Israel Mendirikan Pos Pemeriksaan, Halangi Pria Palestina untuk Keluar dari Rafah Sebelum Diserang

Israel memasang penghalang jalan yang mencegah pria Palestina meninggalkan Rafah sebelum serangan terjadi

TRIBUNNEWS.COM- Israel memasang penghalang jalan untuk mencegah pria Palestina meninggalkan Rafah.

Israel sedang membangun sistem penghalang rumit yang akan mencegah orang-orang “usia militer” melarikan diri dari Rafah menjelang rencana serangan darat Israel di kota perbatasan selatan Gaza, Middle East Eye (MEE) melaporkan pada 30 April.

Israel telah menculik, mempermalukan dan menyiksa sejumlah besar pria Palestina dan memisahkan mereka dari keluarga mereka selama serangan sebelumnya di Gaza.

Berbicara tanpa mau disebutkan namanya, seorang pejabat senior Barat yang mengetahui rencana militer Israel mengatakan kepada MEE bahwa pos pemeriksaan tersebut akan memungkinkan banyak perempuan dan anak-anak meninggalkan Rafah.

Namun, selama serangan tersebut, warga sipil laki-laki Palestina yang tidak bersenjata akan dipisahkan dari keluarga mereka dan terpaksa tinggal di Rafah.

Pembangunan pos pemeriksaan yang dilakukan Israel di sekitar Rafah merupakan indikasi lain bahwa perencanaan serangan terhadap kota tersebut sedang dilakukan.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mengancam akan menyerang Rafah selama berbulan-bulan, dan perunding Israel mencoba menggunakan ancaman tersebut sebagai alat untuk memaksa Hamas melepaskan tahanan yang ditahan di Gaza.

Menanggapi ancaman Netanyahu, komunitas internasional memperingatkan bahwa serangan apa pun terhadap Rafah akan menyebabkan “pertumpahan darah”, yang akan mengakibatkan banyak warga sipil terbunuh.

Serangan tersebut akan memaksa ribuan warga Palestina meninggalkan rumah mereka di Gaza utara akibat pemboman Israel dan sekarang tinggal di kota tenda darurat di Rafah.

Ketika Israel membom dan menginvasi Gaza utara, ia memerintahkan warga Palestina untuk meninggalkan wilayah selatan, sering kali mengebom jalan-jalan yang dianggap aman.

Israel juga menangkap ribuan warga sipil, menelanjangi mereka hingga pakaian dalam, menutup mata, dan memaksa mereka berlutut di jalan.

Pasukan Israel kemudian memasukkan mereka ke dalam truk dan membawa mereka ke kamp penahanan yang dirahasiakan, di mana mereka sering diinterogasi dan disiksa.

Militer Israel menerbitkan foto-foto puluhan tahanan dengan mata tertutup dan telanjang, sehingga penghinaan tersebut dapat disiarkan secara luas di saluran berita satelit dan jejaring sosial.

Seorang pria mengatakan kepada Reuters bahwa dia dan saudara laki-lakinya ditangkap pada awal Desember setelah pasukan Israel mengepung daerah tempat mereka tinggal dan bekerja sebagai buruh harian di lingkungan al-Zitoun di Kota Gaza.

Menurutnya, ketika dia tidak bisa masuk ke dalam truk karena cedera kaki, empat tentara memukulinya, setelah itu dia dibawa ke tempat terbuka, di mana penjaga Israel “merokok di punggung kami dan mematikan rokok, menutupinya dengan pasir.” Dan memercikkan air.” Lihat kami.”

Sistem pos pemeriksaan yang ada menunjukkan bahwa pasukan Israel dapat melakukan penangkapan serupa terhadap warga sipil yang mencoba melarikan diri dari Rafah bersama keluarga mereka.

“Israel menganggap semua orang adalah pejuang Hamas sampai terbukti sebaliknya,” Abbas Douk, mantan penasihat militer senior di Departemen Luar Negeri AS, mengatakan kepada MEE.

“Ini bukan langkah yang baik. Menyelamatkan Rafih adalah tugas yang sulit, dan berhasil memisahkan ayah dan anak dari keluarga mereka.” Perempuan boleh lulus, tapi laki-laki tidak

Sumber mengatakan Israel berencana membangun penghalang untuk menghentikan orang meninggalkan Rafah

Israel dilaporkan telah menciptakan ‘jaringan kompleks’ pos pemeriksaan untuk mencegah orang-orang dalam usia militer melarikan diri dari serangan Rafah, kata seorang pejabat senior Barat.

Menurut laporan, Israel sedang membangun sistem penghalang yang rumit yang akan mencegah orang-orang “usia militer” melarikan diri dari Rafah menjelang serangan di kota perbatasan di Gaza selatan, kata seorang pejabat senior Barat kepada Middle East Eye tentang rencana militer Israel kondisi. Anonimitas.

Pos pemeriksaan tersebut dirancang untuk memungkinkan sejumlah perempuan dan anak-anak meninggalkan Rafah sebagai persiapan menghadapi serangan Israel.

Namun warga Palestina yang tidak bersenjata kemungkinan besar akan terpisah dari keluarga mereka dan terdampar di Rafah saat terjadi serangan.

Pengungkapan yang sebelumnya tidak dilaporkan tentang pembangunan pos pemeriksaan di sekitar Rafah oleh Israel menjelaskan bagaimana Israel meluncurkan rencana untuk menyerang kota tersebut, di mana lebih dari satu juta pengungsi Palestina tinggal di tenda-tenda dan kamp-kamp darurat.

“Mereka (Israel) telah memasang atau sedang membangun penghalang yang canggih… Mereka mengizinkan perempuan dan anak-anak untuk masuk, namun melawan orang lanjut usia adalah hal lain,” kata pejabat itu.

Pemasangan penghalang berbasis gender di sekitar Rafah telah memberikan pencerahan baru mengenai praktik Israel yang melucuti senjata dan menahan secara paksa laki-laki dan anak laki-laki Palestina, seiring dengan meningkatnya kecaman dari negara-negara Barat atas tindakan mereka dalam perang tersebut.

Foto-foto pertemuan dan pengupasan pria Palestina di Gaza dikutuk pada bulan Desember, dan AS menggambarkan gambar tersebut sebagai “sangat mengganggu”.

Kerabat dari banyak orang yang difoto mengidentifikasi mereka dan mengatakan bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan Hamas. Militer Israel kemudian dituduh merekam pria yang menyerahkan senjata tersebut.

Abbas Dahuk, mantan penasihat militer senior Departemen Luar Negeri dan atase militer di Timur Tengah, mengatakan kepada Middle East Eye, “Israel menganggap setiap individu sebagai pejuang Hamas sampai terbukti sebaliknya.”

“Ini bukan langkah yang tepat. Mempertahankan Rafieh adalah tugas yang sulit dan takdirlah yang memisahkan ayah dan anak dari keluarga mereka.”

Perundingan gencatan senjata dilakukan secara langsung. Persiapan Israel untuk menyerang terjadi bersamaan dengan negosiasi gencatan senjata dengan Hamas. Delegasi Hamas akan mengunjungi Mesir pada hari Senin untuk melanjutkan pembicaraan.

Amerika Serikat, PBB, negara-negara Eropa dan negara-negara Arab berusaha menghentikan serangan terhadap Rafah, yang menurut para pekerja bantuan dan diplomat dapat menyebabkan bencana kemanusiaan dan potensi krisis pengungsi.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pada hari Senin mendesak Hamas untuk menerima tawaran gencatan senjata terbaru Israel, yang ia gambarkan sebagai “luar biasa, sangat murah hati.”

“Saat ini, satu-satunya hambatan bagi gencatan senjata dan bagi rakyat Gaza adalah Hamas,” kata Blinken di Riyadh pada Forum Ekonomi Dunia.

“Mereka perlu mengambil keputusan – dan mereka perlu mengambil keputusan dengan cepat,” kata Blinken, mengacu pada ancaman Israel untuk menyerang Rafah.

Riyadh bertemu Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan dan Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman al-Thani di Lincoln.

Qatar dan Turki sama-sama menjaga hubungan dengan Hamas, dan Hamas menjadi tuan rumah bagi kepemimpinan politik kelompok tersebut atas permintaan Washington. Mesir, yang berbatasan dengan Rafah, dan badan keamanannya berbicara langsung dengan sayap bersenjata Hamas, Brigade al-Qassam, sebagai penengah.

MEE menghubungi Gedung Putih dan Kedutaan Besar Israel di Washington untuk mengomentari berita ini, namun tidak ada yang menanggapi pada saat berita tersebut diterbitkan. Hamas menyerukan gencatan senjata permanen

Israel menawarkan kepada Hamas gencatan senjata selama 40 hari dan pemulangan ribuan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel dengan imbalan para sandera. Mereka juga mengurangi permintaan pembebasan sedikitnya 40 sandera yang ditahan di Gaza, dan jumlah baru yang diminta adalah 33 sandera.

Namun Hamas menyerukan gencatan senjata permanen, penarikan pasukan Israel dari Gaza dan kembalinya warga Palestina yang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Poin penting dalam perundingan tersebut adalah tuntutan Hamas agar keluarga Palestina tidak dipisahkan setelah kembali ke rumah mereka.

Ketika perundingan gencatan senjata berlanjut, Israel meningkatkan ancaman serangan terhadap Rafah, tempat empat batalyon Hamas ditempatkan. Ketika ancaman serangan Israel meningkat, Hamas merilis lebih banyak video penyanderaan.

Potensi serangan Israel terhadap Rafah dalam beberapa hal unik dibandingkan dengan perang.

Kota perbatasan yang menjadi kamp pengungsi raksasa ini dikelilingi oleh Laut Mediterania di sebelah kiri dan wilayah Israel di sebelah kanan, keduanya berada di bawah kendali Israel. Pasukan Mesir berkumpul di perbatasan selatan Rafah dimana Kairo berjanji untuk membendung arus pengungsi. Pakar militer mengatakan para pejuang Hamas membuang seragam mereka dan menghilang ke dalam jaringan terowongan yang luas.

Analis Israel sebelumnya mengatakan kepada MEE bahwa kabinet perang Israel percaya bahwa mereka tidak dapat menyatakan kemenangan di Gaza tanpa menyerang Rafah, namun analis lain mengatakan serangan berdarah seperti itu akan menempatkan Israel dalam bahaya. Tidak ada kemungkinan untuk menariknya keluar dari rawa Gaza.

“Tindakan Israel dari utara ke selatan dimotivasi oleh balas dendam, bukan intelijen,” kata Douk kepada MEE. “Mereka tidak tahu di mana musuh berada. Ini patroli kebakaran.”

(Sumber: The Cradle, Middle East Eye)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *