di wilayah Timur

Natalie Bayer, direktur museum FHXB Friedrichshain-Kreuzberg, mengatakan kepada DW bahwa usulan peringatan bagi pekerja migran juga akan menyoroti rasisme di kedua sisi kota.

“Anda tidak bisa membandingkannya. Namun menurut saya rasisme yang dialami oleh ‘pengusaha’ di Jerman Timur jauh lebih dramatis,” kata Bayer, yang dibesarkan oleh seorang ibu asal Korea yang tinggal di bekas Jerman Barat.

Pada tahun 1980-an, pemerintah Jerman Timur, atau GDR, secara aktif merekrut pekerja dari negara-negara komunis lainnya, terutama Vietnam dan Mozambik, untuk menyelamatkan perekonomian yang dilanda krisis.

Dalam kebanyakan kasus, pekerja asing terpaksa menyerahkan paspor mereka pada saat kedatangan. Bagi perempuan, respons terhadap kehamilan biasanya berupa aborsi atau ancaman deportasi. Para pendatang baru ini sebagian besar hidup terpisah dari penduduk asli Jerman Timur. Interaksi sosial jelas tidak diinginkan.

Banyak migran datang dengan harapan atau janji akan pendidikan yang lebih baik dan pekerjaan yang lebih baik. Mereka dipekerjakan sebagai pekerja tidak terampil dan dibayar rendah untuk mendukung perekonomian GDR ketika produksi menurun. Sebagian gaji mereka dipotong tanpa persetujuan membayar utang negara atau menambah kas negara.

“Kami sebenarnya adalah budak zaman modern,” kata Adelina Massuvira Joao, mantan pekerja migran dari Mozambik.

Sebagian besar pekerja Mozambik kembali ke kampung halamannya setelah runtuhnya GDR dan Uni Soviet. Banyak di antara mereka yang belum menerima bagian gaji yang dipotong maupun kompensasi yang dijanjikan.

Massuvira Joao, yang memutuskan untuk tinggal di Jerman, telah lama terlibat dalam kampanye yang menuntut pemerintah Jerman membayar gajinya. Diskriminasi dan kerja keras

Bagi negara-negara bekas Jerman Barat, pekerja migran pertama kali diimpor dari Italia dan kemudian dari Eropa Selatan pada pertengahan tahun 1950an. Para pekerja baru tiba dari Turki pada awal tahun 1960an dan kemudian menjadi kelompok terbesar.

Pekerja asing umumnya melakukan pekerjaan kasar dengan upah rendah, sehingga mereka tidak populer di kalangan angkatan kerja Jerman.

Namun, mereka menghadapi pengucilan, diskriminasi dan rasisme di kedua sisi perbatasan. Sebab menurut rencana, para pekerja migran tidak boleh tinggal di Jerman.

Gul Ataseven-Ozen tiba di Jerman pada tahun 1972, pada usia 18 tahun. Setelah dua kali bekerja di pabrik, dia mendapat pekerjaan mengajar dan menjadi aktif secara politik.

“Kami membantu membangun Jerman. Banyak generasi kedua, seperti putra saya, yang terjun ke dunia politik atau bisnis. Saya bekerja di bidang pendidikan selama 30 tahun. Kisah ini harus dihormati. Kami ingin menunjukkan kepada generasi berikutnya dan generasi sekarang bahwa “kami juga terlibat aktif di sini, kami berpartisipasi dan berkontribusi,” ujarnya kepada DW.

Monumen senilai €500,000,000 yang direncanakan di Berlin ini terungkap setelah diskusi rahasia antara kelompok sayap kanan yang merencanakan pengusiran massal imigran dan warga negara Jerman kelahiran asing.

Tekanan dari kelompok populis sayap kanan terhadap imigrasi telah membantu memacu reformasi imigrasi di Jerman. Pemerintah federal mempermudah penerimaan pekerja berketerampilan asing Peneliti migrasi Noa Ha mengatakan pemerintah koalisi kiri-tengah telah menyusun rencana legislatif yang ambisius untuk memodernisasi Jerman sebelum negara tersebut menghadapi serangkaian krisis dan krisis skala besar. kelompok yang benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *