Serangan Udara Israel Gagal Menghabisi Komandan Senior Hizbulah, Rudal yang Dijatuhkan Tidak Meledak

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT – Israel melancarkan serangan udara di pinggiran selatan Beirut, menewaskan seorang komandan senior Hizbullah.

Serangan tersebut, yang awalnya dinyatakan sukses oleh Israel, kemudian digambarkan sebagai kegagalan oleh media Lebanon

Hizbullah mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa klaim Israel bahwa mereka telah membunuh komandan senior Haji Ali Karaki adalah salah. 

Pernyataan musuh Zionis mengenai pembunuhan saudara laki-laki Ali Karaqi adalah salah. Dia masih hidup dan sehat serta telah dibawa ke tempat yang aman, tegas pernyataan itu.

Israel meningkatkan agresinya terhadap Lebanon dengan melancarkan serangan di pinggiran selatan Beirut sebagai bagian dari serangan berkelanjutannya terhadap Lembah Bekaa dan berbagai distrik serta desa Lebanon di Lebanon selatan.

Menurut Kantor Berita Nasional, sasaran serangan terbaru adalah sebuah bangunan di Bir el Abed, pinggiran selatan Beirut.

Koresponden Al Mayadeen melaporkan empat roket menghantam gedung tersebut, meski tidak semuanya meledak. Berdasarkan data awal, tujuh orang terluka.

Ini adalah serangan kedua di pinggiran selatan dalam dua hari. 

Pada hari Jumat, pasukan Israel menembaki sebuah bangunan tempat tinggal berlantai delapan, menewaskan 51 orang dan melukai puluhan lainnya.

Banyak orang masih hilang di bawah reruntuhan.

Pada saat yang sama, pendudukan Israel terus melakukan serangan brutal dan berskala besar di berbagai kota dan desa di Bekaa dan Lebanon selatan.

Menurut data awal, 356 orang tewas dan 1.246 luka-luka akibat serangan yang sedang berlangsung.

Tim penyelamat dan pertahanan sipil berusaha membersihkan puing-puing dan mengangkut korban serangan besar-besaran Israel yang menargetkan Lebanon selatan sore ini.

Di ambang perang terbuka

Eskalasi antara Israel dan Hizbullah Lebanon hampir berubah menjadi perang besar.

Hal ini diumumkan pada hari Senin oleh Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri Josep Borrell.

“Situasinya sangat berbahaya dan mengkhawatirkan. Saya dapat mengatakan bahwa kita hampir berada dalam perang besar,” kata Josep Borrell kepada wartawan.

“Jika itu bukan darurat militer, saya tidak tahu apa sebutannya,” katanya, mengacu pada meningkatnya korban sipil dan meningkatnya serangan militer.

Borrell mengatakan upaya untuk meredakan ketegangan sedang berlangsung, namun ketakutan terburuk Eropa terhadap proliferasi mulai menjadi kenyataan.

Dia mengatakan warga sipil telah membayar mahal dan semua upaya diplomatik diperlukan untuk mencegah perang skala penuh.

“Sudah waktunya untuk melakukannya di New York. Setiap orang harus mengerahkan kemampuan mereka untuk menghentikan jalur perang ini,” katanya.

Seorang pakar Israel meminta IDF untuk melancarkan serangan darat

Sementara itu, pakar keamanan Israel Kolonel (Koby Marom lagi) menegaskan bahwa Hizbullah tidak akan bernegosiasi dengan Israel selama pasukan mereka ada di sana.

Marom kemudian menjelaskan bahwa sampai IDF menghancurkan pusat kekuatan Hizbullah di Beirut dan Baalbek, “Hizbullah tidak akan datang ke meja perundingan, Israel berusaha meningkatkan serangan, dan seringkali hal itu merupakan kesalahan.”

“Israel perlu menyerang ketika [Hassan] Nasrallah hampir sendirian,” tambahnya, seraya menambahkan, “Israel perlu meluncurkan rudal yang mengancam Tel Aviv dan melakukan operasi darat.”

Ia menegaskan, jika Israel tidak memanfaatkan situasi saat ini di Lebanon, maka akan menjadi bencana bagi generasi mendatang.

“Israel harus melakukan manuver darat terbatas ke Sungai Litani; IDF dapat menyelesaikan misi ini dalam waktu dua minggu. Kita tidak boleh melewatkan kesempatan ini,” tegasnya.

Menurutnya, Israel harus melakukan operasi, mengkondisikan manuver darat dengan senjata yang disediakan oleh “Gedung Putih dan pemerintahan Biden.”

Dia kemudian menjelaskan bahwa “masalah senjata sangat penting bagi Angkatan Udara, yang melakukan serangan tersebut dan perlu menahan Iran untuk mencegah mereka berpartisipasi dalam serangan ini.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *