Transfer Proliga 2024: Gia Milana Cedera, JPE Datangkan Spiker Timnas Voli Jerman

TribuneNews.com – Kabar mengejutkan datang dari Jakarta Pertamina Enduro (JPE) pada bursa transfer ProLiga 2024 jelang laga pekan ketiga di Palembang pada 9-12 Mei.

Di tengah kabar Gia, julukan Giovanna Milana, mengalami cedera, secara tidak langsung JPE telah memperkenalkan pemain anyarnya di Proliga 2024.

Spiker tim voli nasional wanita Jerman Ivana Wanczak (29), diperkirakan menjadi pemain asing ketiga yang ditransfer ke Proliga oleh Jakarta Pertamina Enduro musim ini.

Penggemar bola voli tanah air dikejutkan dengan kehadiran Ivana Vanjak di kubu JPE. Hal tersebut terlihat dari siaran langsung di media sosial Instagram JPE mulai WIB pada Senin (6/5/2024) malam. Ivana Vanjak (kiri) dan Polina Shemanova (kanan) makan malam di sebuah hotel di Semarang, Jawa Tengah pada Senin (6/5/2024). Ivana Vanjak dikabarkan menggantikan Giovanna Milana atau Polina Shemanova. (Tangkapan layar siaran langsung Instagram Pertamina Energy Jakarta)

Dalam siaran langsung tersebut, pemain asing JPE Polina Shemanoa terlihat makan malam bersama Ivana Vanjak di sebuah hotel di Semarang, Jawa Tengah.

“Makan malam dengan musik santai,” demikian bunyi caption Live Instagram JPE.

Hal ini kemudian menjadi liar di kalangan penggemar bola voli di Indonesia. Akankah dia menggantikan Polina Shemanova atau Giovanna Miller kali ini di bursa transfer Proliga 2024?

Rumornya, Ivana Vanjak kemungkinan besar akan menjadi pengganti Giovanna Milna. Pasalnya, Gia yang juga merupakan sahabat Megawati Hangestri Pertv mengalami luka-luka.

Hal itu dibenarkan Pelatih JPE Iko Waluyo usai timnya kalah 0-3 dari Jakarta Popsivo Polwan pada lanjutan seri ProLiga 2024 yang dimainkan di GOR Jatidiri, Semarang, Sabtu (4/5/2024).

Dikutip Bolasport, Iko Waluyo mengatakan, “Sebenarnya kami kehilangan pemain hari ini (Sabtu kemarin), Giya cedera, tapi bagi saya pribadi itu tidak menjadi masalah.

Absennya perlengkapan mempengaruhi pola agresif yang dilancarkan Pertamina Enduro sepanjang pertandingan.

“Tetapi itu menjadi masalah bagi teman-teman karena kepercayaan diri mereka turun, itu terjadi tiba-tiba, ketika kami keluar, kami tahu kami tidak bisa bermain.”

“Kami tergelincir pada set ketiga (di lapangan) kemarin,” imbuhnya.

Dengan ketidakhadiran Gea, serangan Pertamina Jakarta terfokus pada Polina Shemanoa.

Sementara itu, Gea harus bersiap melewatkan laga ini setelah terpeleset di lapangan yang licin.

“Pada pertandingan terakhir, saya terpeleset di lapangan karena keringat, saya sedikit kesakitan, saya berbicara dengan dokter karena saya tidak akan bermain hari ini,” kata Gea.

Yang jadi pertanyaan tentu siapa yang akan diturunkan JPE, mengingat aturan ProLeague 2024 dan setiap tim maksimal dua pemain asing.

Peraturan bahkan mungkin berubah sebelum dimulainya paruh kedua musim reguler. Untuk selanjutnya tidak ada tim yang dapat mentransfer pemain asing atau lokal (2).

Jika kita mengulas profil singkat Ivana Vanja dari Volleybox, kita melihat bahwa spiker asal Jerman berusia 29 tahun ini memiliki resume yang mengesankan di dunia bola voli.

Dia bermain untuk klub bola voli Prancis ASPTT Mulhouse Volleyball (2020–2021).

Di sisi lain, ia juga pernah merasakan salah satu kompetisi bola voli terbaik dunia, Liga Sultan (Türkiye) pada musim 2021/2022.

Sebelum bergabung dengan Jakarta Pertamina Enduro, pemain voli bertinggi badan 193 sentimeter ini sukses mengantarkan Allianz MTV Stuttgart menjuarai Liga Voli Jerman 2023/2024.

(tribunenews.com/giri)(Bolasport/Agung Kurniawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *