Demonstrasi mahasiswa AS menentang aksi Israel di Gaza – Apa itu intifada?

Terjadi penangkapan massal di beberapa kamp penjara di Amerika Serikat (AS) sebagai protes atas tindakan Israel di Gaza.

Postingan media sosial tentang demonstrasi pro-Palestina mengacu pada intifada – bahasa Arab untuk pemberontakan. Istilah ini digunakan sehubungan dengan periode demonstrasi kekerasan yang dilakukan warga Palestina terhadap Israel.

Banyak postingan di media sosial mempertanyakan apakah perang di Gaza akan mengarah pada intifada baru. Yang lain menyebutnya sebagai “intifada intelektual” dan menyerukan “globalisasi intifada”.

Mahasiswa keluar dari perkuliahan dan mendirikan kamp untuk memprotes tindakan militer Israel di Gaza.

Ratusan pengunjuk rasa telah ditangkap di kampus-kampus di seluruh AS.

Kampusnya adalah Universitas Columbia dan Universitas New York di New York; Universitas California di Berkeley; dan Universitas Michigan.

Mahasiswa dari Emerson College dan Tufts University di Boston serta Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Cambridge juga mengorganisir demonstrasi.

Beberapa mahasiswa Universitas Columbia telah diskors di kampus karena berpartisipasi dalam demonstrasi pro-Palestina, sehingga menimbulkan seruan agar skorsing tersebut dibatalkan atau dibatalkan.

Sementara itu, banyak mahasiswa Yahudi di universitas tersebut menyatakan keprihatinannya atas apa yang mereka sebut sebagai lingkungan kampus yang mengancam.

Namun pengunjuk rasa lainnya mengatakan pelecehan terhadap pelajar Yahudi jarang terjadi, dan mereka yang menentang tuntutan aktivis pro-Palestina mengatakan hal itu tidak relevan.

Para aktivis menyerukan universitas-universitas untuk “menjauhkan diri dari tindakan membunuh orang” dan berhenti menginvestasikan sejumlah besar uang pada perusahaan senjata dan industri lain yang mendukung perang di Gaza. Apa itu intifada?

Kata intifada diterjemahkan menjadi “pemberontakan” dalam bahasa Arab. Istilah ini digunakan untuk merujuk pada periode protes keras Palestina terhadap Israel.

Intifada pertama terjadi pada tahun 1987 hingga 1993. Intifada kedua terjadi pada tahun 2000 hingga 2005.

Sejak awal konflik Gaza pada 7 Oktober 2023, istilah “Intifada Globalisasi” muncul di media sosial, menyerukan masyarakat di seluruh dunia untuk bergabung dalam pemberontakan melawan Israel.

Kata-kata lain yang digunakan, di antaranya “Intifada Elektronik”, “Intifada Intelektual” dan seruan untuk membatalkan produk Israel (program “Boikot, Divestasi, Sanksi”).

Jadi apa yang kita ketahui tentang intifada Palestina pada masa-masa awalnya? Intifada Pertama: Desember 1987 – September 1993

Intifada Palestina pertama dimulai pada tanggal 8 Desember 1987 di Gaza ketika sebuah taksi tentara Israel menabrak sebuah mobil yang membawa banyak warga Palestina.

Empat warga Palestina tewas.

Rasa frustrasi warga Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel telah meningkat selama 20 tahun pada saat itu.

Permukiman Israel meningkat di Tepi Barat dan Jalur Gaza, sementara warga Palestina menderita masalah ekonomi dan banyak konflik dengan tentara Israel.

Setelah kecelakaan truk tersebut, kerusuhan terjadi di kamp pengungsi Jubalia di Gaza dan dengan cepat menyebar ke seluruh Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Pemuda Palestina menyerang tentara Israel dengan batu dan bom molotov. Tentara Israel menembakkan peluru tajam, yang memicu kecaman dari organisasi internasional, termasuk PBB.

Kekerasan antara kedua belah pihak berlanjut dengan intensitas yang berbeda-beda hingga tahun 1993.

Pemberontakan tersebut mengejutkan banyak kelompok, termasuk Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang dipimpin oleh Yasser Arafat, yang saat itu berada di pengasingan di Tunisia.

Salah satu dampak utama intifada pertama adalah perhatian masyarakat internasional terhadap penderitaan warga Palestina yang hidup di bawah pendudukan Israel, khususnya upaya Israel untuk menekan kekerasan tersebut.

Kutipan terkenal yang keluar adalah kutipan yang digunakan oleh Menteri Pertahanan Israel saat itu Yitzhak Rabin. Dia mendesak pihak berwenang untuk “mematahkan tulang” para saksi.

Rabin yakin bahwa menembak warga Palestina akan merusak citra Israel di mata internasional karena menembakkan peluru tajam ke warga Palestina yang tidak bersenjata akan menimbulkan simpati.

Ketika intifada berlangsung, mereka berhenti melemparkan batu dan bom molotov ke arah tentara Israel, namun malah menyerang mereka dengan senapan, granat tangan, dan bahan peledak.

Sumber resmi dan analis memperkirakan bahwa warga Palestina membunuh lebih dari 100 warga Israel selama intifada pertama, sementara pasukan Israel membunuh sedikitnya 1.000 warga Palestina.

Intifada berakhir pada 13 September 1993, ketika Israel dan PLO menandatangani Perjanjian Oslo, yang memberikan kerangka kerja untuk negosiasi perdamaian.

Israel menerima PLO sebagai wakil Palestina dan PLO menolak embargo senjata. Intifada Kedua: September 2000 – Februari 2005

Intifada kedua disebut intifada al-Aqsa.

Masjid Al-Alqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan menandai dimulainya pemberontakan selama lima tahun.

Pejabat Palestina menggunakan nama situs suci tersebut untuk mengatakan bahwa itu adalah pemberontakan rakyat dan bukan tindakan kekerasan terorganisir yang dilakukan oleh Otoritas Palestina, seperti yang diklaim oleh Israel.

Pada tanggal 28 September 2000, Ariel Sharon, pemimpin musuh Israel saat itu, mengunjungi Masjid al-Aqsa di bawah perlindungan ketat tentara dan polisi Israel.

Pada hari pertama demonstrasi, tujuh orang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka.

Apa yang dimulai dengan ratusan pengunjuk rasa Palestina yang melemparkan sepatu dan batu ke arah penjaga Sharon berubah menjadi demonstrasi di wilayah Palestina.

Gambar anak laki-laki Palestina berusia 12 tahun, Mohammed al-Dour, yang ditembak mati di Gaza ketika bersembunyi di balik tubuh ayahnya adalah salah satu gambar paling abadi dari pemberontakan Palestina kedua.

Investigasi Israel mengatakan laporan berita France 2 tahun 2000 secara keliru menyalahkan pasukan Israel atas kematian anak tersebut.

Perbedaan utama antara pergolakan di tahun 1980an dan pergolakan di abad ke-21 adalah skala pertempuran dan kekerasannya.

Intifada kedua jauh lebih kejam dibandingkan intifada pertama.

Menurut PBB, lebih dari 5.800 orang terbunuh sejak awal intifada kedua pada bulan September 2000 hingga akhir tahun 2007 – hampir dua tahun setelah kebangkitan berakhir.

Meskipun sulit untuk memastikan jumlah pasti orang yang tewas selama intifada, sebagian besar pengamat percaya bahwa jumlah korban tewas warga Palestina lebih besar daripada jumlah korban tewas di Israel.

Taktik serangan Palestina termasuk pelemparan batu dan bom bunuh diri terhadap gedung dan bus.

Kritik internasional ditujukan pada respons Israel, namun Israel mengatakan pihaknya merespons serangan tersebut dengan senjata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *